Connect with us
Asus ROG
Tech News

Akuisisi Qualcomm, Broadcom Siap Gelontorkan US$105 Miliar

Droidlime.com,

/

Broadcomm Logo

Bagi sebagian orang, Broadcom hanya dikenal sebagai perusahaan yang mengembangkan modem Wi-Fi untuk laptop. Padahal, Broadcom adalah perusahaan besar yang juga memproduksi perangkat jaringan dan telekomunikasi, seperti Ethernet LAN, Server, Transceiver dan sebagainya.

Sebelumnya, Broadcom digosipkan memiliki keinginan untuk mengakuisisi produsen chipset terkenal, Qualcomm. Broadcom sendiri menawarkan harga yang terbilang fantastis, yakni lebih dari US$100 miliar.

Kini, rincian mengenai proses akuisisi tersebut telah terungkap. Kabar terbaru, Broadcom secara resmi telah melakukan penawaran untuk mengakuisisi Qualcomm diharga US$105 miliar.

Jika proses akuisisi ini disepakati, bisa dipastikan Broadcom akan bertransformasi menjadi perusahaan pembuat chipset terbesar ketiga di dunia. Selain itu, proses akuisisi ini juga terbilang menarik bagi kedua belah pihak karena banyak hal yang dipertaruhkan.

Sedikit informasi untuk Anda, Qualcomm sendiri belum lama ini juga telah berhasil melewati tuduhan monopoli di seluruh dunia. Lolos dari masalah tersebut, Qualcomm saat ini sedang menghadapi beberapa tuntutan hukum terhadap Apple.

Selain Qualcomm, Broadcomm juga sebenarnya memiliki minat yang tinggi untuk mengakuisisi NXP Semiconductors. Nilai akuisisi yang ditawarkan pun juga terbilang tak kecil, yakni seharga US$47 milliar atau sekitar Rp635 triliun.

Diharapkan, proses akusisi Broadcom terhadap NXP Semiconductor ini bisa selesai pada akhir tahun 2017. Meskipun terbilang alot, pihak Broadcom selalu menegaskan bahwa penawaran akuisisi ini tetap berjalan.

Bisnis Broadcom sendiri terus mengalami pertumbuhan dan mendapat dorongan yang besar pada tahun 2015 lalu setelah diakuisisi oleh Avago seharga US$37 miliar atau sekitar Rp500 triliun. Tercatat, proses akuisisi saat itu merupakan kesepakatan teknologi terbesar dalam sejarah.

Seperti ingin mengulang sejarah, Broadcom pun terbilang berani untuk membeli Qualcomm dengan harga fantastis. Pada saat penawaran dilakukan, saham Qualcomm tercatat mencapai harga US$62, sedangkan saham Broadcom seharga US$ 70.

Sebuah laporan dari Bloomberg mengatakan bahwa Qualcomm mencoba untuk menangkis tawaran dari Broadcom, meskipun hal tersebut dipercaya akan menurunkan nilai perusahaan pembuat chipset Snapdragon ini. Namun karena Qualcomm merupakan perusahaan publik, sehingga keputusannya sampai ke pemegang saham.

Sumber terpercaya juga mengatakan kepada Bloomberg bahwa kemungkinan Qualcomm akan merekomendasikan pemegang sahamnya untuk menolak tawaran tersebut. Di sisi lain, Broadcom yakin bahwa penawaran yang diusulkan ini akan menerima persetujuan yang diperlukan dari otoritas peraturan dan antimonopoli pada waktu yang tepat.

Advertisement
Comments
Tech News

Diam-diam Xiaomi Redmi Note 5 Pro Bakal Support Project Treble

Published

on

Xiaomi Redmi Note 5 Pro All Four
Bersamaan dengan peluncuran Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia, Xiaomi juga meluncurkan Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro di India. Dari keduanya, Redmi Note 5 Pro yang lebih menarik karena tercatat sebagai smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 636. Smartphone ini juga punya konfigurasi dual-camera. Bisa dibilang chipset Snapdragon efisien dalam mengonsumsi daya baterai, namun memiliki performa yang bertenaga. Sementara dua kamera utama yang dihadirkan pada Redmi Note 5 Pro bisa menghasilkan menghasilkan foto bokeh secara instan berkat kombinasi lensa 12 MP + 5 MP yang disertai LED flash. Menariknya, diduga kuat kalau Redmi Note 5...
Continue Reading
MWC 2018

LG akan Perkenalkan K10 dan K8 Versi Baru di MWC 2018

Published

on

LG K10 2018 dan LG K8 2018
Ikut meramaikan gelaran MWC 2018 di Barcelona, LG memang tak akan memperkenalkan smartphone flagship buatannya, G7. Akan tetapi, sebagai gantinya LG memiliki rencana untuk memperkenalkan LG V30s. Apakah hanya itu yang akan diperkenalkan oleh pabrikan elektronik asal Korea Selatan tersebut? Rupanya tidak! LG ikut meramaikan MWC tahun ini juga untuk memperkenalkan smartphone kelas menengahnya, yakni LG K8 dan LG K10. Seperti kita ketahui, LG memperkenalkan K10 (2017) di ajang CES di Las Vegas, Amerika Serikat. Sepertinya, mengumumkan kehadiran dua smartphone tersebut di MWC cukup masuk akal. Hal ini mengingat Amerika Serikat bukanlah pasar utama kelas menengah untuk smartphone LG. Rencananya,...
Continue Reading
Tech News

Muncul di TENAA, Spesifikasi Honor 7C Makin Terungkap

Published

on

Honor 7C
Smartphone kelas menengah yang saat ini sedang digarap Huawei (kemungkinan besar Honor 7C) sudah siap untuk diluncurkan. Hal ini berdasarkan kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Honor 7C telah mendapatkan sertifikasi di TENAA. Penasaran dengan spesifikasi hardware smartphone tersebut? Berdasarkan bocoran yang merebak di internet, Honor 7C akan dibekali dengan prosesor octa-core 1,8 GHz. Tak hanya itu, disebut-sebut smartphone ini juga dilengkapi dengan dual-camera belakang 13 MP + 20 MP. Untuk layarnya sendiri, Honor 7C mengadopsi FullView yang memiliki ukuran 5,99 inci. Namun sangat disayangkan, resolusi layar yang dimiliki oleh smartphone ini hanyalah HD+. Bakal ada dua model Honor 7C, yakni...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer