Connect with us
UX8402
Review

Review Zenbook Pro 16X OLED UX7602: Laptop Khusus Creator Serius

ASUS menghadirkan banyak sekali laptop di lini Creator Series, salah satunya adalah Zenbook Pro 16X OLED UX7602, yang juga sudah hadir di pasar Indonesia.

Updated

Content creator. Ya! Kata yang satu ini sekarang sangat marak disebut di mana-mana. Pandemi COVID 19 yang mulai perlahan-lahan berlalu telah menciptakan segmen pengguna baru, mereka yang getol untuk membuat konten a.k.a content creator.

Seperti diketahui, pandemi memaksa orang bekerja dari rumah, apapun jenis profesi mereka sebelumnya, membuat mereka harus produktif berkreasi. Apalagi yang sebelumnya bekerja sebagai fotografer, designer, video editor, creative director dan seterusnya, mereka tidak lagi bekerja di kantor.

Bekerja di rumah atau di café, dengan PC desktop bertenaga, atau dengan laptop yang powerful merupakan kewajiban. Di sisi lain, Tiktok, Instagram Reels, belum lagi YouTube Shorts juga semakin menggila popularitasnya. Semua orang yang pegang smartphone kini merupakan content creator.

Namun, bagi mereka yang ingin serius tentu membutuhkan perangkat kerja yang juga bukan main-main. Inilah alasan ASUS menghadirkan banyak sekali laptop di lini Creator Series, salah satunya adalah Zenbook Pro 16X OLED UX7602, yang juga sudah hadir di pasar Indonesia.

Dibekali ASUS Dial Fisik untuk Produktivitas Lebih

ASUS Zenbook Pro 16X OLED UX7602 merupakan salah satu laptop yang masuk ke dalam lini Creator Series dari segmen Zenbook dan telah dipasarkan oleh ASUS di pasar Indonesia. Pada segmen yang sama, ASUS juga punya Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402.

Jika Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402 punya dua layar dan terdapat fitur ASUS Control Center lewat ASUS ScreenPad Plus yang bisa digunakan oleh para creator berbasis Adobe Creative Suite, ASUS Zenbook Pro 16X OLED UX7602 mengambil pendekatan yang bereda.

Ya! Zenbook Pro 16X OLED UX7602 dirancang oleh ASUS dengan menawarkan ASUS Dial dalam bentuk fisik yang sangat berguna bagi para pemakai software Adobe. ASUS Dial sendiri sebelumnya sudah hadir dalam sejumlah produk laptop ASUS Creator Series, tetapi dalam bentuk soft touch.

Bedanya, ASUS Dial yang sebelumnya hadir dalam bentuk soft touch bisa dinyala-matikan di area touchpad. Sementara, ASUS Dial yang dimuat oleh ASUS ke dalam di Zenbook Pro 16X OLED UX7602 ini berbentuk fisik dan diletakkan di luar touchpad.

Saat bekerja dengan software Adobe seperti Photoshop, Premiere, Lightroom dan sebagainya, pengguna Zenbook Pro 16X OLED UX7602 dapat melakukan editing dan adjusting menggunakan kenop ASUS Dial fisik yang tersedia di area palmrest.

Dengan ASUS Dial, pengguna bisa lebih mudah saat bekerja tanpa harus menggunakan shortcut di keyboard atau banyak menggerakkan cursor mouse. Memilih warna, mengatur opacity, mengubah brush size dan lain-lain tidak perlu klik, cukup putar tombol sampai ditemukan setting yang tepat.

Kinerja Maksimal untuk Creator

Saat bekerja dan setelah menyelesaikan project atau melakukan rendering, pengguna tentunya butuh perangkat kerja yang bertenaga. Untuk itu, ASUS juga memuat konfigurasi hardware yang lebih dari cukup untuk pekerjaan seorang content creator.

Sebut saja, untuk sektor dapur pacunya, ASUS tidak menancapkan CPU kelas tanggung. Di dalam bodi Zenbook Pro 16X OLED UX7602 ASUS telah menyematkan Intel Core i9-12900H. Ya! Prosesor H Series, yang sama seperti yang ada pada kebanyakan laptop gaming besutan ASUS.

Untuk kalian yang belum tahu, Intel Core i9-12900H yang menawarkan 6 performance core dan 8 efficient core ini sanggup menjalankan 20 thread dalam satu waktu. Dengan cache besar berukuran 24 MB dan kecepatan turbo yang bisa menembus 5 GHz. Jelas, ini jadi prosesor terkencang.

Intel Core i9-12900H juga tidak bekerja sendiri di dalam bodi Zenbook Pro 16X OLED UX7602. Prosesor sekencang itu ditemani RAM 32 GB dengan jenis DDR5-5200 dan penyimpanan data alias storage berbasis M.2 NVMe PCIe 4.0 Performance SSD dengan kapasitas 2 TB.

Melengkapi prosesor, RAM dan penyimpanan data yang kencang dan lega, ASUS juga menyematkan  chip grafis alias GPU yang sangat memadai untuk kebutuhan content creator. Ya! Di dalam Zenbook Pro 16X OLED UX7602, ASUS telah menyematkan NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060.

Menariknya, chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060 yang dibenamkan oleh ASUS ke dalam laptop ini memiliki TGP hingga 95W serta 6 GB GDDR6 VRAM yang tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna, terutama saat proses editing dan rendering.

Bukan hanya dari sisi hardware saja, ASUS juga mengombinasikan chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060 tersebut dengan NVIDIA GeForce Studio Driver yang lebih cocok digunakan oleh pengguna di segmen yang dituju. Artinya, kombinasinya sudah sangat solid untuk content creator.

Jika melihat dukungan hardware yang disematkan, terutama dari sisi performa CPU, memang tak perlu diragukan lagi. Prosesor 14 core dengan 20 thread yang dibenamkan ke dalam laptop ini sanggup menjalankan aplikasi produktif, khususnya aplikasi yang bisa memanfaatkan multi-core.

Bagaimana dengan performa grafisnya? Meskipun dari seri Zenbook, namun karena laptop ini ditujukan untuk content creator, grafis yang dipasangkan di laptop ini terbilang mumpuni. Terbukti saat Zenbook Pro 16X OLED UX7602 menjalankan aplikasi grafis berat, hasil unjuk kerjanya terlihat sangat baik.

Begitu juga dari sektor penyimpanan yang dimuat oleh ASUS ke dalam laptop ini. Berbasis SSD M.2 NVMe PCIe 4.0 memperlihatkan kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi. SSD 2 TB tersebut menawarkan lebih dari 7000 MBps untuk kecepatan baca dan di atas 5000 MBps untuk kecepatan tulis.

Desain dan Pendinginan Maksimal

Memang tidak main-main, Zenbook Pro 16X OLED yang dikembangkan oleh ASUS untuk content cretor menggunakan komponen performa tinggi. Untuk itu, juga diperlukan sistem pendinginan yang efektif untuk mencapai potensi maksimal. Untuk itu, ASUS menghadirkan cooling terbaik di dalam laptop ini.

Ini dimulai dengan sistem pendingin ASUS IceCool Pro yang menggunakan dua kipas IceBlades yang hening. Masing-masing kipas memiliki 97 bilah berbentuk 3D melengkung. Dua kipas tersebut sanggup untuk mendinginkan 3D vapor chamber dan heat pipe berukuran 5 mm dari CPU dan GPU.

Sistem pendingin ini juga mampu mengalirkan udara panas secara efisien ke eksterior melalui mekanisme AAS Ultra baru yang mengangkat keyboard hingga 14,5 mm saat digunakan dan mampu menghantarkan 30% lebih banyak aliran udara dibanding sebelumnya.

Hasilnya, CPU dan GPU dapat berjalan hingga TDP gabungan 140W dalam mode Performa, dan dapat berjalan lebih hening dari 40 dB dalam mode Standar. Terbukti, saat menjalankan uji coba kestabilan, hasilnya mencapai 99% dari minimal 97% sebagai syarat lolos Stress Test.

Layar Sempurna dengan ASUS OLED

Seperti telah disebutkan berkali-kali di atas, ASUS merancang Zenbook Pro 16X OLED UX7602 ditujukan untuk mendukung kebutuhan content creator. Untuk itu, ASUS melengkapi laptot tersebut dengan panel layar terbaik, yakni layar ASUS OLED.

Sesuai namanya, Zenbook Pro 16X, layar yang digunakan adalah panel OLED dengan ukuran 16 inci. Punya ukuran layar seperti itu, tentu saja ini sangat ideal digunakan oleh para content creator professional. Tidak terlalu keci seperti layar 14 inci, dan tidak terlalu besar seperti layar 17 inci.

Menariknya lagi, layar tersebut juga menawarkan aspect ratio 16:10 yang lebih luas dibandingkan dengan layar yang memiliki aspect ratio 16:9. Tambahan space di bagian atas dan bawah layar membuat pengguna bisa lebih leluasa menempatkan tools, preview dan lain-lain di area workspace.

Resolusi layar yang digunakan pun bukan kaleng-kaleng. ASUS menggunakan panel resolusi 4K 3840 x 2400 yang juga merupakan layar sentuh dan mendukung stylus. Panel layar OLED-nya sendiri juga mendukung response time yang sangat cepat, yakni 0,2 milidetik dengan refresh rate 60Hz.

Selain itu, layarnya ini juga punya tingkat kecerahan HDR hingga 550 nits. Adapun untuk akurasi warna, ASUS telah melengkapinya dengan color gamut 100% DCI-P3, VESA Certified Display HDR True Black 500, PANTONE Validated dengan 1,07 miliar warna yang bisa ditampilkan.

Tentu saja, dengan dukungan layar yang sempurna seperti itu, pengguna Zenbook Pro 16X OLED UX7602 bisa memastikan apapun yang ia butuhkan, akan dapat ditampilkan dengan akurat di layar dan akan sesuai dengan hasilnya saat sudah finishing ke produk akhir.

Kesimpulan

Zenbook Pro 16X OLED UX7602 memang bukan ditujukan untuk semua orang yang memiliki kebutuhan berbeda-beda akan sebuah perangkat komputasi. Tapi tak bisa dipungkiri, ASUS Zenbook Pro 16X OLED UX7602 memberikan segala-galanya yang didambakan oleh para content cretor serius.

Mulai dari performa tertinggi, layar terbaik dan juga layar berkualitas maksimal akan membuat penggunanya sangat dimudahkan saat membuat konten. Laptop ini semakin sempurna dengan hadirnya ASUS Dial fisik. Ya! Para pengguna Adobe Creative Cloud akan semakin dimanjakan. Percayalah.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer