Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie

Tech News

Harga dan Spesifikasi Apple iPhone 8

Droidlime.com,

/

Harga dan Spesifikasi

HargaRilisRp13.000.000
UpdateRp12.500.000
BodiDimensi138.4 x 67.3 x 7.3 mm
Berat148 gram
Slot SIMNano-SIM
LayarTipeLED-backlit IPS LCD
Ukuran4.7 inci
Resolusi750 x 1334 pixels, 16:9 ratio (~326 ppi density)
PlatformChipsetApple A11 Bionic
CPUHexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral)
GPUApple GPU (three-core graphics)
Sistem OperasiiOS 11, upgradable to iOS 11.2
MemoriRAM2 GB
Internal64/256 GB
Eksternal-
KameraBelakang12 MP (f/1.8, 28mm)
Depan7 MP, f/2.2
Video2160p@24/30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps
FiturGeo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
Jaringan
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYa
NFCYa
LainnyaSensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
USB2.0, proprietary reversible connector
Jack audioYa
BateraiNon-removable Li-Ion 1821 mAh

Tanggal 12 September 2017 jadi hari lahirnya tiga smartphone anyar Apple; iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Apple melewatkan seri iPhone 7s dan iPhone 7s Plus. Meskipun hadir membawa beberapa fitur baru, namun iPhone 8 sekilas masih terlihat sama seperti iPhone 7. Benarkah?

Apple A11 Bionic

iPhone 8 dibekali dengan chipset terbaru Apple A11 Bionic. Chipset ini punya enam inti core dengan konfigurasi dua inti untuk performa (25 persen lebih baik dari Apple A10 Fusion) dan empat inti lainnya untuk efisiensi energi (70 persen lebih baik dibandingkan Apple A10 Fusion).

Chipset terbaru ini juga telah mendukung augmented reality dan machine learning sehingga membuatnya sangat canggih untuk memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Bahkan dalam pengujian benchmark, performa Apple A11 Bionic mampu melibas semua smartphone flagship Android maupun MacBook Pro.

Layar retina HD

Smartphone Apple ini telah dilengkapi dengan layar Retina HD yang memiliki lebar 4,7 inci dengan resolusi 1.334 x 750 piksel. Tergolong standar untuk saat ini. Layar tersebut berteknologi IPS LCD dengan dukungan True Tone dan Wide Color.

Selain nyaman untuk dipandang, layar iPhone 8 juga masih mendukung teknologi 3D Touch yang memungkinkan untuk mengakses aplikasi lebih singkat dan cepat hanya dengan menekan layar lebih keras dari biasanya.

Tahan air dan debu

Membawa fitur yang telah ada di generasi sebelumnya, iPhone 8 telah dibekali sertifikat IP67 tahan debu dan air hingga kedalaman satu meter dengan waktu maksimal mencapai 30 menit.

Meskipun begitu, kerusakan yang diakibatkan elemen air tidak akan ditanggung oleh Apple. Selain itu perlu diingat untuk selalu mengeringkan smartphone lebih dulu sebelum mengisi baterainya.

Flagship tahan air

Desain familiar

Desain yang dimiliki oleh iPhone 8 tidak membawa perbedaan signifikan dari iPhone 7. Tapi sebenarnya ada sedikit perbedaan dimana Apple mengganti aluminium dengan material kaca super kuat di bodi belakang iPhone 8. Selain untuk mempercantik desainnya, lapisan kaca membuat iPhone 8 sudah mendukung wireless charging.

Qi wireless charging

Fitur yang satu ini baru muncul pada smartphone terbaru Apple, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Dengan hadirnya fitur Qi wireless charging memungkinkan penggunanya dapat mengisi daya baterai hanya dengan menempelkannya pada tatakan pengisian daya baterai bernama AirPower.

Apple telah bekerjasama dengan beberapa hotel, kafe, bandara, maupun kendaraan untuk menyediakan dukungan Qi wireles charging. Kabarnya wireless charging ini juga sudah mendukung fast charging.

Touch ID

Berbeda dengan iPhone X, pada iPhone 8 masih terdapat tombol Home Touch ID berbentuk bulat di bagian depan. Di dalam tombol ini terdapat sensor fingerprint yang memudahkan penggunanya untuk membuka kunci smartphone, men-download aplikasi dari Apple App Store, hingga otentikasi pembayaran digital Apple Pay.

Apple Pay merupakan metode pembayaran yang disediakan oleh Apple dan telah terintegrasi dengan beberapa toko di beberapa negara sehingga sangat memudahkan penggunanya untuk membeli barang atau membayar sesuatu menggunakan iPhone 8. Untuk bisa melakukan pembayaran Apple Pay, pengguna bisa memanfaatkan sensor fingerprint dan NFC.

Video 4K 60 fps

iPhone 8 telah dibekali dengan satu kamera utama beresolusi 12 MP f/1.8, optical image stabilization, 5x digital zoom, lensa 6 elemen, kaca lensa berbahan kristal safir, Hybrid IR filter, noise reduction, backside illumination sensor, dan quad-LED true tone flash.

Kemampuan memotretnya boleh jadi tidak beda jauh dengan iPhone 7. Tapi ada peningkatan signifikan untuk perekaman video. Kamera utama iPhone 8 kini bisa diandalkan untuk merekam video 4K 60 fps atau slow motion 1.080p 240 fps.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 7 MP dengan aperture f/2.2, retina flash, auto HDR, backside illumination sensor, dan auto HDR. Kamera ini juga dapat mengambil video hingga resolusi Full HD.

iOS 11

Update sistem operasi iOS 11 sendiri telah hadir untuk beberapa seri iPhone generasi sebelumnya sehingga secara otomatis iPhone 8 akan hadir langsung dengan iOS 11. OS baru ini memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan iOS sebelumnya dan mempunyai beberapa fitur menarik, seperti peningkatan kemampuan SIRI, control center yang bisa diubah-ubah, fitur drag and drop, password autofill, screen recording, lockscreen baru, dan masih banyak lagi.

Harga iPhone 8

Sekilas iPhone 8 tidak menawarkan peningkatan besar dibanding pendahulunya, iPhone 7. Apalagi bentuknya pun sangat mirip. Peningkatan paling terasa ada pada chipset, fitur wireless charging, dan kemampuan merekam videonya.

Dengan peningkatan fitur tersebut, Apple membanderol iPhone 8 versi 64 GB dengan harga US$699 atau sekitar Rp9,3 jutaan dan versi 256 GB dengan harga US$849 atau sekitar Rp11,3 jutaan.

Advertisement
Comments

Tech News

Qualcomm Kembangkan Snapdragon 855 dengan Fabrikasi 7nm

Published

on

Tahun ini kita bakal menyaksikan kehadiran smartphone terbaru dengan chipset flagship Snapdragon 845. Chipset satu ini menggunakan teknologi proses 10nm dan dukungan AI. Beberapa smartphone yang bakal menggunakannya antara lain Samsung Galaxy S9, Galaxy S9+, Xiaomi Mi MIX 2S, Xiaomi Mi 7, dan HTC U12. Meski Snapdragon 845 baru seumur jagung tidak membuat Qualcomm bisa bersantai-santai. Pasalnya produsen chipset ini dikabarkan sedang menggarap Snapdragon 855. Hal ini terungkap dari leakster terkenal Roland Quandt melalui akun Twitter @rquandt. Ia mengatakan bahwa Snapdragon 855 bakal jadi chipset mobile pertama dengan fabrikasi 7nm. Beberapa waktu lalu, Samsung dipercaya oleh Qualcomm untuk menangani produksi Snapdragon...
Continue Reading

Tech News

Mi MIX 2S Berpotensi jadi Batu Sandungan Galaxy S9

Published

on

Xiaomi, produsen smartphone asal Cina yang kini menduduki posisi nomor empat di pasar smartphone global dikabarkan sedang menggarap smartphone flagship terbarunya, Mi MIX 2S. Bahkan, bocoran mengenai smartphone ini sudah banyak beredar di internet. Jika menilik ke belakang, Xiaomi memperkenalkan Mi MIX generasi pertama pada akhir tahun 2016 lalu. Terlihat menarik, inilah salah satu smartphone pertama di dunia yang muncul tanpa bezel di sisi kiri, kanan dan atasnya. Setahun kemudian, Xiaomi meluncurkan Mi MIX 2. Pembenahan yang dilakukan, Xiaomi mengemas sudut Mi MIX 2 sedikit lebih membulat. Hanya saja, bezel bagian bawah masih terlihat agak tebal, dimana kamera depan juga...
Continue Reading

Tech News

Inilah Beragam Casing Resmi untuk Samsung Galaxy S9

Published

on

Kehadiran duo Galaxy S9 Series yang bakal diperkenalkan menjelang akhir bulan ini rupanya tak hanya ditunggu calon penggunanya saja, tetapi juga produsen aksesori. Salah satunya adalah produsen yang fokus untuk membuat cover atau case pelindung dari smartphone tersebut. Baru-baru ini, sebuah video yang diposting oleh Mobile Fun lewat YouTube memperlihatkan secara detail case pelindung resmi untuk Galaxy S9 dan S9+. Menariknya, mereka menggunakan unit dummy S9 dan S9+ sehingga case pelindung tersebut begitu cocok saat disematkan. Disebut-sebut pada laporan sebelumnya bahwa case pelindung resmi untuk jajaran Galaxy S9 Series dikemas dari HyperKnit, yakni sebuah bahan yang biasa digunakan untuk pakaian...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer