Connect with us
UX425OPI
Tips

3 Jurus Membuat Video Transisi yang Bisa Bikin Banjir View

Jangan lagi membuat video pendek yang asal-asalan sehingga tidak ada orang yang mau menontonnya. Solusi yang cukup efektif, buat video dengan efek transisi yang saat ini begitu digandrungi.

Updated

Berkreasi lewat video pendek kini menjadi tren di berbagai kalangan, maka tak heran bila banyak orang berlomba-lomba untuk membuat video pendek. Namun, membuat video pendek yang menarik memiliki tantangan tersendiri. Selain harus memikirkan jenis konten yang menghibur, kita juga harus pintar dan kreatif dalam menyajikannya.

Untuk menarik minat penonton dan membuat video kita populer, salah satu trik yang bisa kalian implementasikan adalah menggunakan efek transisi. Ini adalah efek yang menyajikan perpindahan dari satu scene ke scene lain dengan teknik pergerakan kamera yang unik.

Selain lebih asyik ditonton, pesan yang disampaikan pun akan menjadi lebih kuat jika transisi video dibuat secara tepat dan menarik. Nah! Kalian bisa menyimak tiga jurus untuk membuat video transisi dari content creator Aries Lukman, biar video kalian bisa lebih banyak ditonton di SnackVideo.

Transisi whip pan dengan gerakan kamera yang cepat

Trik membuat efek transisi menarik yang pertama yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan transisi whip pan atau biasa dikenal dengan sebutan panning nyabet. Efek transisi yang satu ini biasanya melibatkan dua shots dalam satu video pendek.

Untuk menjadikan efek transisi video yang kalian buat semakin menarik dan enak ditonton, kalian bisa gunakan teknik atau trik ini. Caranya, pertama-tama kalian bisa membuat shot pertama berupa gerakan kamera secara cepat ke kiri atau ke kanan saat ingin melakukan transisi.

Selanjutnya, kalian bisa membuat shot yang kedua, dimulai dengan menggerakkan kamera secara cepat sesuai dengan arah shot pertama. Gerakan kamera secara cepat tersebut dapat menghasilkan efek blur yang bisa dijadikan transisi menuju scene berikutnya. Kalian bisa melihat cuplikan penjelasan dari konten kreator Aries Lukman di sini.

Transisi nutupin kamera untuk memberi ‘kejutan’ ke penonton

Selanjutnya, ada satu cara unik yang termasuk sebagai jurus membuat efek transisi menarik di konten video pendek yang kalian sedang buat, yaitu dengan nutupin kamera. Efek transisi ini mampu memberi kesan ‘kejutan’ bagi penonton video nantinya.

Setidaknya ada dua shot yang harus kalian buat dengan teknik yang satu ini. Shot pertama dilakukan sebelum efek transisi. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menutupi lensa kamera yang sedang digunakan. Untuk menutupinya, kalian bisa menggunakan tangan, tas, kaos, buku atau benda apapun yang ada di sekitar kalian.

Efek transisi akan terlihat pada shot kedua yaitu saat kalian membuka lensa kamera yang tertutup dan menampilkan sesuatu yang berbeda dari scene sebelumnya. Penasaran ingin mempelajari efek transisi ini, kalian bisa mempelajarinya secara lengkap dengan melihat cuplikan video di sini.

Transisi numpang lewat dengan memanfaatkan area sekitarmu

Efek transisi menarik di video pendek selanjutnya yang dapat kalian buat dengan menggunakan teknik numpang lewat. Sama seperti teknik sebelumnya, efek transisi ini juga melibatkan dua shot yang akan bikin video kalian semakin unik dan disukai penonton.

Teknik ini diawali dengan membuat shot pertama berupa gerakan kamera melewati sesuatu sebelum melakukan transisi. Ingatlah untuk memastikan latar depannya dekat dengan lensa. Kemudian, shot kedua yaitu menggerakan kamera dari sesuatu yang gelap memasuki scene berikutnya. Penjelasan lebih lengkap, klik tautan ini.

Nah, itulah 3 tips membuat efek transisi menarik untuk konten video pendek kalian di SnackVideo. Tentu saja, teknik-teknik transisi mudah dan sederhana seperti di atas bisa bikin konten kalian semakin menarik. Sekarang saatnya kalian mencoba berkreasi dan ciptakan konten sendiri. Selamat mencoba!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer