Connect with us
Asus Zenfone 4 Selfie
Tech News

Google Segera Akuisisi Tim Smartphone HTC

Droidlime.com,

/

Google baru saja melakukan langkah besar, yakni membeli divisi hardware smartphone. Ya, Google mengonfirmasi bahwa pihaknnya berencana mengakuisisi sebagian divisi mobile HTC senilai US$1,1 miliar atau sekitar Rp14,6 triliun. Google mengatakan bahwa HTC memiliki orang-orang hebat. Hal itu tercermin ketika Google dan HTC bekerjasama mengembangkan Google Pixel.

Kesepakatan akuisisi antara Google dan HTC sendiri akan mencakup lisensi non-ekslusif untuk kekayaan intelektual HTC. Peter Shen selaku Chief Financial Officer HTC mengatakan bahwa HTC masih akan mempekerjakan lebih dari 2.000 staf riset dan desain. Sebelumnya HTC mempekerjakan hingga 4.000 staf.

Nantinya HTC akan terus maju dengan bisnis smartphone sendiri, bahkan setelah sebagian pekerjanya “hijrah” ke Google. Cher Wang selaku CEO HTC mengatakan bahwa kesepakatan ini tidak akan menghentikan inovasi yang akan dikembangkan HTC dan divisi virtual reality Vive. HTC sendiri mengungkapkan bahwa mereka sedang mempersiapkan smartphone flagship terbarunya.

Sebenarnya ini adalah kali kedua Google melakukan pembelian besar yang melibatkan produsen smartphone. Sebelumnya, tepatnya enam tahun lalu Google pernah membuat keputusan mengejutkan ketika membeli saham Motorola Mobility sebesar US$12,5 miliar atau sekitar Rp166,4 triliun.

Di bawah naungan Google, Motorola membuka pabrik di Amerika Serikat dan menawarkan sesuatu yang menarik melalui smartphone Moto X andalannya. Sayangnya pada Januari 2014, perkembangan Motorola mandek sehingga memaksa Google untuk menjual Motorola ke perusahaan besar asal Cina, Lenovo.

Banyak yang mengatakan bahwa akuisisi terhadap Motorola merupakan jalan pintas Google untuk mendapatkan hak paten yang berharga yang dimiliki vendor asal Amerika Serikat tersebut. Google sendiri menyelesaikan akuisisi Motorola Mobility pada tahun 2012 dan dua tahun kemudian mengalihkannya ke Lenovo.

Setelah percobaan di Motorola, Google melanjutkan program Nexus miliknya dengan bermitra bersama vendor smartphone lainnya untuk merilis handset yang menjalankan sistem operasi Android murni yang dikelola Google. Selanjutnya, Google menjadi lebih serius dalam pengembangan hardware ditandai dengan debut smartphone Pixel, Pixel XL, Google Home, dan Google WiFi.

Baca juga

Membeli sekumpulan tim smartphone HTC berarti Google secara langsung akan menantang mitra Android lainnya, termasuk Samsung, LG, Huawei, bahkan Motorola yang pernah diakuisisinya. Pertanyaannya, apakah langkah Google mengakuisisi HTC hanya untuk mengambil patennya saja atau bakal tetap mempertahankan brand HTC tetap hidup? Menarik untuk dinanti.

Advertisement
Comments
Tech News

Polytron Rilis Prime 7 Pro dengan Baterai Jumbo 5.000 mAh

Published

on

Polytron, pabrikan elektronik lokal yang ikut meramaikan pasar smartphone Tanah Air kembali memperbarui seri Prime 7 dengan merilis Prime 7 Pro diawal tahun 2018 ini. Mengusung tagline "Beyond Imagination", smartphone ini diklaim sesuai untuk kalangan mobilitas tinggi. Daya tarik smartphone yang memiliki bentang layar berukuran 5,5 inci Full HD ini sudah disokong dengan baterai berkapasitas jumbo, yakni 5.000 mAh. Dukungan lainnya adalah layar kaca kurva 2,5D Gorilla Glass dengan ketebalan 0,07 mm. Tak ketinggalan, diotaki dengan prosesor Octa-core, Prime 7 Pro juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 3 GB dan internal storage berkapasitas 32 GB. Untuk urusan memotret, kamera depan...
Continue Reading
Tech News

Harga Galaxy S9 di Negara Ini Bikin Kening Berkerut

Published

on

Kurang dari seminggu Samsung bakal memperkenalkan smartphone flagship yang dikembangkannya, Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Ya! Kedua smartphone ini akan diperkenalkan pada tanggal 25 Februari 2018 di Barcelona. Menariknya, sebagai smartphone yang berada di jajaran kelas premium, Galaxy S9 dan S9+ tak lepas dari rumor seputar spesifikasi hardware yang akan ditanam ke dalamnya, termasukjuga dukungan kamera dan desain. Jelas, bagaimana pun juga informasi tersebut sangat menarik. Bocoran terbaru kembali dilempar oleh Roland Quandt, yang memiliki akun Twitter @rquandt. Lewat Twitter, ia berkicau bahwa Galaxy S9 yang memiliki internal storage berkapasitas 64 GB di Norwegia akan dijual dengan harga 8.790 NOK...
Continue Reading
Tech News

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4 Terungkap di GFXBench

Published

on

Tak sedikit pecinta gadget di banyak negara yang menunggu-nunggu kehadiran Galaxy S9 Series. Ya! Samsung memang sudah memiliki rencana untuk memperkenalkan smartphone flagship buatannya tersebut di ajang MWC 2018 di Barcelona. Namun, tahukah Anda bahwa Samsung juga memiliki agenda untuk memperkenalkan satu perangkat lainnya di tahun 2018 ini? Diperkirakan, raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut bakal memperkenalkan Galaxy Tab S4. Bocoran mengenai tablet tersebut baru-baru ini terlihat di GFXBench, beserta beberapa spesikasi hardware yang bakal disematkannya. Memiliki nomor model SM-T835, Galaxy Tab S4 merupakan tablet yang ditujukan untuk pengguna kelas atas. Oleh karena itu tak mengherankan jika Samsung benar-benar mengemas...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer