Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Review

Review realme 10: Ditenagai MediaTek Helio G99, Libas PUBG Mobile

Smartphone Number Series terbaru realme telah tiba, realme 10. Smartphone ini ditenagai chipset Helio G99 yang mampu melibas game-game populer, salah satunya PUBG Mobile.

Updated

realme yang menyebut dirinya dekat dengan anak muda, adalah pabrikan smartphone yang getol menelurkan smartphone baru. Nah! Untuk anak muda di Indonesia, realme baru saja merilis smartphone Number Series terbarunya, realme 10.

Tak diragukan lagi bahwa kehadiran realme 10 di Indonesia adalah penerus realme 9 4G yang diluncurkan di Indonesia oleh realme pada pertengahan bulan April 2022. Seperti yang kita tahu bahwa realme Number Series adalah smartphone yang menyasar konsumen kelas menengah.

Ya! Begitu juga dengan realme 10, yang memang dihadirkan oleh realme di bulan November ini sebagai jawaban atas permintaan para penggemarnya, realme Fans di Indonesia. Lalu, seperti apa desain dan kinerja smartphone kelas menengah ini? Baca hingga selesai ulasan reviewnya.

Ditenagai MediaTek Helio G99

Sebelum kita membahas sektor desain yang ditawarkan oleh realme 10, ada baiknya kita langsung masuk ke dalam bodinya. Ya! realme membekali realme 10 dengan chipset Helio G99 dari MediaTek. Ini berbeda dengan realme 9 4G yang ditenagai oleh Snapdragon 680 dari Qualcomm.

Meski begitu, baik Helio G99 maupun Snapdragon 680, kedua chipset tersebut dikembangkan dengan fabrikasi yang sama, yakni 6nm. Selain itu, keduanya juga masih membawa teknologi jaringan yang sama, yakni 4G. Hanya saja, keduanya memiliki arsitektur CPU yang berbeda.

Helio G99 yang juga mengadopsi CPU Octa-core memiliki konfigurasi 2 x Cortex-A76 dengan clock speed 2,2GHz & 6 x Cortex-A55 dengan clock speed 2,0GHz. Sedangkan untuk urusan grafis, MediaTek mengintegrasikan Helio G99 dengan GPU Mali-G57 MC2.

Lalu, bagaimana dengan kemampuan kinerja chipset buatan MediaTek tersebut? realme menyebutkan bahwa Helio G99 memiliki peningkatan kinerja total hingga 40% dibandingkan dengan chipset yang ada pada realme 9 4G. Ini menjadikan sistem berjalan mulus dan meminimalisir lag.

realme juga mengatakan bahwa ada peningkatan kinerja CPU hingga 25% dibandingkan dengan realme 9 4G. Selain itu, karena dikembangkan dengan fabrikasi 6 nm, realme pun juga sesumbar bahwa Helio G99 dikatakan lebih hemat pemakaian daya hingga 20%.

Ya! Itu terkait dengan chipset yang disematkan. Lalu, bagaimana dengan dukungan memorinya? realme 10 yang ada ditangan Droidlime memiliki RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Menariknya, realme juga membekali realme 10 dengan RAM Expansion.

Dukungan RAM Expansion yang bisa kalian gunakan hingga mencapai 5 GB. Artinya, jika kalian memilih opsi 5 GB, realme 10 akan memiliki RAM mencapai 13 GB. Punya dukungan RAM seperti itu, tentunya realme 10 bisa melibas banyak game-game berat, termasuk PUBG Mobile.

Namun menariknya, realme menjanjikan bahwa realme 10 varian RAM 8 GB akan bisa mendapatkan fitur RAM Expansion (Dynamic RAM) hingga 8 GB setelah mendapat update terbaru. Dengan begitu, kalian bisa merasakan smartphone kecepatan tinggi dengan RAM 16 GB.

Sementara itu, telah disebutkan di atas bahwa realme 10 yang ada ditangan Droidlime ini memiliki penyimpanan internal 128 GB. Tak perlu khawatir, kalian juga bisa memperluas kapasitas penyimpanan data menggunakan kartu microSD hingga 1 TB (dedicated).

Menariknya lagi, teknologi RAM yang digunakan sudah LPDDR4x. Sementara, teknologi penyimpanan internalnya yang dipakai tidak lagi eMMC, tetapi sudah UFS 2.2. Karena itu, realme 10 sudah memiliki kemampuan untuk kecepatan baca dan tulis data yang lebih baik.

Sekarang, kita masuk ke sektor catu daya. realme 10 masih seperti realme 9 4G yang dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Hanya saja, realme 10 punya pengisian daya cepat 33W SUPERVOOC. realme sesumbar bahwa untuk mengisi daya 0% hingga 50% hanya butuh waktu 28 menit.

Penasaran dengan kinerja realme 10, Droidlime pun melakukan pengujian menggunakan tiga aplikasi benchmark, yakni AnTuTu 9.5.1, Geekbench 5 dan 3DMark. Tak hanya itu, untuk menguji daya tahan baterainya, realme 10 juga diajak bermain game PUBG Mobile.

Dipakai untuk bermain game PUBG Mobile, opsi grafik yang dipilih hanya bisa mencapai HD dengan frame rate High. Droidlime pun mencoba untuk memainkan game bergenre battle royale tersebut selama 1 jam dan baterai yang terkuras sebanyak 12%.

realme 10 adalah satu-satunya smartphone di segmen harganya yang disertifikasi dengan TÜV SÜD Fluency Rating. Peringkat A mewakili standar keandalan performa terbaik, memastikan penggunaan realme 10 tanpa gangguan selama 3 tahun.

realme juga mengatakan bahwa realme 10 telah melalui pengujian ketat untuk sekitar 40 aplikasi yang umum digunakan termasuk aplikasi instant messaging, kamera, YouTube, Instagram, WhatsApp, dan lainnya. Untuk audio, realme 10 punya dukungan Ultraboom Speaker dengan audio Hi-Res.

Halaman ke: 1 2 3 4

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer