Connect with us
Featured

5 Pesona Huawei Nova 3i

Menyasar pengguna smartphone kelas menengah di Indonesia, Huawei memboyong Nova 3i. Smartphone ini pun datang dengan banyak keunggulan. Apa saja?

Updated

Secara resmi Huawei sudah memboyong satu lagi smartphone kelas menengahnya ke pasar Indonesia, yakni Huawei Nova 3i. Bisa dibilang, smartphone ini adalah penerus dari Nova 2 Lite yang juga sudah diperkenalkan oleh Huawei di pasar Indonesia pada bulan April 2018 lalu.

Masuk ke pasar Indonesia, Huawei Nova 3i datang dengan serangkaian hal dan fitur yang menjadi daya tarik bagi konsumen. Lantas, apa saja daya tarik dari smartphone yang dibanderol seharga Rp4 jutaan ini? Simak ulasannya hanya untuk kalian pembaca setia DroidLime.

Warna gradasi

Ya! Huawei Nova 3i datang ke pasar Indonesia dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan iris purple. Tentu saja warna terakhir yang disebutkan jadi pembacaraan banyak orang. Pasalnya, warna iris purple mengingatkan kita dengan Twilight yang menjadi warna andalan Huawei P20 Pro.

Meskipun tingkat gradasi iris purple yang ada pada Huawei Nova 3i cukup berbeda dengan warna pelangi yang ada pada bodi P2 Pro, namun kesan “premium” tetap terasa. Dan ini sangat cocok bagi kalian yang ingin tampil beda bersama Nova 3i.

HiSilicon Kirin 710

Berbeda dengan Nova 2 Lite yang menggunakan chipset buatan Qualcomm, Huawei sangat percaya diri untuk mengemas Nova 3i dengan chipset buatannya, yakni HiSilicon Kirin 710. Bahkan, Nova 3i adalah smartphone pertama yang ditanam Kirin 710.

Chipset ini sendiri baru diperkenalkan pada pertengahan bulan Juli 2018 lalu dan dibangun dengan proses pabrikasi terbaru, yakni 12 nm. Bisa dibilang, Kirin 710 merupakan SoC pertama Huawei yang memiliki pabrikasi terkecil.

Kirin 710 juga mengikuti arsitektur yang ada pada Kirin 970 dengan cluster big.LITTLE. Cluster “big” menggunakan prosesor Quad-core ARM Cortex A73 dengan clock speed 2,2 GHz, sedangkan cluster “LITTLE” menggunakan Quad-core ARM Cortex A53 berkecepatan 1,7 GHz.

Selain itu, SoC ini juga sudah dibekali GPU Mali G5 yang diklaim memiliki kinerja 1,3 kali lipat dibandingkan dengan Mali T830 MP2 yang ada pada Kirin 659. Disebut-sebut, daya yang dimiliki Mali G5 juga lebih rendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Empat kamera AI

Membeli smartphone yang dibanderol seharga Rp4 jutaan, tentunya tak sedikit dari kalian yang bertanya mengenai kualitas kamera yang disematkan. Ya! Huawei Nova 3i datang dengan dukungan empat kamera, dua kamera ada di panel belakang dan dua kamera lagi ditempatkan di depan sebagai selfie-camera.

Ada pun konfigurasi dua kamera belakang yang disematkan memiliki resolusi 16 MP f/2.2 dan 2 MP dengan dukungan depth sensor. Tak ketinggalan, Huawei juga menyematkan PDAF, HDR, Panorama, dan tentu saja LED flash.

Sedangkan dua kamera yang ditempatkan di bagian depan untuk memanjakan para penyuka selfie memiliki konfigurasi 24 MP dan 2 MP. Tak berbeda dengan dual-camera belakang, dual-camera depan yang disematkan juga mampu menciptakan foto dengan latarbelakang blur alias bokeh.

Apakah hanya itu? Tentu saja tidak! Seluruh kamera yang disematkan juga sudah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan alias AI. Disebut-sebut, teknologi AI yang dibenamkan sanggup mengenali 22 kategori dengan 500 lebih scenes berbeda.

GPU Turbo

Lagi dan lagi, Huawei kembali menawarkan inovasi terbarunya ke dalam Nova 3i yang baru diperkenalkan. Teknologi terbaru itu adalah GPU Turbo yang mampu mendongkrak kinerja grafis secara software sehingga aplikasi berat, seperti game bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Huawei juga mengklaim bahwa GPU Turbo mampu menghasilkan performa 60% lebih gegas dari sebelumnya. Begitu pun soal daya yang digunakan juga tak perlu kalian khawatirkan. Pasalnya, Huawei menegaskan bahwa lewat teknologi ini bakal ada penghematan hingga 30%.

Jadi bisa dibilang, bermain game yang biasanya menyita kerja grafis sudah menjadi “masa lalu” berkat teknologi GPU Turbo. Meski begitu harus tetap ada pembuktian, apakah yang diklaim oleh Huawei ini bisa benar-benar terbukti?

Storage jumbo

Bukan lagi 32 GB atau 64 GB, Huawei Nova 3i yang datang ke Indonesia memiliki kapasitas penyimpanan internal yang bisa dibilang cukup besar, yakni 128 GB. Tentu saja dengan kapasitas penyimpanan sebesar itu, kalian bisa lebih leluasa untuk menyimpan lebih banyak foto atau video.

Baca juga

Satu hal yang cukup menarik, Huawei Nova 3i juga masih dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 256 GB. Hanya saja, jika ingin memaksakan untuk memasang microSD Card, kalain harus mengorbakan baki kedua yang memuat SIM card.

Comments

Populer