Connect with us
UX425OPI
Review

Review POCO F3 5G: Flagship Killer Sebenarnya!

POCO meluncurkan POCO F3 5G dengan tagline “Flagship Killer”. Ditenagai chipset Snapdragon 870 dan beberapa dukungan lainnya, Droidlime menilai bahwa smartphone ini memang pantas menyandang gelar tersebut.

Updated

20 April 2021 lalu tentunya jadi tanggal yang menarik bagi POCO di pasar Indonesia. Bagaimana tidak, brand smartphone yang kini “mandiri” dari Xiaomi membuat kejutan dengan meluncurkan POCO F3 5G. Ya! Smartphone ini pun hadir di Indonesia membawa tagline “Flagship Killer”.

Datang sebagai smartphone yang digadang-gadang bakal membunuh perangkat unggulan, POCO F3 5G memang dimotori oleh chipset yang bertenaga. Tak hanya itu, para pengguna smartphone ini juga dimanjakan oleh dukungan layar dengan panel yang ciamik dan refresh rate tinggi.

Nah! Sekadar mengingatkan kalian, POCO F3 5G datang dengan chipset Snapdragon 870 dari Qualcomm. Sementara, pada sektor layar, smartphone ini dikemas dengan panel AMOLED E4 berkran 6,67 inci FullHD+ dengan refresh rate tinggi, yakni mencapai 120Hz.

Punya dukungan seperti yang telah disebutkan, tentunya kalian jadi tahu pengguna seperti apa yang disasar oleh POCO F3 5G. Mereka adalah yang tentunya mementingkan performa dan penikmat film atau yang getol menghabiskan waktunya untuk bermain game.

Benarkah demikian? Nah! Bagi kalian yang penasaran dengan smartphone 5G ini yang dibanderol mulai dari harga Rp4 jutaan, Droidlime berkesempatan menggunakan POCO F3 5G selama dua minggu. Tak hanya untuk menikmati movie series di Netflix dan bermain PUBG Mobile, POCO F3 5G ini juga diajak memotret saat akhir pekan.

Desain dan layar

Mengacu pada data yang digali melalui website POCO Indonesia, POCO F3 punya dimensi berukuran 163,7 x 76,4 x 7,8 mm, sementara bobotnya seberat 196 gram. Punya dimensi dan bobot seperti itu, smartphone ini masih menawarkan rasa nyaman saat digenggam maupun ketika dikantongi di saku celana.

Datang sebagai smartphone yang membawa embel-embel “Flagship Killer”, tentunya POCO tak mau mengesampingkan mengenai desain yang ditawarkan. Bagian depan dan belakang POCO F3 5G sama-sama menggunakan panel kaca yang dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Sementara, bingkainya terbuat dari plastik.

Pertama, mari kita lihat bagian belakang smartphone ini. POCO F3 5G dilengkapi modul tiga lensa. Dua lensa berukuran besar disusun secara vertikal, bersama satu lensa kecil dan disampingnya sat LED flash. Berlawanan dengan modul kamera yang diletakkan di pojok kiri atas, POCO menyematkan logo di bagian bawah ditambah dengan ‘”5G”.

Seperti yang telah disebutkan, bagian belakang smartphone ini menggunakan panel kaca, sehingga kesan premiumnya begitu terlihat. Kekurangannya, panel tersebut mudah kotor dengan sidik jari dan terasa sedikit licin ketika digenggam. Tak perlu khawatir, POCO telah menyertakan soft-case dalam paket penjualannya.

Lalu, bagaimana dengan layarnya? Seperti yang telah disinggung, POCO F3 5G membawa layar Dynamic AMOLED DotDisplay. Ya! Layar smartphone ini memang dihiasi sebuah punch-hole yang begitu kecil dan ditempatkan di tengah bagian atas. Ukuran layarnya sendiri adalah 6,67 inci dengan resolusi FullHD+ atau 2400 x 1080 piksel.

Selain membawa refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz, layar POCO F3 5G juga memiliki kecerahan maksimal hingga 1.300 nits. Jadi, ketika membawa smartphone ini di bawah terik matahari, kita masih bisa menikmati konten yang ditampilkan.

Perpaduan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz membuat POCO F3 5G bisa berjalan mulus saat layarnya digulirkan ketika penggna berselancar di internet. Layarnya juga responsif saat digunakan bermain game. Sayangnya, POCO F3 5G hanya menyediakan opsi 60Hz dan 120Hz, alias tidak membawa refresh rate adaptive.

Masih terkait dengan layar, daya tarik lainnya adalah perlindungan Gorilla Glass 5 yang disematkan. Artinya, pengguna smartphone ini tak perlu khawatir karena layar POCO F3 5G tidak mudah tergores. Namun, tak ada salahnya jika kalian memberikan proteksi tambahan dengan melapisinya menggunakan plastik anti-gores.

Bergeser ke sisi bawah, kalian bisa menemukan port USB Type-C yang diapit grill speaker, lubang mikrofon dan slot untuk kartu SIM. Ya! POCO F3 5G tidak dibekali baki untuk kartu microSD. Jadi, pengguna harus puas dengan kapasitas penyimpanan internal yang ditawarkan.

Sisi bagian atas juga ada grill speaker, yang menandakan bahwa smartphone ini memang punya dukungan dual speaker. Selain itu, POCO juga menyematkan lubang mikrofon dan IR Blaster. Sementara, di sisi kanan, kita bisa menemukan tombol daya plus sensor sidik jari serta tombol volume.

Halaman ke: 1 2 3 4

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer