4 Alasan Rasional untuk Tidak Membeli Xiaomi Mi Note 2

Sesuai dengan janji kami sebelumnya, setelah mengulas lima alasan mengapa Mi Note 2 layak untuk dimiliki, kini saatnya kami memberikan empat alasan untuk tidak membeli smartphone ini. Sebagai catatan, kami bukan hater Xiaomi. Tujuan kami hanyalah memberikan sebuah referensi, agar Anda lebih selektif dalam memilih smartphone. Lalu apa saja alasannya? Simak informasi berikut.

Harga mahal

mi-note-2-e

Untuk smartphone sekelas Xiaomi, Mi Note 2 memiliki harga yang relatif mahal. Meskipun masuk kategori smartphone flagship, biasanya Xiaomi selalu mematok harga yang relatif lebih murah dari smartphone flagship milik vendor lain.

Sekadar informasi, Mi Note 2 dijual dengan harga sekitar Rp5,3 juta untuk varian RAM 4 GB dan Rp6,2 juta untuk varian ram RAM 6 GB di Cina. Namun di luar Cina, harganya bisa melambung di atas Rp7 juta. Kalau pun ingin membeli smartphone flagship semahal itu, bukankah lebih aman membeli merek yang memiliki garansi resmi?

Layar lengkung minim fitur

mi-note-2-b

Meskipun memiliki layar lengkung di bagian depan dan belakang, kami merasa layar lengkung ini masih sebatas gimmick atau hiasan saja. Mengapa? Karena layar lengkung pada Mi Note 2 belum memiliki fitur-fitur keren yang seharusnya ada pada smartphone model layar edge. Untuk menikmati fitur pada layarnya, kita harus menunggu Xiaomi merilis ROM MIUI 9 nanti. Di ROM tersebut, Xiaomi akan menghadirkan fitur Quick Shortcut seperti yang ada pada Samsung Galaxy S7 Edge.

Tidak ada microSD

mi-note-2-a

Xiaomi Mi Note 2 hadir tanpa slot microSD. So, Anda harus puas dengan internal storage pada smartphone ini. Meskipun memiliki internal storage yang cukup besar, hal ini akan menjadi masalah bagi Anda yang lebih sering menggunakan kartu SD untuk menyimpan data-data penting.

Selain itu, jika sistem smartphone mengalami masalah serta mengharuskan Anda untuk melakukan proses flash atau reset, sudah dipastikan data-data internal Anda akan hilang. Lalu, untuk mem-backup data-datanya pun kita harus menggunakan perangakt lain seperti komputer. Cukup merepotkan ya?

Layar belum QHD

mi-note-2-c

Sungguh disayangkan mengapa Xiaomi Mi Note 2 belum menggunakan layar dengan resolusi QHD. Padahal dengan layar QHD, kejernihan dan kerapatan layar jadi lebih baik ketimbang menggunakan layar jenis Full HD. Meskipun begitu, bukan berarti layar Mi Note 2 tidak jernih. Hanya saja, menurut kami akan lebih baik jika Mi Note 2 menggunakan layar QHD seperti smartphone flagship pada umumnya. Bagi Anda yang belum mengetahui apa bedanya Full HD dan QHD, anda bisa membacanya di sini.

Ya itulah beberapa alasan untuk tidak membeli smartphone ini. Sekali lagi ini hanyalah sebuah opini. Masalah beli atau tidaknya, semua keputusan ada di tangan Anda. Sekedar tips, belilah smartphone sesuai kebutuhan dan bukan keinginan Anda.

(last edit: 6 December, 2016 / 11:02 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
42%
Mau
8%
Biasa Aja
25%
Payah!
25%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.