Connect with us
FX516
Review

Review Pebble Steel

Updated

Pebble Steel adalah jam tangan pintar (smartwatch) generasi kedua dari Pebble. Dibanding Pebble generasi pertama, Pebble Steel menawarkan desain yang lebih elegan, terlihat sporty namun cocok juga dikenakan untuk orang kantoran. Sekilas, Pebble Steel tak terlihat seperti jam tangan pintar. Layarnya monokrom dan bukanlah layar sentuh. Namun Pebble Steel memiliki kinerja yang optimal.

Kelebihan

Untuk iOS dan Android. Apa pun smartphone yang Anda gunakan, selama masih menggunakan OS Android 4.1 dan iOS 7.0 ke atas, bisa diduetkan dengan Pebble Steel. Cara menggunakannya cukup sederhana. Pertama, Anda harus men-download aplikasi Pebble di App Store atau Google Play, lalu sambungkan Pebble Steel ke smartphone melalui koneksi Bluetooth.

Tersedia ratusan jenis watchface dan aplikasi pendukung. Pebble Steel didukung oleh banyak developer, baik yang menciptakan watchface maupun aplikasi. Anda bisa men-download watchface dan aplikasi langsung melalui aplikasi Pebble pada smartphone. Setelah proses download selesai, watchface atau aplikasi akan langsung terkirim menuju Pebble Steel.

Layar e-ink yang unik. Tidak seperti Samsung Gear, Motorola Moto 360, atau LG G Watch R yang memiliki layar berwarna, Pebble Steel terlihat klasik dan unik dengan layar monokrom yang dimilikinya. Tampilan layarnya bisa terlihat jelas, baik di dalam ruangan maupun di bawah terik matahari. Saat di area gelap, Anda hanya perlu menggoyangkan tangan untuk menyalakan lampu LED pada layarnya.

Multifungsi. Sejatinya, Pebble Steel berfungsi sebagai penunjuk waktu. Di luar itu, smartwatch ini bisa digunakan untuk menampilkan notifikasi sekaligus membaca pesan apa pun yang masuk ke smartphone. Pebble Steel juga dilengkapi sensor fitness tracker untuk menghitung langkah dan jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki, mengukur denyut nadi, hingga memantau aktivitas dan kualitas tidur penggunanya.

Tak hanya itu, Pebble Steel juga bisa digunakan untuk bermain game sederhana untuk sekadar membunuh waktu. Fungsi lainnya yang tak kalah penting yaitu sebagai remote pemutar musik, layar penunjuk GPS saat berkendara, hingga remote shutter untuk memotret.

Desain tidak mencolok. Sebagian orang mungkin masih enggan menggunakan smartwatch karena bentuknya yang terlalu mencolok dan besar. Namun Pebble Steel lebih terlihat seperti jam tangan biasa, sehingga sangat nyaman dilihat dan digunakan.

Baterai hingga tujuh hari. Tidak semua smartwatch memiliki ketahanan baterai hingga tujuh hari. Pebble Steel bisa melakukannya karena hanya menggunakan layar monokrom e-ink yang sangat irit daya. Apabila Anda sering menggunakannya untuk berbagai aktivitas, paling tidak baterainya bisa bertahan hingga empat hari.

Tersedia beragam jenis tali (strap). Saat membeli Pebble Steel, Anda bisa memilih jenis tali jam yang diinginkan, apakah berbahan kulit atau stainless. Di luar kedua pilihan tersebut, Anda bisa menggunakan jenis tali jam lainnya dengan bentuk yang unik dan menarik.

Kekurangan

Belum mendukung touchscreen. Tanpa dukungan layar sentuh, Pebble Steel hanya mengandalkan empat buah tombol untuk navigasi, satu tombol terletak di sisi kiri, dan tiga lainnya di sisi kanan.

Hanya bisa memuat delapan aplikasi. Pebble Steel tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Karenanya, Anda hanya bisa meng-install maksimal delapan aplikasi bersamaan, baik watchface, aplikasi, maupun game.

Harga masih tergolong tinggi. Sejatinya, Pebble Steel dibanderol seharga US$199. Namun ketika masuk ke Indonesia, harganya melambung hingga Rp3,5 juta. Dari pantauan kami, harga termurah Pebble Steel yang kami dapatkan ada di kisaran Rp3 juta, tidak kurang dari itu.

Kesimpulan

Tak berlebihan rasanya jika Pebble Steel dinobatkan sebagai smartwatch terbaik oleh beberapa media asing. Smartwatch ini memiliki desain elegan, nyaman dipakai, didukung banyak developer pembuat aplikasi, memiliki fungsi beragam, dan tentunya awet baterai.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer