Connect with us
ZenBook-13-14
Tips

Begini Caranya Menjaga Produktivitas Ketika Kerja dari Rumah

Bekerja dari rumah alias WFH adalah aktivitas yang kini dijalankan oleh banyak pekerja kantoran karena pandemi COVID-19. Lalu, bagaimana agar produktivitas kerja dari rumah tetap terjaga?

Updated

Akibat pandemi COVID-19 yang mengglobal, tak sedikit orang harus mengubah aktivitas kesehariannya. Ya! Pemerintah Indonesia sendiri telah serius menghadapi pandemi ini dengan mengkampanyekan “3M”, yakni Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Memakai Masker.

Guna memutus penyebaran virus yang mematikan ini, tak sedikit perusahaan yang akhirnya membuat kebijakan untuk para pekerjanya. Ya! Para perusahaan tersebut membuat kebijakan dengan “mengizinkan” para pekerjanya untuk bekerja dari rumah atau yang sering disebut WFH.

Dengan bekerja dari rumah, semua karyawan diharapkan tidak akan berkumpul beramai-ramai di suatu tempat yang justru meningkatkan risiko penyebaran virus. Tentu saja, bekerja dari rumah akan sangat jauh berbeda daripada bekerja di kantor.

Terkadang, produktivitas saat bekerja di rumah akan menurun drastis karena banyaknya gangguan dan kurangnya pengawasan. Namun, jangan khawatir, HIPPO punya tips yang bisa dipakai oleh kalian untuk meningkatkan produktivitas saat kerja dari rumah.

Mengatur jadwal kerja

Saat bekerja dari rumah alias work from home, hal pertama yang harus disiapkan adalah mengatur jadwal kerja. Ketika bekerja dari rumah dan tidak mengatur jadwal sama sekali, biasanya kalian akan merasa bebas dan lupa terhadap pekerjaan yang harus dilakukan.

Tidak kalah penting, pastikan kalian sudah siap untuk bekerja di waktu yang ditetapkan dengan keadaan yang juga nyaman. Jangan mulai bekerja sebelum jadwal dan selesaikan pekerjaan tepat waktu, kecuali jika kalian mesti lembur dari rumah.

Tentukan lokasi yang nyaman

Pilihlah lokasi yang nyaman, meskipun kalian bekerja di ruang keluarga, ruang tamu atau ruang belajar. Hindari bekerja di tempat tidur. Mengapa? Karena hanya akan membuat kalian bermalas-malasan. Sebentar kerja, lalu biasanya tidur-tiduran dan dapat merusak produktivitas.

Ketika berada di rumah, sebenarnya kalian juga dapat membuatnya menjadi seperti “suasana kantor”. Kalian bisa membuat kopi atau teh terlebih dahulu di pagi hari, lalu bersiap-siap menghadap laptop atau perangkat kerja lainnya yang sudah ditaruh di atas meja.

Tentukan waktu istirahat

Ketika sudah berada di titik jenuh saat bekerja, kalian juga bisa berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 hingga 15 menit. Tentu saja, cara seperti ini dapat menyegarkan otak kalian. Beberapa survei yang beredar di internet menyebutkan bahwa memberi jeda pada pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas.

Kalian juga bisa beristirahat dengan waktu yang lebih panjang di siang hari, yakni 90 hingga 120 menit. Istirahat itu bisa dimanfaatkan dengan tidur siang atau sekadar melakukan peregangan. Hal ini terbilang penting guna produktivitas kerja dari rumah tetap terjaga.

Smartphone harus selalu aktif

Selain laptop atau PC, smarphone adalah salah satu perangkat kerja yang sangat penting. Kalian dapat berkoordinasi dengan tim atau sebaliknya melalui perangkat tersebut. Oleh karena itu, smartphone yang ada di tangan kalian harus selalu aktif. Pasalnya, jika komunikasi terputus, tentu pekerjaan akan sangat berantakan.

Untuk mencegah smartphone habis daya, powerbank memiliki peranan penting meskipun kalian bekerja dari rumah. Dengan “bantuan” powerbank, kalian pun dapat bekerja dimana saja, dari sudut-sudut rumah tanpa perlu pusing dengan colokan listrik.

Nah! Salah satu powerbank yang dapat kalian gunakan untuk pengisian daya smartphone adalah buatan HIPPO Elite, yakni Prime. Selain didukung fitur Quick Charge 3.0, HIPPO Elite Prime juga sudah dilengkapi dengan Power Delivery 18W, sehingga pengisian daya smartphone akan semakin cepat dan efektif.

Fokus pada pekerjaan

Harus diakui, bekerja dari rumah memang banyak sekali gangguan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, kalian harus fokus dengan pekerjaan yang ada. Usahakan untuk menghindari kegiatan lainnya, seperti nonton TV atau bermain game dalam waktu yang lama.

Jaga imunitas tubuh

Tentu saja yang terakhir dan terpenting adalah dengan menjaga imunitas tubuh agar kita terhindar dari virus-virus yang berbahaya. Selain itu, kita juga perlu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan mandi ketika habis keluar rumah. Dengan begitu, kemungkinan kita tertular penyakit yang tidak diinginkan akan semakin berkurang.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP3 weeks ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer