Connect with us
UX581
Review

Review Xiaomi Mi 6: Penantang iPhone 7 Plus

Updated

Tidak perlu waktu lama bagi Xiaomi untuk ikutan bertarung di segmen smartphone flagship. Xiaomi menciptakan Mi 6 sebagai jawaban lahirnya sederet smartphone keren seperti LG G6, Huawei P10, hingg Samsung Galaxy S8. Seperti biasa, banderol Mi 6 adalah yang paling murah.

Kelebihan

Kecil dan berwarna. Xiaomi Mi 6 bakal jadi dambaan pengguna yang memiliki tangan kecil. Smartphone ini membawa layar 5,15 inci yang tentunya bisa memanjakan kantong baju maupun celana jeans sekalipun.

Selain itu, Xiaomi Mi 6 punya varian warna biru yang terlihat nyentrik. Tapi kalau ingin lebih netral, ada pilihan warna hitam dan putih. Bodi belakang Mi 6 yang terbuat dari kaca (versi standar) atau keramik (versi spesial) juga membuat bodi belakangnya berkilau, lebih mewah.

Performa jempolan. Mi 6 menjadi smartphone asal Cina pertama yang berhasil menggunakan chipset tertinggi Qualcomm, yakni Snapdragon 835. Belum lagi ada kapasitas RAM 6 GB. Praktis performanya patut diapresiasi dua jempol.

Pada benchmark AnTuTu, skor yang diraih mencapai 180 ribu poin, termasuk yang tertinggi di platform Android. Performa real-world untuk bermain game-nya pun sangat ajib. Bahkan saat kami bandingkan dengan Samsung Galaxy S8 versi Exynos, performa Mi 6 lebih unggul. Hal ini dikarenakan Snapdragon 835 yang memang lebih jitu, setidaknya untuk saat ini.

Baterai mumpuni. Pertanyaan yang kerap muncul di balik performa yang lancar adalah soal kemampuan baterai. Pada Mi 6, Xiaomi berhasil menyematkan baterai 3.350 mAh di dalam bodinya yang kecil.

Untuk penggunaan harian, Mi 6 rata-rata menorehkan catatan screen-on-time lima jam ke atas yang artinya sudah mencukupi. Kalau pun baterainya terasa cepat habis karena penggunaan ekstra, kita bisa mengisi dengan cepat (total 100 menit) berkat fitur Quick Charge.

Kamera sekelas iPhone 7 Plus. Hal yang tidak kami sangka-sangka dari Mi 6 adalah sektor kamera. Kami tidak yakin kalau Mi 6 bakal bisa memotret sebagus smartphone dual-camera seperti Huawei P10 atau iPhone 7 Plus.

Mi 6 membawa dua kamera, satu lensa biasa dengan aperture f/1.8, OIS, dan PDAF, satu lagi lensa telephoto (2x optical zoom) dengan aperture f/2.6. Tidak ketinggalan, ada pula mode portrait untuk memotret bokeh dengan syarat kondisi cahaya memadai dan jarak Anda dengan objek mencukupi. Hasil jepretan kameranya ternyata memuaskan.

Tahan cipratan air. Xiaomi belum bisa membuat smartphone tahan air sepenuhnya. Tapi setidaknya Mi 6 sudah membawa fitur splash resistant tahan cipratan air. Jadi Mi 6 seharusnya bakal aman jika terkena hujan, selama tidak terendam air.

Speaker stereo. Hobi streaming video atau main game? Anda bakal dimanjakan dengan speaker stereo pada Mi 6. Lubang speaker-nya masing-masing ada di bagian bawah dekat port USB C dan di sisi atas menyatu dengan earpiece. Meski bukan yang terbaik, kualitas loudspeaker-nya cukup memuaskan.

Kekurangan

Bodi gampang kotor dan baret. Dengan bodinya yang berkilau, terutama untuk varian berwarna biru, Xiaomi Mi 6 ternyata gampang baret halus. Kami mendapati adanya baret-baret halus pada bodinya setelah pemakaian hampir seminggu.

Jadi kalau Anda berniat membeli Mi 6, kami sangat menyarankan untuk membeli versi keramik saja karena lebih tahan baret. Satu hal yang patut diketahui yakni bodi Mi 6 ternyata cukup licin di tangan.

Tanpa jack audio. Baterai besar dan fitur splash resistant yang dibawa Mi 6 harus dibayar mahal dengan ketiadaan jack audio. Terkesan memaksakan dan ikut-ikutan memang. Kalau tetap mau menggunakan headset dengan jack 3,5 mm, Xiaomi menyertakan konverter pada paket penjualannya.

ROM masih perlu perbaikan. Satu lagi keluhan kami soal Mi 6 adalah ROM-nya. Karena Mi 6 saat ini hanya dijual terbatas di Cina, maka ROM yang disediakan pun masih versi Cina, belum ada versi global. Jadi untuk bisa merasakan pengalaman terbaik Android, kita harus menunggu ROM global.

Kesimpulan

Dibanderol sekitar Rp7 jutaan (pasaran harga di Indonesia), Xiaomi Mi 6 adalah smartphone flagship yang sangat mampu merusak dominasi merek terkenal seperti LG G6 atau Samsung Galaxy S8. Mi 6 memiliki performa tercepat serta kamera yang tidak kalah dari flagship iPhone 7 Plus.

Video review

Galeri foto Xiaomi Mi 6

[hybrid_gallery_grid ids=”21175,21176,21183,21184,21177,21178,21179,21180,21181,21182″ layout=”metro” metro_style=”2″ size=”equal” ratio_w=”1″ ratio_h=”1″ cols=”4″ rowheight=”240″ max_rowheight=”-1″ lastrow=”nojustify” gap_x=”10″ gap_y=”10″ formats=”false” color=”#b90000″ img_hover=”false” img_filter=”false” style=”1″ meta_title=”false” meta_descr=”false” click_action=”lb” link_tg=”same” buttons=”true” lightbox=”cb” pagination=”false” pg_type=”more” pg_ajax=”false” pg_posts=”10″ filter=”false” animation=”bounce” preloader=”1″ ct_w_vl=”100″ ct_w_un=”pc” ct_align=”none” custom_class=”” custom_id=”” res=”{#1024#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#800#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#768#:{#w#:#auto#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#auto#,#align#:#auto#},#600#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#},#480#:{#w#:#custom#,#w_vl#:#100#,#w_un#:#pc#,#cols#:#2#,#align#:#left#}}”]

ROGP2
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP14 hours ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 10 Lite

Tidak hanya memperkenalkan Mi 10 dan Mi 10 Pro di pasar Eropa, Xiaomi juga memberikan kejutan dengan memperkenalkan Mi 10...

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi Huawei P40 Pro+

Menggebrak pasar smartphone "flagship premium", Huawei memperkenalkan Huawei P40 Pro+. Smartphone yang punya lima kamera dan ditenagai Kirin 990 5G...

Harga HP7 days ago
Harga dan Spesifkasi realme 6 Pro

realme secara resmi juga memperkenalkan realme 6 Pro di pasar Indonesia. Membawa tagline "6 Cameras. Pro Display", smartphone ini telah...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi realme 6

realme menepati janjinya untuk memperkenalkan realme 6 Series di pasar Indonesia. Salah satu model realme 6 Series yang diperkenalkan adalah...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A91 Versi Pasar Indonesia

OPPO secara mengejutkan kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia. Ya! Pabrikan smartphone ini baru saja memboyong OPPO A91 ke pasar...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Nokia 8.3 5G

HMD Global secara resmi sudah memperkenalkan smartphone barunya, Nokia 8.3 5G. Ya! Ditenagai Snapdragon 765G yang terintegrasi dengan modem 5G,...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesfikasi OPPO Reno3

OPPO secara resmi telah meluncurkan OPPO Reno3 di pasar Indonesia. Datang dengan dukungan chipset Helio P90 dari MediaTek, smartphone ini...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A11

Samsung diam-diam telah memperkenalkan smartphone entry-level terbarunya, Samsung Galaxy A11. Ya! Smartphone ini datang dengan dukungan tiga kamera di bagian...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!