Connect with us
FX516
Review

Review Samsung Galaxy Note 4

Updated

Samsung Galaxy Note 4 adalah salah satu jagoan Android yang dilengkapi aksesori stylus canggih bernama S-Pen. Versi keempat dari jajaran Galaxy Note milik Samsung ini dibekali kemampuan yang imbang di segala lini. Performa kencang, layar jernih, dan kamera super.

Kelebihan

Sangat cepat. Berbekal prosesor octa-core Exynos 5433 dengan kecepatan hingga 1,9 GHz, RAM 3 GB, GPU Mali T-760, dan storage 32 GB, Samsung Galaxy Note 4adalah salah satu rajanya Android. Tidak ada aplikasi dan game yang tersendat saat dijalankan pada Note 4. Saat di-benchmark, skor AnTuTu Benchmark v4.5.3 milik Galaxy Note 4 mencapai angka 44 ribu.

Baterai bisa dilepas dan ada slot microSD. Sangat jarang ditemui smartphone flagship (kelas atas) Android yang baterainya bisa dilepas, namun Note 4 adalah salah satunya. Dengan begitu, Anda bisa membeli dan mengganti baterainya sendiri apabila terjadi kerusakan baterai.

samsung-galaxy-note-4-img5

Keunggulan lainnya yang juga jarang dimiliki smartphone flagship Android adalah slot microSD. Samsung menyediakan sebuah slot microSD yang bisa menampung hingga kapasitas 128 GB. Anda tak akan pernah merasa kekurangan storage lagi.

Layar jernih dan speaker lantang. Samsung Galaxy Note 4 menggunakan layar Super AMOLED yang hemat daya. Layarnya memiliki pengaturan warna seingga Anda bisa menyesuaikan karakter warna layarnya yang pas untuk mata Anda. Layar Note 4 juga memiliki resolusi ekstra tinggi, yaitu 2.560 x 1.440 piksel dengan kerapatan layar 515 ppi.

samsung-galaxy-note-4-img3

Sementara pada sisi speaker, Galaxy Note 4 mampu menghasilkan suara yang memuaskan. Volume maksimal yang bisa dihasilkannya mampu melawan suara bising di keramaian.

Kamera sangat memuaskan. Di luar dugaan, kamera 16 MP milik Samsung Galaxy Note 4 memiliki kualitas jempolan. Bahkan menurut kami, kualitasnya lebih baik dibanding smartphone Android Samsung yang memang unggul pada sisi kamera, yaitu Galaxy K Zoom yang memiliki kamera 20,7 MP.

Tes-kamera-note-4-1

Kami juga pernah mengadu kemampuan kamera Note 4 melawan kamera iPhone 6 Plus dan Xperia Z3 Compact. Hasilnya, kamera Note 4 bisa mengungguli kedua smartphone itu di beberapa kondisi pemotretan. Hasil fotonya tajam dan warna yang dihasilkan pun sangat akurat. Kameranya juga bisa merekam video hingga resolusi 4K.

Lebih produktif dengan S-Pen. Tanpa S-Pen, Note 4 mungkin tak berbeda dari smartphone Android lainnya. Pasalnya, S-Pen memiliki beberapa peranan penting dimana Anda bisa melakukan beberapa hal dengan lebih mudah, seperti menulis dan menggambar untuk membuat catatan.

Dilengkapi sensor sidik jari. Di bagian belakang Galaxy Note 4, tepatnya di bawah kamera terdapat sensor sidik jari. Anda bisa menggunakannya untuk membuka lockscreen pada smartphone maupun menjadikannya sebagai alat trigger untuk memotret selfie.

Namun sebenarnya fungsi utama dari sensor tersebut yakni untuk membantu memantau kebugaran Anda. Dengan menempelkan ujung jari apa pun selama kurang lebih sepuluh detik, sensornya dapat mendeteksi detak jantung Anda. Tak hanya itu, Galaxy Note 4 juga bisa menghitung jumlah langkah Anda berjalan, menghitung kalori yang terbakar, bahkan mengetahui tingkat stress yang Anda alami. Semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi S-Health.

Kekurangan

UI boros RAM. Kami cukup kesulitan dalam menemukan kekurangan yang dimiliki Galaxy Note 4. Smartphone ini terasa begitu optimal dan lengkap. Namun pada akhirnya, kami menemui satu kekurangan yaitu user interface Samsung TouchWiz yang memakan kapasitas RAM sangat banyak.

Dengan total RAM 3 GB, sisa RAM yang tersisa rata-rata kurang dari 1 GB. Padahal, kami tidak menggunakannya untuk membuka dan menjalankan aplikasi apa pun.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Note 4 mutlak bisa disebut sebagai smartphone Android terbaik dan terlengkap. Note 4 memiliki segalanya untuk menjadikannya sebagai smartphone Android yang patut dibeli bagi mereka yang sangat mengutamakan performa dan fitur lengkap.

Harga HP Terbaru

Harga HP4 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer