Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Tips

Tips dari ViewSonic Memilih Monitor untuk Edit Foto

Monitor untuk edit foto, tidak melulu resolusi besar. Kalian juga harus tahu pertimbangan yang lainnya. Dengan begitu, kalian bisa menghasilkan foto yang diedit dengan kualitas profesional.

Updated

Foto-foto yang bagus bukan hanya karena pakai kamera bagus, tapi juga karena kalian punya monitor yang ciamik untuk mengedit foto-foto tersebut. Ketika memilih monitor untuk edit foto, warna adalah segalanya. Monitor harus mampu menghadirkan akurasi warna yang optimal, kontras tinggi dan kejernihan yang maksimal.

Memutuskan jenis monitor seperti mana yang paling pas untuk mengedit foto memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan, atau kalian juga bisa mampir ke laman ViewSonic ColorPro™ di sini untuk melihat beberapa jenis monitor profesional.

Dunia fotografi dan pengeditan memerlukan reproduksi warna seperti aslinya (true-to-life) pada tampilan layar untuk memperlihatkan gambar yang berkualitas. Monitor yang kurang akurat tak mampu menampilkan spektrum warna lengkap dalam akurasi sebenarnya.

Pada akhirnya, foto-foto yang diperlihatkan oleh monitor tersebut mungkin kelihatan terlalu terang atau tidak imbang ketika dicetak. Tak seperti monitor yang umum digunakan konsumen, monitor untuk edit foto profesional biasanya dilengkapi dengan teknologi panel terbaru dan spektrum warna lebih luas yang telah dikalibrasi sebelumnya.

Diciptakan untuk mendukung pengeditan foto, monitor tersebut dipastikan memiliki keseragaman tingkat kecerahan, sudut pandang lebih luas, dan presisi warna yang tepat. Monitor dengan akurasi warna ini menjadi hal utama bagi para fotografer – baik profesional dan sekedar hobby – untuk menampilkan karya mereka sebaik mungkin.

Fitur-fitur pada monitor untuk mengedit foto

Punya akurasi warna tertinggi

Ketika bicara tentang akurasi warna pada monitor, kebanyakan bergantung pada beberapa fitur untuk menghasilkan gambar yang realistis.

Color space dan warna

Beberapa model monitor untuk profesional telah memiliki color space lebih luas untuk foto-foto yang lebih hidup dan detail. Ketika kalian sedang hunting monitor, carilah yang memiliki sedikitnya 90% sRGB (paling bagus untuk menampilkan hasil kerja kalian di web) dan 70% cakupan Adobe RGB (sangat pas untuk gambar yang akan diicetak).

Low Delta E Value

Delta E mengukur seberapa baik mata manusia dapat merasakan perbedaan warna. Untuk pengeditan foto, ini merupakan alat yang mumpuni untuk mengukur seberapa bagus monitor menerima warna aslinya. Angkanya menunjukkan seberapa bagus sebuah warna ditampilkan oleh monitor dikaitkan dengan nilai warna yang ‘sempurna.’

Karena itu, semakin rendah angkanya, semakin baik kinerjanya. Monitor-monitor mahal dapat menyebutkan angka Delta E 1 atau kurang. Namun kebanyakan monitor professional dengan Delta E<2 sudah sempurna untuk kebutuhan proses pengeditan foto.

Kalibrasi warna optimal

Warna pada layar harus benar-benar memperlihatkan seperti apa ketika dicetak. Monitor yang telah dikalibrasi dari pabrik memiliki fitur pengaturan warna lanjutan yang mampu menghasilkan foto-foto dengan warna realistis.

 

Teknologi panel tanpa tandingan

Monitor IPS menjadi monitor pilihan bagi para pengguna yang mementingkan warna. Karena menyediakan dukungan terbaik untuk teknologi color space monitor, menawarkan kedalaman warna dan rasio kontras yang tinggi, juga menghilangkan distorsi gambar dan pergeseran warna.

Fitur lain yang harus diperhatikan

Desain cantik

Monitor-monitor dengan desain bezel yang ramping, tanpa bingkai memaksimalkan area permukaan layar untuk pengalaman visual yang lebih luas dan imersif. Beberapa monitor yang kini tersedia di pasaran telah dilengkapi dengan dudukan ergonomis sehingga dapat dimiringkan, memutar kiri-kanan atau atas-bawah sesuai dengan kenyamanan.

Fitur swap dan pivot otomatis memungkinkan kalian untuk memutar layar hingga 180 derajat. Jadi, kalian dapat dengan mudah untuk melihat gambar dengan tampilan horizontal.

Konektivitas fleksibel

Monitor profesional biasanya mendukung berbagai port output seperti USB, DisplayPort, dan HDMI, juga sambungan yang lebih mudah ke perangkat dan peripheral lain yang kalian miliki. Port USB 3.0 dapat menjadi pengisi daya, dan port USB 3.1 Type C dapat mengisi daya sekaligus audio yang memudahkan pengaturan.

Kemampuan untuk menghubungan secara seri – dua monitor atau lebih bisa kalian lakukan melalui dukungan DisplayPort. Ya! Tentunya fitur ini akan menawarkan fleksibilitas kepada penggunanya.

Jadi, seperti apa monitor paling tepat untuk edit foto?

Fitur canggih pada monitor professional dengan teknologi panel dan fitur pengaturan warna yang canggih akan membantu kalian menciptakan foto yang lebih maksimal. Monitor tersebut dapat meningkatkan akurasi warna dan kejernihan gambar, sehingga kalian dapat melihat dan memanipulasi foto dengan segala keindahannya.

Kalau kalian memiliki keseriusan dan tertarik bekerja di dunia editing foto, kini saatnya memiliki monitor dengan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Monitor profesional seperti ViewSonic ColorPro™ telah dikalibrasi untuk menampilkan kualitas gambar yang menakjubkan dan warna cemerlang yang terbaik.

Ya! Bisa dikatakan bahwa ViewSonic ColorPro™ tentunya sangat cocok sebagai “senjata” kerja bagi para fotografer atau editor foto. Kaian juga bisa mendapatkan informasi tentang ViewSonic ColorPro™ yang mampu menghadirkan foto-foto kalian dengan lebih optimal melalui tautan ini.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer