Connect with us
FX507Z
Tips

Belajar Masak Online: Ide Kreatif untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Yuk! Kita membuat makanan yang lebih bervariasi, terutama makanan yang kaya akan nutrisi sehingga kita tetap bisa bugar menjalankan ibadah puasa seharian.

Updated

Menu sahur dan berbuka puasa yang sama setiap hari, tentunya bisa menjadi sangat membosankan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, diperlukan variasi jenis makanan lain, terutama makanan yang kaya akan nutrisi sehingga kita tetap bisa bugar menjalankan ibadah puasa seharian.

Salah satu cara kalian untuk bisa mendapatkan variasi jenis makanan yang kaya akan nutrisi dapat melakukannya dengan belajar memasak secara online. Apalagi, kini internet semakin berkembang dan kita dapat dengan mudah menemukan resep-resep makanan yang diinginkan.

Saat sahur, orang-orang cenderung untuk mengonsumsi makanan praktis yang pembuatannya cepat. Meski dibuat dengan lebih cepat (instant), tentunya jangan lupa untuk membuat makanan yang dapat memberikan energi sehingga kalian dapat menjalankan puasa selama seharian penuh.

Berbeda dengan sahur, saat buka puasa, makanan yang disajikan biasanya lebih beragam dan bervariasi. Kalian bisa membuat menu makanan seperti bubur ayam, nasi goreng, sate, ketupat, gado-gado, soto ayam atau soto daging, kolak, gorengan, opor ayam, dan sebagainya.

Bila dulu belajar memasak hanya bisa dilakukan di sekolah memasak atau praktek masak bersama keluarga dan sahabat, kini berbeda dengan kehadiran digital. Ya! Hal tersebut kini bisa dilakukan secara lebih mudah dengan memanfaatkan layanan internet.

Belajar Resep Masakan Baru dan Variatif Secara Online

Belajar memasak secara online dapat dilakukan melalui dua cara. Pertama, kalian dapat bergabung dengan kelas memasak online yang dilakukan melalui video call. Cara kedua adalah belajar masak sendiri dengan memanfaatkan layanan digital seperti acara memasak di TV atau channel YouTube.

Tentu saja, keduanya menawarkan kemudahan, karena bisa dilakukan dari rumah. Hadirnya internet provider yang menyediakan layanan internet cepat dan stabil seperti IndiHome dari Telkom Indonesia, memberikan kesempatan kepada ibu rumah tangga yang tidak bisa memasak atau baru mau belajar.

IndiHome sendiri memiliki layanan digital yang menyediakan berbagai channel TV, termasuk acara TV yang fokus pada tema kuliner dan kegiatan masak-memasak seperti Dapur Lindawaty. Acara tersebut juga memberikan banyak tips memasak simpel yang mudah diaplikasikan.

Sementara bagi kalian yang memilih untuk belajar memasak melalui video tutorial masak di YouTube, ada berbagai pilihan channel YouTube memasak yang bisa dicoba. Berikut beberapa rekomendasi yang Droidlime berikan kepada kalian:

1. Dapur Umami: Ini adalah channel memasak yang dikelola oleh Ajinomoto Indonesia. Channel ini menawarkan berbagai resep masakan Indonesia dan internasional yang praktis, sehingga cocok untuk menu sahur di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

2. MasakTV: Ini adalah channel memasak dengan format video podcast dan web series. Melalui channel ini kalian juga bisa mendapatkan beragam resep masakan Indonesia yang praktis dan mudah untuk diikuti, dengan variasi menu yang terbilang sangat banyak sekali.

3. Dapur Bunda Keysha: Bila kalian ingin mencoba berbagai camilan dan menu ringan untuk berbuka puasa, channel YouTube masak ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, channel ini juga memberikan beragam resep kue yang bisa dicoba sebagai hiidangan kue Lebaran.

4. Rudy dan Sahabat TV: Salah satu koki legendaris Indonesia, Rudy Choirudin mengajarkan cara memasak berbagai masakan yang praktis dan sederhana. Sejumlah masakan yang ia pratikan juga cocok untuk sebagai variasi menu sahur dan berbuka puasa untuk kalian dirumah.

5. Ayo Memasak: Channel YouTube masak ini menyajikan berbagai menu yang simpel dan sederhana, sehingga cocok untuk ibu rumah tangga yang tidak punya banyak waktu di rumah karena harus mengerjakan berbagai hal lain selain memasak.

6. Eddy Siswanto: Selain belajar masak, channel YouTube ini juga diselingi oleh sedikit humor. Dengan begitu, kalian yang tertarik untuk belajar masak atau sedang mencari resep makanan untuk saur dan berbuka akan bisa terhibur, sekaligus mendapatkan ilmu.

7. Cheche Kitchen: Selain menyajikan berbagai resep masakan, menariknya dari channel ini juga memberikan tips bagaimana cara mengoptimalkan budget saat memasak. Dengan begitu, kalian bisa berbelanja sesuai kebutuhan, sehingga tidak boros.

Manfaat Belajar Memasak Online dan Membuat Menu yang Variatif

Tentu saja belajar memasak secara online melalui YouTube sangat membantu para ibu rumah tangga
yang tidak memiliki banyak waktu untuk beraktivitas di luar rumah. Artinya, kehadiran channel-channle masak di YouTube bisa menawarkan fleksibilitas waktu.

Selain fleksibilitas waktu, belajar masak di rumah secara online melalui beragam channel YouTube masak yang tersedia juga memberikan lebih banyak opsi bila dibandingkan dengan mengikuti kelas memasak dengan menu yang sudah ditentukan.

Keuntungan lainnya, melalui channel YouTube masak, kalian atau ibu rumah tangga juga dapat dengan bebas memilih menu masakan yang disajikan tanpa batasan apapun, mulai dari yang mudah dan praktis, hingga yang membutuhkan lebih banyak tahapan.

Namun perlu diingat, meskipun belajar memasak secara online dapat meningkatkan pengalaman memasak kalian selama bulan Ramadhan, kalian tetap perlu memprioritaskan kesehatan fisik dan mental selama berpuasa. Ya! Tentunya hal ini tidak mudah.

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah menyeimbangkan nutrisi pada variasi makanan yang dibuat. Menu sahur dan buka puasa yang variatif bisa memberikan manfaat seperti:

  • Menjaga keseimbangan nutrisi: Tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang lebih lengkap dan seimbang, seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin, dan mineral.
  • Meningkatkan energi dan konsentrasi: Tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga energi dan konsentrasi selama berpuasa. Hal ini dapat membantu seseorang tetap produktif dan fokus pada aktivitas sehari-hari.
  • Menjaga kesehatan pencernaan: Terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit atau diare. Hal ini karena makanan yang berbeda-beda dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Jadi, pastikan kalian selalu menjaga kesehatan dengan variasi resep makanan yang bergizi, dan yang harus selalu diingat adalah memerhatikan kesehatan mental dengan istirahat yang cukup, serta membatasi aktivitas yang melelahkan. Selamat membuat makanan sehat untuk sahur dan berbuka!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer