Connect with us
FX507Z
Tips

Tips Alodokter Agar Tetap Sehat & Produktif Kelar Nonton Piala Dunia

Begadang nonton gelaran FIFA World Cup 2022 Qatar selama satu bulan bikin tubuh mudah lelah. Alodokter berikan tips agar tetap sehat dan produktif kelar nonton Piala Dunia.

Updated

Geliat pesta sepak bola dunia a.k.a FIFA World Cup 2022 Qatar akan berakhir 18 Desember 2022. Saat ini, tersisa empat tim yang sudah dipastikan akan masuk ke Babak Semi Final. Keempat tim tersebut adalah Argentina, Kroasia, Perancis dan Maroko.

FIFA World Cup 2022 Qatar sendiri berlangsung sejak 20 November lalu. Pesta sepak bola ini berhasil menyuguhkan pertandingan penuh drama dan intrik antar pemain dari berbagai negara yang menarik minat jutaan penonton diseluruh dunia untuk menyaksikannya.

Dalam periode sebulan ini, banyak orang merelakan diri mengubah gaya hidup menjadi kerap begadang menyaksikan tim kesayangannya hingga larut malam ataupun subuh. Kondisi kekurangan jam tidur, bukan saja mengakibatkan rasa lelah, tetapi juga dapat membuat tubuh berisiko mengalami microsleep.

Bagi kalian yang belum tahu microsleep, ini adalah hilangnya kesadaran dalam waktu singkat atau beberapa detik, yang bisa muncul sewaktu-waktu, termasuk saat beraktivitas. Akibat dari microsleep ini mencakup kesulitan atau hilangnya fokus, dan tidak mampu melakukan percakapan yang serius.

Microsleep juga mengakibatkan mudah melupakan kejadian yang baru terjadi sesaat sebelumnya, hingga berkurangnya kontrol terhadap postur tubuh yang ditandai dengan limbung dan kepala seolah terjatuh tiba-tiba. Bayangkan hal ini terjadi ketika di kantor atau saat mengoperasikan alat berat.

dr. Abi Noya, Medical Content Marketing Senior Manager dari Alodokter mengatakan bahwa gelaran pesta sepak bola dunia membuat para fans rela meluangkan waktu untuk menonton tim bola kesayangan bertanding. Namun di saat yang sama, berkurangnya jam tidur.

“Walau hanya sebulan saja, kurang tidur dapat menimbulkan banyak efek negatif pada tubuh. Mulai dari keluhan tidak enak badan hingga lemas, suasana hati yang mudah terganggu, sampai penurunan performa dan fokus saat beraktivitas sehari-hari karena cepat letih,” ujar Noya.

Ditambahkan oleh Noya bahwa orang dewasa disarankan untuk tidur malam setidaknya selama 7 – 9 jam agar tubuh dapat berfungsi optimal. Namun, untuk kalian yang tidak ingin kehilangan momen dan tetap ingin menonton Piala Dunia, berikut tips sederhana dari Alodokter.

Pastikan tubuh terhidrasi sepanjang hari

Menjaga hidrasi berarti memastikan tubuh mendapat cukup asupan cairan harian. Untuk itu, pastikan kalian mengonsumsi 8 – 10 gelas air putih dalam sehari. Hal ini akan membuat tubuh tetap segar, tidak mudah lelah, dan fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik.

Konsumsi kopi secukupnya dan hindari minum alkohol

Meski memiliki peran sebagai stimulan yang dapat meningkatkan fokus, energi, semangat, dan mengusir kantuk, namun jika diminum berlebihan, kafein dalam kopi justru dapat membuat sulit tidur dan beristirahat, sehingga berujung lebih mudah merasa lelah.

Jadi, jika kalian ingin minum kopi atau minuman berkafein lainnya, sebaiknya secukupnya saja. Selain itu, untuk menjaga produktivitas, daya konsentrasi, dan kesehatan secara umum, sebaiknya kalian menghindari konsumsi minuman beralkohol, apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

Olahraga ringan

Agar tetap berstamina dan penuh semangat, sebelum memulai aktivitas pagi, lakukanlah olahraga ringan, seperti jalan pagi dan stretching. Lebih baik lagi, kalau dilakukan di bawah sinar matahari dan paparan udara segar, yang dapat memberi stimulasi tambahan pada tubuh untuk tetap terjaga.

Konsumsi suplemen multivitamin

Selain mencukupi asupan nutrisi dari makanan bergizi seimbang, kalian juga dapat mengonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga imunitas dan stamina tetap optimal. Misalnya, yang mengandung vitamin B, C, D, dan berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Kalian bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek terdekat, lebih baik lagi jika sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Agar lebih praktis, kalian juga bisa memanfaatkan layanan telemedisin untuk berkonsultasi melalui chat bersama dokter, seperti aplikasi Alodokter.

Bila dirasa perlu, dokter dapat meresepkan obat-obatan, termasuk suplemen, sesuai kebutuhan. Melalui fitur Aloshop, Alodokter bekerja sama dengan rekanan tepercaya, untuk menyediakan obat, suplemen multivitamin, dan berbagai kebutuhan kesehatan, yang dapat diantar langsung ke tempat kalian.

Hindari konsumsi gula berlebih

Ketika tidur, tubuh memproduksi hormon leptin dan ghrelin, dimana kedua hormon tersebut berfungsi untuk mengendalikan lapar dan kenyang dalam tubuh. Namun ketika kita kurang tidur, hormon menjadi tidak seimbang termasuk membuat kita kelebihan hormon ghrelin.

Kelebihan hormon ghrelin membuat kita mudah lapar. Karena itu, ketika begadang, ada kecenderungan untuk ingin makan terus. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, seperti permen, makanan cepat saji, soda, dan minuman kemasan lainnya.

Siapkan camilan sehat sebelum menonton pertandingan seperti buah, low fat yogurt, salad, kacang-kacangan, edamame rebus, atau smoothies sehat tanpa tambahan gula atau perasa. Tentunya semua tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya.

“Disarankan untuk segera tidur begitu pertandingan bola berakhir. Jika keesokan harinya libur, bisa mematikan alarm hingga terbangun secara alami atau setidaknya luangkan waktu untuk tidur siang. Hal ini bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala,” tutup Noya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer