Connect with us
UM3406
Review

Review realme 9i: Masih Dicekoki SoC Snapdragon 680, Kinerjanya?

realme kembali memperkaya jajaran realme Number Series dengan menghadirkan realme 9i, yang juga dicekoki dengan chipset Snapdragon 680.

Updated

Hands-on realme 9i

Tentu saja, waktu yang ditunggu-tunggu saat mereview sebuah smartphone adalah ketika kita memegang langsung perangkat tersebut. realme 9i memiliki bobot 190 gram, atau lebih berat 12 gram dari saudaranya, realme 9 4G. Sementara itu, ketebalannya 8,4 mm.

Ketika merasakan untuk memegang langsung, smartphone ini masih terasa begitu ringan dan ramping. Bahkan ketika kita masukkan ke dalam saku celana, juga masih terasa cukup nyaman. Seperti yang telah disebutkan, realme 9i yang mampir ke meja redaksi Droidlime adalah berwarna Biru Prisma atau Prism Blue.

Melanjutkan konsep desain realme 8i “Capture the Light” yang telah diperkenalkan oleh realme pada tahun lalu, realme 9i menghadirkan “Stereo Prism Design” pertama. Ya! Desain tersebut menghadirkan efek dinamis dari transformasi cahaya dan bayangan tiga dimensi.

Dikatakan bahwa realme 9i mengadopsi pemesinan presisi CNC 5-axis, dan setiap pemesinan membutuhkan waktu 96 jam, desain unik dari desain pemrosesan tepi dan sudut yang tidak sama. Setelah pemrosesan berulang, cetakan bertekstur memenuhi efek desain akhir dan berhasil memberikan desain berkualitas tinggi.

Cetakan tekstur yang dikerjakan memiliki lebih dari 3.000 kombinasi garis seperti prisma. Sudut dan kedalaman setiap garis berbeda. Tekstur prismatik dalam cahaya menunjukkan ritme seperti warna dan menawarkan nuansa visual “cahaya dalam gerakan”.

Setelah pengerjaan delapan lapisan optik dan lapisan jalur cahaya dengan pembiasan lapisan, dalam arti transparansi dan layering untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan. Sementara saturasi warnanya dibuat lebih tinggi, dengan kesan cahaya tingkat lanjut yang terlihat lebih jelas.

Punya pengerjaan desain yang begitu rumit, apakah bodi belakang smartphone ini mudah kotor? Ya! Itu yang dirasakan ketika kita memegang realme 9i dengan pilihan warna Biru Prisma. Apalagi jika tangan kita mudah berkeringat akan meninggalkan bekas sidik jari.

Tapi jangan khawartir! Kalian bisa melindungi bodi bagian belakang agar tidak mudah kotor dengan softcase transparan yang tersedia gratis dalam paket penjualannya. Jadi, saat dimasukkan ke dalam saku celana, bodi belakang smartphone tersebut juga dijamin aman dari gesekan.

Datang sebagai realme 9 Series yang paling belakangan, layar realme 9i hanya dibekali panel LCD, bukan Super AMOLED. Hanya saja, ukuran layarnya lebih luas, yakni 6,6 inci dengan resolusi FullHD+. Layar smartphone ini juga sudah dijelali refresh rate 90Hz, tingkat kecerahan hanya 480 nits dan proteksi Dragontrail Pro Glass.

Pada bagian belakang smartphone ini kita akan menemukan modul kamera berbentuk persegi yang ada di pojok kiri atas, dan sama seperti yang dimiliki oleh realme 9 4G. Penempatan tiga lensa masih disusun secara zigzag, hanya saja kini LED flash ditempatkan di atas kamera ketiga.

Tertulis pada modul kamera tersebut “Matrix AI Camera” dan realme menempatkan logo kebesarannya di pojok kiri bawah. Selain itu, sisi kiri dan kanan belakang realme 9 4G juga dibuat melengkung. Datang sebagai smartphone seharga Rp2 jutaan, bodi belakang realme 9i masih menggunakan material plastik polikarbonat.

Bergeser ke bagian sisi-sisinya, realme menempatkan tombol daya di sisi bagian sebelah kanan yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sementara, tombol volume bisa kalian temukan di sisi sebelah kiri perangkat, yang ditematkan sejajar dengan slot untuk kartu SIM dan microSD yang dedicated.

Sisi bagian atas hampir polos, realme hanya menempatkan sebuah lubang mikrofon. Sedangkan di sisi bagian bawah, realme menjejalinya dengan lubang audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB Type-C dan grill speaker. Sama seperti reame 9 4G, smartphone ini juga datang dengan single speaker.

Halaman ke: 1 2 3 4 5

Comments

Harga HP Terbaru

Berita4 weeks ago
Mengusung Banyak Fitur Keren, Berikut Spesifikasi Reno 12 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan smartphone dengan spek tinggi. Salah satunya adalah Oppo Reno 12 Pro 5G dengan performa yang bisa diandalkan....

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer