Connect with us
FX516
Tips

Waspada! Ini Bahaya Beli Kabel Data yang Tidak Berkualitas

Salah membeli kabel data untuk smartphone kesayangan, risikonya sangat besar. Banyak komponen yang akhirnya cepat rusak atau yang paling mengerikan, smartphone kalian bisa meledak.

Updated

Harus di akui, di pasar aksesoris gadet di Indonesia tak sedikit pedagang “nakal” yang masih menjual perangkat abal-abal alias palsu. Terkait dengan hal ini, tentunya kalian harus lebih waspada dalam membeli perangkat atau aksesoris yang diinginkan.

Pasalnya, jika kalian membeli perangkat atau aksesoris, termasuk kabel data dengan harga murah, tentu saja kualitasnya akan sangat dipertanyakan. Memang harga perangkat atau aksesoris dengan jaminan asli alias “ori” itu sangat mahal. Tentu harga berjalan beriringan dengan kualitas yang bisa kalian dapatkan.

Nah! Bagi kalian yang saat ini sedang mencari kabel data “ori” untuk produk Apple, seperti iPhone, iPad dan iPod, HIPPO Elite punya jawabannya. Saat ini, HIPPO Elite sudah memasarkan kabel data dengan label MFI, yaitu singkatan dari Made for iPhone/iPad/iPod.

Salah satu kabel data HIPPO Elite yang sudah punya label MFI adalah UL-01. Label MFI dimuat juga merupakan lisensi dari Apple kepada pabrikan aksesoris pihak ketiga yang membuat aksesoris dengan kualitas sesuai kriteria Apple.

Selain telah memiliki lisensi resmi dari Apple, aksesoris dengan label MFI biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang aksesoris keluaran Apple yang sebenarnya. Selain itu, HIPPO Elite UL-01 juga cocok untuk kalian yang memiliki adapter dengan port Type-C sehingga kabel ini mendukung teknologi Power Delivery.

Terkait dengan hadirnya UL-01 di pasar aksesoris gadget di Indonesia, HIPPO Elite juga ingin menginformasikan mengapa kalian harus mengganti kabel data “abal-abal” dengan yang “ori”, berikut beberapa hal yang mungkin terjadi dengan perangkat kalian, terutama iPhone jika salah membeli.

Mengalami overheating

Satu hal yang harus kalian ketahui, bahwa arus listrik pada charger palsu tentunya tidak, kadang terlalu tinggi, kadang malah terlalu rendah. Inilah yang sangat berbahaya untuk iPhone kalian. Jika kalian mengisi daya iPhone dengan kabel abal-abal, ada kemungkinan smartphone mudah overheating atau menjadi panas.

Mudah merusak baterai

Tentu saja, salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah smartphone, termasuk iPhone adalah baterai. Jika kalian keras kepala untuk memakai kabel pengisian daya abal-abal, salah satu komponen yang bakal mudah rusak adalah baterai. Hal ini karena kabel yang bukan ori memiliki voltase yang lebih rendah dibandingkan yang asli.

Komponen lainnya juga cepat rusak

Siapa bilang menggunakan kabel palsu hanya akan berdampak pada baterai saja? Nyatanya, kabel palsu juga bisa berdampak pada komponen lainnya yang ada pada iPhone kalian. Ini karena pengisian daya yang berasal dari charger serta kabel abal-abal tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Lebih parah, iPhone bisa meledak

Kalian pasti pernah membaca berita mengenai smartphone yang meledak secara tiba-tiba. Kejadian tersebut bisa saja karena menggunakan kabel pengisian daya serta kepala charger yang tidak asli. Ketika smartphone diisi dayanya terus menerus, perangkat tersebut akan kelebihan muatan arus dan membuatnya meledak.

Nah, itulah bahaya menggunakan kabel pengisian daya “abal-abal” yang mengintai para penggunanya. Bagaimana? Masih mau membeli aksesoris atau kabel data palsu untuk gadget kalian? Sekali lagi, memang harga yang ditawarkan jauh berbeda dengan kabel “ori”. Tetapi ingat! Ada harga, ada kualitas.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3

POCO, yang sekarang telah menjadi brand independen dari Xiaomi baru saja meluncurkan POCO M3 di pasar Indonesia. Datang sebagai smartphone...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer