/ Apple

Harga dan Spesifikasi Apple iPhone X

Harga iPhone X

Harga

Rp16-18,5 jutaan

Status

Sudah dirilis (September 2017)

Bodi

143,6 x 70,9 x 7,7 mm, 174 gram

Prosesor

Apple A11 Bionic 6-core

GPU

Apple GPU 3-core

RAM

3 GB

Storage

64/256 GB

Layar

OLED 5,8 inci (2.436 x 1.125 piksel)

Kamera

12 MP+12 MP & 7 MP

Baterai

2.716 mAh

Sistem Operasi

iOS 11

Jaringan

Single-SIM 4G

Konektivitas

WiFi, Bluetooth, GPS, NFC

Interface

Lightning port

Sensor

FaceID, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, barometer

Lainnya

AR-ready, fast charging, wireless charging, sertifikat IP67

Tahun ini smartphone besutan Apple, iPhone, resmi mencapai usia yang ke-10 sejak pertama kali dirilis pada 2007 lalu oleh Steve Jobs. Untuk memperingati usia iPhone yang ke-10, Apple pun merilis smartphone edisi khusus, yakni iPhone X (iPhone Ten).

Sebagai perangkat spesial, terbilang wajar jika Tim Cook Cs pada akhirnya harus mengemas smartphone ini sedikit berbeda dengan produk-produk iPhone sebelumnya atau pun dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang diperkenalkan dalam satu panggung.

Ya! Perbedaan yang paling mencolok terlihat dari iPhone X ini ada pada desain bodinya. Apple mengemas smartphone ini nyaris tanpa bezel. Apakah hanya itu? Rupanya tidak! Oleh karena itu, ikuti ulasan kami hingga selesai dan temukan kehebatan smartphone edisi khusus ini.

Desain Full Display

iphone x 5

Tak sedikit orang yang berani menegaskan bahwa Apple adalah tren setter dalam hal desain ketika mereka merilis iPhone baru. Ide dan inovasi yang mereka gulirkan biasanya akan diikuti oleh pabrikan smartphone lainnya.

Namun, berbeda dengan pengembangan iPhone X, sepertinya Apple sudah "kehabisan" ide terkait dengan desain yang ditawarkan. Smartphone edisi khususnya ini lebih mirip dengan Essential Phone yang memiliki desain dengan layar penuh.

Panel atas smartphone ini dibuat agak menjorok ke dalam layar untuk menempatkan modul kamera depan serta sejumlah sensor. Selain itu, Apple juga membuang tombol Home yang sebelumnya selalu ada di bagian depan perangkat, tepatnya bawah layar.

Dari segi desain, iPhone X memiliki desain bodi yang lebih futuristik dibanding iPhone-iPhone sebelumnya, termasuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Sekali lagi, jika dibandingkan dengan Essential, desain bodi smartphone ini seolah-olah menjadi tidak orisinil.

Ketiadaan tombol Home di bagian depan perangkat juga membuat pengguna iPhone X perlu menggesek atau mengusap layar dari bawah ke atas untuk kembali ke layar utama. Tentu saja, hal ini mirip dengan yang diterapkan pada BlackBerry 10.

Layar OLED

iphone x 1

Disaat sejumlah pabrikan smartphone banyak yang mengadopsi panel layar Super AMOLED, Apple tak pernah kepincut dan tetap percaya diri dengan panel layar LED IPS. Namun, hal ini tidak berlaku pada iPhone X.

Ya! Berbeda dari kebiasaannya selama ini, Apple akhirnya menggunakan panel OLED 5,8 inci pada iPhone X. Tidak hanya jenis panel yang baru, resolusinya pun sudah meningkat drastis jadi yang tertinggi sepanjang sejarah iPhone.

Apple menyebutnya Super Retina Display pada layar iPhone X dengan resolusi 2.436 x 1.125. Berkat dukungan teknologi tersebut, Apple pun sesumbar bahwa layar iPhone X mampu menghadirkan kontras yang lebih baik, warna yang lebih kaya dan akurat, serta resolusi yang lebih tinggi.

Prosesor terkuat

iphone x 8

Tak hanya berani mengubah desain sehingga benar-benar terlihat berbeda dengan iPhone lawas, Apple pun juga membekali iPhone X dengan dapur pacu yang lebih bertenaga. Bahkan chipset yang disematkan sebagai yang terkuat untuk ukuran smartphone.

Apple membekali iPhone X dengan chipset A11 Bionic. Guna mendukung kinerja chipset yang dibenamkan, Apple juga melengkapi iPhone X dengan RAM sebesar 3 GB serta pilihan internal storage 64 GB dan 256 GB.

Dual-camera AR

iphone x 6

Pada sektor kamera, sekilas iPhone X tidak berbeda dengan iPhone 8 Plus, yakni sama-sama mengusung dual-camera belakang 12 MP. Perbedaannya terletak pada aperture yang disematkan, dimana kedua kamera belakang iPhone X memiliki aperture f/1.8 dan f/2.4.

Masih terkait dengan dukungan dual-camera yang dibenamkan, Apple juga menyisipkan banyak fitur ke dalam smartphone ini, di antaranya phase detection autofocus, OIS, 2x optical zoom, dan quad-LED (dual-tone) flash.

Tak hanya itu, dual-camera iPhone X juga dilengkapi kemampuan merekam video 4K dengan frame rate 60 fps, serta kemampuan mengambil video FullHD dengan frame rate 240 fps yang mampu memberi hasil slow motion lebih ciamik.

Apple pun memposisikan dual-camera belakang dengan posisi vertikal lantaran dianggap lebih ramah dengan konten Augmented Reality atau AR. Ada juga fitur Portrait Lighting yang mampu memberikan efek dramatis pada objek foto sesuai dengan pilihan lighting yang diinginkan.

Fitur Portrait Lighting ini terdiri dari Studio Light, Contour Light, dan Stage Light. Mode Studio Light memiliki kemampuan meniru pencahayaan mirip studio foto. Sedangkan Contour Light mampu menyorot wajah dengan pencahayaan yang dramatis. Terakhir, Stage Light dapat memberi latar belakang hitam pada foto.

Fitur lainnya adalah Portrait Mode yang memberi kemudahan bagi pengguna iPhone X untuk menciptakan foto bokeh lebih berkualitas. Ditambah dengan adanya fitur TrueDepth, pengguna juga dapat memisahkan objek foto dari latar belakangnya dengan lebih rapi.

Kamera utama sudah diulas, bagaimana dengan kamera depannya? Apple membekali iPhone X dengan kamera depan yang memiliki resolusi 7 MP plus beragam fitur serta teknologi menarik lainnya, salah satunya TrueDepth.

Dengan disematkannya teknologi TrueDepth, kamera depan yang yang ada pada smartphone ini mampu mengukur kedalaman gambar dengan mengetahui jarak setiap objek dengan lensa kamera. Oleh karena itu, kamera depan iPhone X juga mampu menciptakan foto bokeh.

TouchID diganti FaceID

iphone x 7

Seperti telah disebutkan di atas, Apple merangkai iPhone X dengan mengorbankan tombol Home. Dan Apple pun harus rela membuang sensor fingerprint atau TouchID yang sebelumnya jadi "amunisi" keamanan miliknya.

TouchID hilang, Apple menawarkan fitur keamanan baru, yakni FaceID. Dari penamaannya sudah sangat jelas, otentifikasi untuk membuka kunci iPhone X hanya perlu memindai wajah pengguna. Apple pun mengklaim, fitur keamanan ini sangat cerdas.

Kendati ada perubahan minor pada wajah Anda atau model rambut Anda berubah, FaceID masih tetap bisa mengenali bentuk dan pola wajah. Jadi, untuk membuka kunci smartphone edisi khusus ini, Anda pun tak perlu direpotkan lagi.

Animoji yang menarik

Berkirim pesan dengan menggunakan emoticon atau sticker itu sudah biasa. Apple, lewat iPhone X menawarkan sesuatu yang unik, yakni menggunakan Animoji. Fitur baru ini dapat merekam dan menirukan ekspresi serta ucapan Anda, lalu diubah dalam bentuk animasi emoticon yang lucu.

iphone x 3

Fast wireless charging

Untuk menjalankan semua fitur yang ada, iPhone X telah dibekali baterai berkapasitas 2.716 mAh plus fitur fast charging. Apple juga membekali iPhone X dengan fitur baru, yakni berupa Wireless Charging. Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda harus membeli bantalan charging terlebih dahulu yang dijual terpisah.

Harga Apple iPhone X

iphone x 4

Apple hingga saat ini memang belum memberi kesempatan bagi pasar Indonesia untuk menjual lebih awal iPhone X. Namun, jika Anda ngebet untuk memilikinya, Singapura adalah negara yang bisa Anda sambangi untuk membeli smartphone racikan Tim Cook Cs tersebut.

Penasaran dengan harganya? Di Singapura, smartphone ini dibanderol dengan harga berkisar Rp16 juta hingga Rp18 juta. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut, kira-kira kapan iPhone X ini bisa melenggang secara resmi di pasar Indonesia.

 

(last edit: 28 September, 2017 / 2:21 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
26%
Mau
7%
Biasa Aja
55%
Payah!
15%
Tentang Penulis
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.