Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Tech News

Huawei Mate 30 Series Bakal Pakai Kirin 985 dan HongMeng OS

Smartphone unggulan berikutnya yang bakal diperkenalkan oleh Huawei adalah Mate 30 Series. Rumor terbaru, smartphone ini akan tiba dengan Kirin 985 dan sistem operasi HongMeng OS.

Updated

Huawei Mate 30 Series, seperti Mate 30 dan Mate 30 Pro diharapkan akan resmi meluncur pada akhir tahun ini. Tentunya kehadiran smartphone tersebut untuk menggantikan peran Mate 20 dan Mate 20 Pro yang meluncur pada akhir tahun lalu.

Terkait dengan kehadiran Mate 30 Series, baru-baru ini muncul sebuah informasi yang menyebutkan bahwa smartphone tersebut akan dipicu oleh Kirin 985. Informasi yang diungkap oleh pemilik akun Twitter @RODENT950 juga menyebutkan bahwa Mate 30 Series akan berjalan dengan HongMeng OS.

Sementara itu menurut keterangan lainnya, Mate 30 Series akan memulai debutnya sekitar tanggal 22 Sepetember 2019. Sejak dua tahun terakhir, pabrikan smartphone asal Cina ini meluncurkam Mate Series pada bulan Oktober. Artinya Huawei ingin lebih cepat smartphone ini hadir di pasaran.

Laporan tersebut juga mengklaim ketidak yakinannya tentang OS yang berjalan untuk Mate 30 dan Mate 30 Pro edisi global. Namun di pasar Cina, Mate 30 Series akan memulai debutnya dengan sistem operasi HongMeng OS yang saat ini memang sedang dikembangkan oleh Huawei.

Seperti yang kita tahu, saat ini sedang terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina. Imbas dari perang dagang tersebut mengakibatkan Huawei terkena getahnya. Ya! Tidak sedikit perusahaan asal Amerika Serikat yang memutus kerja samanya dengan Huawei, salah satunya Google.

Raksasa teknologi asal Mountain View ini tidak lagi memperkenankan Huawei untuk memakai sistem operasi (Android) miliknya. Akibatnya, Huawei harus mengembangkan sistem operasi sendiri untuk smartphone yang dikembangkan.

Berbicara soal chipset yang akan dibenamkan ke dalam Mate 30 Series, Huawei diperkirakan akan memuat Kirin 985. Ya! Kabarnya ini adalah chipset 7 nanometer kedua dari Huawei untuk smartphone andalannya. Chipset ini dibangun dengan teknologi Extreme Ultraviolet Lithography (EUV).

Baca juga

Rumor lainnya juga menyebutkan bahwa SoC ini akan menjadi chipset 5G-Ready dengan dukungan onboard Balong 5000 5G. Diperkirakan, Huawei baru akan memperkenalkan Kirin 985 disela-sela acara IFA 2019 yang akan digelar pada bulan Agustus ini di Berlin, Jerman.

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer