Connect with us
Tech News

Huawei Siapkan Kirin 1020, Kinerja Dua Kali Lipat Kirin 970

Updated

Harus diakui, Huawei adalah salah satu pabrikan smartphone asal Cina yang mampu berkompetisi di pasar global. Bahkan tak sedikit lembaga analis yang menempatkan Huawei mampu bertarung dengan dua raksasa di industri ini, yakni Samsung dan Apple.

Tak hanya piawai di industri smartphone, Huawei juga sudah merambah pasar chipset mobile alias SoC. Tentu saja, hal ini sengaja dilakukan oleh Huawei untuk berkompetisi dengan produsen chipset yang sudah ada dan juga menekan biaya produksi setiap smartphone yang dikembangkannya.

Seperti kita ketahui, persaingan di industri chipset mobile juga sangat ketat. Qualcomm adalah salah satu pemain besar yang terus melahirkan banyak inovasi. Selain itu juga ada MediaTek yang belakangan ini gemar melahirkan Helio P Series dan Samsung dengan Exynos-nya.

Tak mau tinggal diam, Huawei pun terus berbenah dan chipset mobile terakhir yang mereka rilis adalah Kirin 970 yang sudah dibekali dengan teknologi artificial intelligence. Namun harus diakui, Kirin 970 tidaklah setara dengan Snapdragon 845 buatan Qualcomm yang banyak dipakai oleh pabrikan smartphone ternama.

Untuk itulah, Huawei sedang mempersiapkan chipset mobile terbarunya, yakni Kirin 980. Menurut sumber yang dekat dengan Huawei menyebutkan bahwa Kirin 980 yang kabarnya akan diproduksi menggunakan teknologi proses 7nm dari TSMC memiliki kemampuan untuk bersaing dengan Snapdragon 845.

Bahkan tak sedikit yang memperkirakan, debutan Kirin 980 ini akan dimulai di dalam Huawei Mate 20 yang gosipnya akan meluncur pada bulan Oktober tahun ini. Tentu saja, yang tak kalah menarik untuk ditunggu adalah kinerja dari Kirin 980.

Meski begitu, Huawei rupanya tak hanya berhenti pada Kirin 980. Ya! Menurut sumber internal, Huawei juga siap untuk meluncurkan Kiin 1020. Diperkirakan, chipset ini mampu menawarkan kinerja dua kali lipat dibandingkan dengan Kiin 970.

Baca juga

Sayangnya tak ada rincian lebih detail mengenai SoC tersebut. Hanya saja sumber yang sama mengklaim bahwa setelah teknologi jaringan 5G diluncurkan, Huawei akan siap dengan produksi massal Kirin 1020 dan selanjutnya, Huawei akan bergerak untuk memasarkan chipset ini ke sejumlah produsen smartphone yang ditargetkan.

Comments

Populer