13 Rekomendasi Smartphone Android Rp2 Jutaan (2017)

Di era gadget seperti sekarang ini ada ratusan ribu bahkan jutaan smartphone yang beredar, tentu saja dengan merek dan model yang berbeda-beda. Namun karena saking banyaknya pilihan, hal inilah yang justru membuat banyak orang bimbang dan ragu dalam memilih smartphone mana yang pas untuk digunakan.

Nah, bagi Anda yang tak rela menghabiskan banyak dana hanya untuk membeli sebuah smartphone, kami akan merekomendasikan 13 smartphone dengan harga Rp2 jutaan. Tanpa perlu berlama-lama, berikut ulasannya.

ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL

zf3 max

ASUS dikenal sebagai salah satu produsen pemasok smartphone murah. Salah satu produk yang laris di pasaran adalah ASUS ZenFone 3 Max. Dengan harga Rp2 jutaan, smartphone ini memiliki spesifikasi yang lumayan menjanjikan. Di antaranya, prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM  3 atau 4 GB, dan memori internal 32 GB.

Sementara untuk keperluan selfie dan fotografi, ASUS menyematkan kamera depan 8 MP dan kamera belakang 16 MP yang dilengkapi fitur phase detection autofocus dan dual-LED flash. Salah satu kelebihan yang ditonjolkan dari smartphone ini adalah kapasitas baterai yang besar, yakni 4.100 mAh. Baterai ini juga dilengkapi fitur reverse charging sehingga dapat digunakan sebagai powerbank untuk perangkat lainnya.

Xiaomi Redmi Note 4

redminote4

Bukan Xiaomi jika tidak menghadirkan produk murah meriah. Dan smartphone Xiaomi Rp2 jutaan yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Xiaomi Redmi Note 4. Smartphone ini dibekali layar IPS dengan resolusi 5,5 inci, prosesor Qualcomm Snapdragon 625, RAM dengan varian 2 GB atau 3 GB, memori internal 32 GB, dan GPU Adreno 506.

Dengan dapur pacu seperti ini, gaming dan multitasking dapat dijalankan dengan optimal. Selain itu, Xiaomi Mi Note 4 juga dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Semua komponen ini ditunjang dengan baterai berkapasitas 4.100 mAh.

Meizu M5 Note

m5note

Selanjutnya ada Meizu M5 Note. Smartphone asal Cina ini memang murah tapi tidak murahan. Mengapa bisa begitu ? Pasalnya Meizu M5 Note dibekali jeroan yang lumayan gahar, di antaranya prosesor Mediatek Helio P10 yang didukung dengan RAM sebesar 3 atau 4 GB serta memori internal 32 GB.

Smartphone ini juga dibekali baterai jumbo berkapasitas 4.000 mAh yang sudah mendukung fitur fast charging. Di bagian belakang ada kamera beresolusi 13 MP dengan fitur phase detection autofocus dan dual-LED flash. Sementara di bagian depan ada kamera selfie beresolusi 5 MP dan sensor sidik jari yang melekat pada tombol home-nya.

Infinix Zero 4

zero 4

Mungkin namanya kurang begitu familiar bagi beberapa orang. Namun jangan salah sangka dulu. Karena pada faktanya Infinix Zero 4 memiliki performa yang tak bisa diremehkan. Smartphone ini mengusung bodi berbahan metal aluminium dengan layar 5,5 inci.

Sedangkan untuk dapur pacu, Infinix Zero 4 dibekali RAM 3 GB, memori internal 32 GB dan prosesor MediaTek MT6753 dengan clockspeed 1,3 GHz. Di sisi kamera, Infinix Zero 4 mengadopsi kamera belakang beresolusi 16 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP. Smartphone ini didayai baterai berkapasitas 3200 mAh yang dilengkapi fitur fast charging.

Samsung Galaxy J5 Prime

j5prime

Samsung terkenal dengan harganya yang mahal, namun ternyata ada juga smartphone Samsung yang dijual dengan harga Rp2 jutaan. Smartphone yang kami maksud adalah Samsung Galaxy J5 Prime. Smartphone ini sudah diperjual belikan sejak tahun 2016 lalu. Samsung Galaxy J5 Prime sendiri menggunakan layar jenis PLS TFT dengan ukuran 5 inci.

Untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy J5 Prime menggunakan prosesor Exynos 7570 Quad, RAM 2 GB, dan memori internal 32 GB. Kamera belakangnya beresolusi 13 MP dengan fitur standar seperti autofocus dan LED flash. Sedangkan kamera selfie-nya beresolusi 5 MP. Smartphone ini didayai baterai berkapasitas 2. 400 mAh. Kapasitas yang terbilang kecil untuk saat ini.

Lenovo K6 Power

k6power

Rilis tahun 2016 lalu, Lenovo meramu Lenovo K6 Power dengan prosesor Snapdragon 430, GPU Adreno 505, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Jadi, untuk keperluan gaming dan multimedia smartphone ini sudah lumayan baik.

Di bagian depan ada layar IPS berukuran 5 inci dan kamera selfie 8 MP, sementara di bagian belakang ada kamera 13 MP dan sebuah sensor sidik jari. Sesuai dengan imbuhan nama Power, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas besar hingga 4.000 mAh.

Infinix S2 Pro

s2 pro

Infinix S2 Pro masih sangat ‘anget’ karena baru saja rilis di awal bulan mei ini. Smartphone Rp2 jutaan ini dibekali kamera belakang beresolusi 13 MP dan dual-camera depan. Satu lensa beresolusi 13 MP dengan fitur beauty (normal angle) dan satu lensa lagi beresolusi 8 MP dengan fitur wide angle (135 derajat). Bisa dibilang, Infinix S2 Pro adalah versi murah dari OPPO F3 series.

Beralih ke dapur pacunya, Infinix S2 Pro menggunakan prosesor MediaTek MT6753, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Untuk menunjang segala aktivitas, Infinix S2 Pro dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh yang dilengkapi dengan fitur flash charge.

LG K10 (2017)

k102017

Tak hanya meluncurkan LG G6 yang dijual dengan harga Rp8 jutaan, tahun ini LG juga merilis smartphone dengan harga Rp2 jutaan. Apalagi kalau bukan LG K10. Smartphone ini dibekali prosesor Mediatek MT6750, GPU Mali-T860MP2, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Di atas kertas, performa LG K10 lumayan ngacir untuk smartphone kelas menengah.

Di sektor kamera, LG K10 mengandalkan kamera beresolusi 13 MP untuk keperluan fotografi. Sementara untuk selfie dan groufie, LG K10 mengandalakan kamera depan beresolusi 5 MP dengan lensa wide-angle. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga sudah menggunakan sistem operasi terbaru Android 7.0 (Nougat). Sedangkan untuk keperluan daya, LG menyematkan baterai berkapasitas 2.800 mAh pada LG K10.

Nokia 5

nokia5

Setelah lama vakum dari ranah persaingan smartphone, di awal tahun 2017 lalu akhirnya Nokia kembali merilis smartphone terbarunya. Tak main-main, Nokia langsung merilis tiga smartphone sekaligus, diantaranya Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3. Jika Anda ingin mencoba smartphone buatan Nokia, namun hanya memiliki dana Rp2 juta saja , Nokia 5 adalah pilihan yang tepat.

Smartphone ini dibekali layar IPS 5,2 inci, ukuran layar yang tak terlau besar dan tak terlalu kecil. Untuk dapur pacu, Nokia 5 menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB. Sedangkan untuk kamera, Nokia 5 menggunakan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Smartphone ini juga sudah menggunakan sistem operasi Android terbaru Nougat 7.1.1 . Terakhir untuk baterai, Nokia 5 ditenagai baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Luna G

luna g 02

Merek Luna belum lama hadir di tanah air, tapi saat ini sudah cukup harum namanya. Ini tak lain karena Luna cukup aktif berpromosi. Menariknya, Luna memiliki satu smartphone yang cukup menggoda di harga Rp2 jutaan, yakni Luna G.

Smartphone yang datang dengan slogan anti ngelag ini dipersenjatai CPU MediaTek Helio P10, RAM 4 GB, storage 32 GB, serta baterai 4.000 mAh. Paduan ini membuat ketahanan baterainya ada di atas rata-rata. Luna G juga bisa digunakan untuk bermain game kelas menengah lewat layar 5,5 inci Full HD yang dibawanya serta dukungan sensor gyroscope untuk bermain game VR.

Vivo V5 Lite

v5lite

Vivo V5 Lite adalah seri minimalis dari smartphone perfect selfie Vivo V5. Dengan harga yang jauh lebih murah, Vivo V5 Lite dibekali prosesor Mediatek MT6750, RAM 3 GB, memori internal 3 GB, dan baterai berkapasitas 3.000 mAh . Kamera belakangnya beresolusi 13 MP dengan fitur autofocus dan LED flash.

Sementara untuk jualan utamanya yaitu kamera selfie, Vivo V5 Lite menggunakan satu kamera depan beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0. Seperti yang kita ketahui, smartphone ini memang diciptakan untuk para penggila selfie, jadi bagi Anda yang kurang suka bahkan tidak pernah selfie, tentu smartphone ini kurang pas untuk Anda gunakan.

Nubia M2 Lite

m2 lite

Dulu sempat dikenal sebagai pemasok smartphone untuk ZTE, kini Nubia hadir di Indonesia dengan berdiri sendiri tanpa embel-embel ZTE. Sebagai permulaan kehadirannya di tanah air, Nubia memboyong tiga smartphone terjangkau, salah satunya adalah M2 Lite dengan harga Rp2,8 juta.

Nubia M2 Lite datang membawa layar 5,5 inci 720p dengan otak MediaTek Helio P10 yang ditemani RAM 4 GB. Adapun yang menjadi andalan utamanya adalah sektor fotografi yang diisi duet kamera utama 13 MP dan kamera selfie 16 MP.

Huawei P9 Lite

p9 lite

Sebenarnya smartphone satu ini adalah produk lama keluaran tahun 2016. Tapi karena performanya masih sanggup meladeni aplikasi dan game terbaru, maka kami turut merekomendasikan P9 Lite.

Kalau membeli di toko resmi seperti Erafone, harga yang dipatok memang masih di atas Rp3 jutaan. Tapi jika membeli versi garansi distributor dari e-commerce seperti Tokopedia dengan keyword "G9 Lite", harganya bisa di bawah Rp3 juta. Mengapa kami merekomendasikannya?

Huawei P9 Lite membawa DNA fotografi keluarga P series. Smartphone ini menawarkan kualitas kamera 13 MP yang baik dengan banyak mode yang ditawarkan, termasuk light painting. Ukurannya pun pas di genggaman, yakni 5,2 inci. Untuk menangani keperluan komputasi harian, P9 Lite didukung CPU Kirin 960 serta RAM 3 GB. Namun yang perlu diperhatikan adalah kapasitas storage-nya yang hanya 16 GB.

(last edit: 4 June, 2017 / 12:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
66%
Mau
10%
Biasa Aja
10%
Payah!
20%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.