Connect with us
M3400_AMD
Review

Review Xiaomi 11T: Lebih Bertenaga Berkat MediaTek Dimensity 1200-Ultra

Xiaomi kembali menggebrak pasar smartphone unggulan di Indonesia dengan menghadirkan Xiaomi 11T. Smartphone ini lebih bertenaga berkat dukungan MediaTek Dimensity 1200-Ultra.

Updated

Di pasar Indonesia, Xiaomi adalah pabrikan smartphone yang getol menelurkan perangkat baru. Seperti yang sudah kita tahu bersama, pada awal bulan November 2021 lalu Xiaomi kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan smartphone terbarunya, seri Xiaomi 11T.

Ada dua model yang diluncurkan, yakni Xiaomi 11T dan 11T Pro. Keduanya melengkapi jajaran seri Xiaomi 11 yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia, seperti Xiaomi 11, 11 Lite dan 11 Ultra. Datang sebagai smartphone flagship, tentunya semua perangkat tersebut mampu menarik perhatian para penggemar gadget di Tanah Air.

Tidak terkecuali, Xiaomi 11T yang langsung meluncur ke meja review Droidlime setelah resmi diluncurkan di Indonesia. Ya! Droidlime berkesempatan menggali lebih dalam smartphone yang dibanderol seharga Rp6 juta ini. Mulai dari performa, desain hingga dukungan kamera yang disematkan akan dibedah secara jujur.

Ditenagai MediaTek Dimensity 1200-Ultra

Di atas kertas, Xiaomi 11T masuk ke dalam kelas smartphone unggulan alias flagship di tahun 2021. Menariknya lagi, Xiaomi 11T telah mendukung jaringan 5G. Sebagai motor penggerak, Xiaomi mengandalkan chipset Dimensity 1200-Ultra dari MediaTek.

MediaTek Dimensity 1200-Ultra ini punya delapan core, yang terdiri dari satu ultra-core Cortex A78 up to 3 GHz, tiga super-core Cortex A78 up to 2,6 GHz, dan empat core Cortex A55 up to 2 GHz. Chipset ini juga terintegrasi dengan GPU Mali G77 MC9. Dan Dimensity- 1200 Ultra adalah chipset tertinggi alias premium dari MediaTek untuk saat ini.

Disokong dengan chipset premium, sudah sepatutnya Xiaomi 11T mampu melibas game-ame berat yang saat ini populer dimainkan oleh banyak orang, benarkah begitu? Droidlime mencoba memainkan game Genshin Impact yang dikembangkan oleh Mihoyo.

Dipakai untuk bermain Genshin Impact beberapa menit, fps-nya terlihat cukup stabil. Tak hanya itu, Droidlime juga menggunakan Xiaomi 11T dengan SoC Dimensity 1200-Ultra untuk bermain game PUBG Mobile. Game ini nyaman dimainkan walaupun dengan konfigurasi “rata” kanan.

Semakin penasaran dengan performa MediaTek Dimensity 1200-Ultra yang duduk manis di dalam bodi Xiaomi 11T, Droidlme pun melakukan benchmark dengan aplikasi AnTuTu. Skor yang dihasilkan mencapai 570 ribuan poin. Dengan Geekbench 5, skornya adalah 812 (Single-core) dan 2.782 (Multi-core).

Tak ketinggalan, Droidlime juga mencoba “stress test” menggunakan aplikasi 3DMark. Nah dari sini kita pun bisa tahu bahwa Dimensity 1200- Ultra termasuk chipset idaman. Tak hanya hanya kencang, tetapi juga tidak menimbulkan panas berlebih dan hemat baterai.

Ya! Hasil pengujian menunjukkan bahwa suhu full load-nya terbilang aman, yakni hanya 47 derajat Celcius, dibanding misalnya pesaingnya yang bisa mencapai 55 derajat Celcius. Karena chipset ini tidak mudah menimbulkan panas, otomatis performanya pun bisa stabil.

Diuji 20 kali running tes grafis menggunakan 3DMark dengan pilihan Wild Life dapet stability 97,1%. Sementara, dengan pilihan Extreme, stability-nya mencapai 87% dengan suhu 35 sampe 47 derajat Celcius. Ini artinya, MediaTek Dimensity 1200-Ultra memang bisa dikatakan sebagai chipset yang stabil.

Selain itu, karena chipset buatan MediaTek ini punya performa kelas atas yang mampu mengimbangi kompetitornya, seperti Snapdragon 800 Series. Tetapi, dengan tenaga yang bisa dibilang efisien, hal ini sangat berpengaruh ke battery life yang bisa bertahan lebih lama.

Berbicara catu daya, Xiaomi 11T telah dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dalam pengujian, SOT yang dihasilkan mencapai 7 jam dengan pemakaian aktif lebih dari 15 jam. Tentu saja, itu sebuah angka yang cukup menggembirakan bagi mereka yang khawatir dengan persoalan baterai.

Pada intinya, Xiaomi 11T yang telah dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh bisa menemani aktivitas kalian selama seharian, mulai dari bermain game, berselancar di internet dan nonton film. Jika baterainya habis, pengisiannya pun bisa berlangsung cepat berkat charger 67W yang disediakan oleh Xiaomi dalam paket penjualan.

Halaman ke: 1 2 3 4

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer