Connect with us
FX507Z
Review

Review Vivobook 14X (K3405VF): Laptop Bertenaga Tak Harus Mahal

Vivobook 14X (K3405VF) adalah laptop modern yang telah dibekali hardware generasi terkini yang powerful dan ditujukan untuk para kreator pemula.

Updated

Semua orang pasti ingin memiliki laptop yang bertenaga. Sayangnya laptop dengan performa kencang biasanya ada di segmen perangkat premium sehingga sebagian besar dibanderol dengan harga yang tinggi. Lantas apakah ada sebuah laptop dengan performa kencang yang terjangkau?

Itulah yang ingin dijawab oleh ASUS dengan Vivobook 14X (K3405VF). Ini merupakan salah satu seri laptop mainstream dari ASUS yang cukup unik. Vivobook 14X (K3405VF) adalah laptop modern yang telah dibekali hardware generasi terkini yang powerful dan ditujukan untuk para kreator pemula.

Selain itu, yang membuatnya sangat menarik adalah banderol harganya yang tergolong terjangkau untuk laptop di kelasnya. Bagaimana Vivobook 14X (K3405VF) bisa tampil sebagai laptop bertenaga dan harga terjangkau? Jadi, baca ulasan ini hingga selesai!

Ditenagai Prosesor 13th Gen Intel® Core™

Vivobook 14X (K3405VF) telah dibekali prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series. Ini merupakan salah satu prosesor laptop yang paling canggih dan powerful saat ini. Intel telah merancang prosesor tersebut dengan arsitektur hybrid yang menggabungkan performa tinggi dan efisiensi energi.

Salah satu keunggulan utama dari 13th Gen Intel® Core™ H-Series adalah arsitektur hybrid-nya yang memungkinkan prosesor untuk secara dinamis memilih antara CPU core yang berfokus pada efisiensi (E-core) atau performa (P-core), tergantung pada kebutuhan komputasinya.

Dengan demikian, Vivobook 14X (K3405VF) ini tidak hanya powerful, tetapi juga efisien dari segi konsumsi energi. Dalam pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test, laptop ini bahkan bisa bertahan lebih dari 10 jam saat digunakan untuk memutar video.

Biasanya prosesor ini lebih sering ditemukan di laptop gaming, karena performa tinggi sangat dibutuhkan untuk menghadirkan pengalaman gaming yang optimal. Karena itu, kehadiran prosesor ini di Vivobook 14X (K3405VF) menjadikan laptop ini sebagai salah satu pilihan yang sangat menarik.

Selain performa tinggi, prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series juga sudah dibekali berbagai fitur modern yang membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk berbagai kebutuhan komputasi. Salah satu fitur tersebut adalah Intel Thread Director.

Bagi kalian yang belum tahu, Intel Thread Director merupakan sebuah fitur yang mampu mengoptimalkan alokasi tugas antar core prosesor. Ini Memastikan bahwa setiap tugas dijalankan di core yang paling sesuai untuk itu (P-core atau E-core).

Menariknya lagi, prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-Series juga sudah mendukung chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe. Ya! Dukungan Intel Iris Xe menawarkan performa grafis mumpuni untuk berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berselancar di dunia maya hingga menikmati video streaming.

Sudah Dibekali Chip Grafis Kelas Gaming

Vivobook 14X (K3405VF) juga membawa peningkatan signifikan dengan memasukkan GeForce® RTX™ 2050,. Ini adalah sebuah chip grafis yang lebih dikenal untuk kemampuannya dalam gaming.
GeForce® RTX™ 2050 memungkinkan laptop ini untuk menangani game-game modern dengan lancar.

Berikut adalah hasil benchmark-nya.

Chip grafis GeForce® RTX™ 2050 tidak hanya unggul dalam hal gaming, tetapi juga dalam berbagai aplikasi kreatif yang membutuhkan komputasi grafis yang kuat. Jika kalian tertarik pada bidang video atau desain grafis, kalian akan merasakan performa kerja yang sangat baik di laptop ini.

Adobe Premiere Pro, Autodesk Maya, dan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Ini memungkinkan kalian bisa lebih fokus pada proses kreatif daripada menunggu rendering atau loading. Kelebihan lain dari GeForce® RTX™ 2050 adalah dukungannya terhadap berbagai teknologi grafis modern.

Fitur seperti DLSS 2.0 (Deep Learning Super Sampling) memungkinkan peningkatan performa grafis dan kualitas gambar, terutama dalam pengaturan yang membutuhkan resolusi tinggi. Selain itu, RTX Real-Time Ray-Tracing memastikan efek visual yang lebih realistis dalam game atau simulasi.

Tangguh Berkat Sertifikasi US Military Grade

Vivobook 14X (K3405VF) merupakan laptop modern yang didesain tangguh. Ini dibuktikan dengan sertifikasi US Military Grade MIL-STD-810H yang diterima oleh Vivobook 14X (K3405VF). Sertifikasi US Military Grade ini sendiri adalah standar ketahanan militer yang diakui secara internasional.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, laptop harus melewati serangkaian tes ketat yang meliputi uji terhadap tahan guncangan, suhu ekstrim, kelembaban, dan banyak lagi. Dengan sertifikasi US Military Grade, Vivobook 14X (K3405VF) membuktikan bahwa ini adalah laptop yang andal dan tangguh.

Ya! Keandalan dan ketangguhan yang dimiliki oleh Vivobook 14X (K3405VF) menjadikan laptop ini cocok untuk kalian yang sering bekerja di lingkungan yang menuntut atau sering berpindah tempat. Tidak hanya tahan banting, laptop ini juga dirancang dengan desain modern dan durabilitas tinggi.

Selain ketahanan fisik, salah satu perhatian utama pengguna laptop adalah kebersihan. Menyadari hal ini, ASUS telah melengkapi Vivobook 14X (K3405VF) dengan fitur ASUS Antibacterial Guard. Ini adalah lapisan khusus yang diterapkan pada bodi laptop, termasuk pada keyboard dan touchpad.

Berkat fitur ASUS Antibacterial Guard yang disematkan ke bodi, keyboard dan touchpad, ini sangat efektif untuk mencegah perkembangan bakteri. Fitur ini pun telah diakui secara internasional dan sangat berguna, terutama di era pandemi seperti saat ini.

Dibanjiri Beragam Fitur Modern

Vivobook 14X (K3405VF) mengerti bahwa desain dan performa harus berjalan seiringan untuk memenuhi tuntutan pengguna modern. Laptop ini dirancang dengan fokus pada kebutuhan komputasi yang semakin kompleks, baik itu multitasking, rendering video, hingga gaming.

Dengan bodi yang ramping dan dibalut materaial premium, laptop ini tidak hanya mudah untuk dibawa kemanapun, tetapi juga cukup kuat untuk menangani berbagai tugas komputasi. Salah satu poin yang membuat Vivobook 14X (K3405VF) istimewa adalah penggunaan NVMe PCIe SSD.

Dibandingkan dengan HDD atau SSD SATA, NVMe PCIe SSD tentunya menawarkan kecepatan baca-tulis yang jauh lebih tinggi. Ini berarti bahwa kalian bisa mem-boot sistem, memuat aplikasi, dan mentransfer data dengan kecepatan yang sangat cepat.

Dalam era yang sangat bergantung pada koneksi internet, fitur WiFi 6 pada Vivobook 14X (K3405VF) adalah sebuah keunggulan yang sangat berarti. WiFi 6 tidak hanya menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat, tetapi juga lebih efisien dalam mengelola banyak perangkat dalam jaringan yang sama.

Jelas, fitur tersebut sangat membantu bagi mereka yang sering melakukan video conferencing atau streaming. Sementara, port USB Type-C pada Vivobook 14X (K3405VF) bukan hanya sekadar port untuk transfer data, tetapi port ini juga mendukung untuk pengisian daya.

Berkat port USB Type-C, ini memungkinkan kalian untuk mengisi baterai laptop dengan lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu, fitur tersebut sangat berguna untuk mereka yang sering bepergian dan membutuhkan solusi pengisian daya yang fleksibel.

Tidak berhenti pada fitur-fitur modern yang sudah ada, Vivobook 14X (K3405VF) juga menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin meningkatkan performa laptop mereka. Dukungan RAM dan penyimpanan pada laptop ini dirancang agar bisa di-upgrade.

Keuntungannya, hal itu memberi keleluasaan bagi pengguna Vivobook 14X (K3405VF) untuk menambah RAM atau kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan mereka, dan membuat laptop ini tetap relevan seiring dengan perkembangan kebutuhan komputasi.

Laptop Andalan untuk Mulai Berkarya

Vivobook 14X (K3405VF) memiliki banyak sekali keunggulan, mulai dari ditenagai hardware generasi terbaru, memiliki desain yang tangguh, dilengkapi lapisan anti-bakteri, bahkan sudah punya berbagai fitur modern yang dapat membuat penggunanya lebih produktif.

Performanya yang powerful juga membuat laptop ini dapat diandalkan sebagai mesin untuk berkarya,
khususnya bagi para kreator muda. Apalagi jika melihat harganya yang cukup terjangkau. Ya! ASUS memasarkan Vivobook 14X (K3405VF) dengan harga Rp13.399.000. Bagimana menurut kalian?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer