Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Tips

5 Tips dari Telegram untuk Menghindari Ancaman Phishing

Ancaman phishing masih terus ada di dunia maya. Karena itu, kalian harus lebih pintar agar terhindar dari ancaman tersebut. Telegram memberikan 5 tips kepada kalian untuk menghindari ancaman phishing.

Updated

Kini dunia tengah mengalami pertumbuhan pesat dalam industri teknologi. Ini tentunya tidak terlepas dari adanya tantangan digital. Kejahatan dunia maya, sebagian besar dalam bentuk phishing dan sniffing, mengintai orang-orang yang lalai dalam menjaga keamanan aktivitas internet mereka.

Namun sangat disayangkan bahwa isu kejahatan dunia maya alias cybercrime ini belum cukup tertangani dengan baik di Indonesia. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan indeks keamanan siber terburuk di dunia.

Sebuah kasus viral baru saja terjadi di bulan ini, di mana pelaku menggunakan metode sniffing dengan cara mengirim pesan kepada korban dan berpura-pura menjadi kurir paket. Mereka mengirimkan file yang diklaim menunjukkan detail pengiriman paket.

Jika diperhatikan lebih dalam, pesan yang dikirim sebenarnya adalah file perangkat lunak yang mengumpulkan data korban (data perbankan) dan mengirimkannya ke pelaku. Dari kasus tersebut, tentunya kita semua patut untuk lebih waspada jika menerima pesan dari orang yang tidak dikenal.

Untuk mengurangi risiko terkena ancaman kejahatan dunia maya, pastikan kalian menggunakan aplikasi yang aman dan privat seperti Telegram. Untuk meningkatkan keamanan dan secara proaktif menawarkan perlindungan lebih bagi pengguna, Telegram menyediakan fitur Secret Chats.

Ini adalah fitur chat dengan “end-to-end encryption” untuk memastikan bahwa isi dari obrolan kalian tidak dapat diakses siapapun. Pembaruan terbaru dari Telegram juga memberikan kalian kesempatan untuk menghapus pesan dari semua orang tanpa jejak.

Tak hanya itu, pembaruan tersebut juga memberikan kesempatan kepada pengguna Telegram untuk memasang auto-delete timers pada semua chat, dan bahkan membuat akun tanpa kartu SIM. Kini, Telegram juga telah meluncurkan mode Agresif Anti-Spam.

Menariknya lagi, mode baru yang dihadirkan oleh Telegram ini dapat diaktivasikan pada grup dengan lebih dari 200 anggota. Selain itu, mode ini dapat secara otomatis menghapus potensi spam dan konten mencurigakan serta meminimalkan risiko terjaring phishing.

Admin grup juga dapat melaporkan kesalahan penandaan (false positive) apa pun. Hal ini akan melatih bot untuk melindungi anggota grupmu secara lebih baik lagi di masa mendatang. Meski dengan semua peningkatan keamanan ini, pengguna tetap harus mengetahui cara mengenali serangan phishing.

Sama seperti bagaimana di dunia nyata orang menjaga barang bawaan mereka dan menghindari orang asing yang mencurigakan, tindakan pencegahan yang sama juga perlu dilakukan secara online. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan keamanan kalian di Telegram:

Aktifkan Two Factor Authentication (2FA)

Two Factor Authentication adalah langkah yang dapat diambil untuk melindungi akun kalian. Ini dapat dilakukan dengan membuka menu ‘Pengaturan’. Kemudian, buka ‘Privasi dan Keamanan’ dan klik ‘Verifikasi Dua Langkah’ di bawah bagian ‘Keamanan’.

Selanjutnya, kalian dapat memilih opsi ‘Atur Kata Sandi’ yang ada di bagian bawah. Pada layar berikutnya, kalian dapat membuat dan masukkan kata sandi. Satu hal yang harus kalian perhatikan, gunakan kata sandi yang kuat, tetapi mudah untuk kalian ingat.

Gunakan Browser Versi Terbaru

Tak sedikit dari kalian yang juga suka menggunakan Telegram versi web saat berada di depan laptop atau PC. Jika begitu, pastikan kalian menggunakan aplikasi browser versi terbaru. Pada umumnya, browser dilengkapi dengan fitur anti-phishing bawaan untuk memastikan keamanan setiap pengguna.

Verifikasi Keamanan Website yang Dikunjungi Serta E-Mail dan Obrolan yang Diterima

Kejahatan phishing dan sniffing umumnya dilakukan melalui web, e-mail, atau chat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa website yang kalian buka telah menggunakan Sertifikat Secure Socket Layer (SSL), yang berarti semua komunikasi dan data dienkripsi dari browser ke server website.

Untuk mengetahui apakah website tersebut menggunakan SSL, periksa apakah ada simbol gembok di address bar dan apakah URL dimulai dengan ‘https’ (Hypertext Transfer Protocol Secure). Selain itu, selalu verifikasi e-mail dan chat yang kalian terima dengan check-and-recheck.

Hanya klik tautan atau unduh file yang telah dikirim oleh kontak yang terverifikasi atau terpercaya. Jangan sekali-kali “bertidak ceroboh” untuk mendownload aplikasi atau perangkat lunak yang tidak terbukti keamanannya, dan tidak kalian kenal siapa pengirimnya.

Di Telegram, kalian dapat memastikan bahwa channel dan bot yang diikuti telah terverifikasi. Jika kalian memilih mengikuti channel dan bot yang belum terverifikasi, ada baiknya memperhatikan secara detail sebelum klik tautan atau mendownload file apapun untuk meminimalisir risiko phishing.

Jangan Berikan Informasi Pribadi ke Website Tidak Terpercaya

Satu hal yang selalu dianjurkan oleh banyak orang, jangan sembarangan untuk memberikan informasi pribadi kalian, termasuk data pribadi dan keuangan secara sukarela ke website-website yang tidak dikenal, kecuali kalian 100% mempercayai website yang sedang dibuka saat itu.

Gunakan Kata Sandi Berbeda untuk Semua Akun

Untuk meningkatkan keamanan data, pastikan kalian menggunakan kata sandi yang berbeda untuk akun yang berbeda. Jika kalian menggunakan kata sandi yang sama, semua akun kalian berisiko untuk disusupi jika suatu saat upaya phishing berhasil mencuri kata sandi yang dimiliki.

Menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap website/aplikasi dan mengubah kata sandi kalian secara berkala dapat membantu memastikan keamanan. Terakhir, jangan sekali-kali memakai kata sandi yang mudah ditebak oleh banyak orang, seperti tanggal lahir misalnya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 hours ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Samsung membuat kejutan dengan memboyong Galaxy A14 5G ke Indonesia. Ini adalah smartphone 5G yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 10 Pro 5G

Secara resmi realme telah memasarkan realme 10 Pro 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan segudang daya...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer