Connect with us
ASUS Oled
Review

Review Huawei P40 Pro+: Tetap Powerful Meski Tanpa GMS

Seri Huawei P40 tertinggi, yakni P40 Pro+ sudah melenggang di pasar Indonesia. Droidlime pun berkesempatan untuk mereview smartphone flagship tersebut yang tidak dibekali Google Mobile Service.

Updated

Premium dengan dukungan HMS

Sekali lagi, memang harus diakui bahwa Huawei P40 Pro+ punya desain dan build quality yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Benar-benar menggoda untuk kita miliki. Tetapi, seperti yang sudah kita ketahui bersama, smartphone ini datang tanpa Google Mobile Service (GMS).

Sebagai gantinya, Huawei telah membenamkan Huawei Mobile Service (HMS) ke dalam Huawei P40 Pro+. Menggunakan P40 Pro+ sebagai “daily driver” dan memakai HMS, experience-nya mirip menggunakan PC. Artinya, aplikasi browser memegan peranan penting di sini.

Mau membuka aplikasi yang butuh GMS, seperti YouTube, Google Photos, Google Docs dan yang lainnya, kalian bisa membuka versi web-nya. Dua data paling penting, yaitu kontak sama e-mail juga aman. Jika kalian menggunakan Telegram, semua kontak bisa sinkronisasi otomatis. Sementara untuk e-mail bisa memakai aplikasi bawaan Huawei.

Berbicara mengenai AppGallery sebagai pengganti Play Store, marketpalce bikinan Huawei ini juga sudah menyediakan aplikasi yang terus bertambah, walaupun masih jauh dari lengkap. Jika tidak menemukan aplikasi yang dicari, kalian bisa install dari marketpace lain. Selama aplikasinya tidak butuh GMS, pasti bisa jalan.

Sederetan aplikasi wajib, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Netflix, Lightroom, mobile banking, e-commerce, bahkan Google Maps bisa berjalan lancar. Game pun juga aman, selama tidak nge-load akun atau save-an dari Google Play Games. Dan pastinya semua game lancar di handset ini.

Untuk lebih memberi kemudahan bagi pengguna P40 Pro+ yang sering mencari aplikasi, Huawei juga punya search engine yang dibuatnya sendiri, yakni Petal Search. Kelebihannya, search engine tersebut bisa kalian jadikan widget sehingga lebih praktis jika ingin mencari aplikasi, gambar atau info apapun yang dibutuhkan.

Tak sedikit yang meragukan, Huawei bakal menggandeng penyedia aplikasi ojek online, yang nantinya bisa muncul di AppGallery. Jika hal itu benar terjadi, tentu saja ini bakal jadi pelengkap karena mayoritas kebutuhan aplikasi utama yang banyak orang pakai sudah terpenuhi.

Dukungan kamera yang tangguh

Datang sebagai smartphone flagship tanpa GMS memang jadi tantangan tersendiri bagi Huawei dalam memasarkan P40 Pro+ di Indonesia. Akan tetapi, smartphone ini punya amunisi lainnya yang tidak bisa dianggap remeh, yakni dukungan kamera yang disematkan.

Diakui, dari sekian banyak smartphone yang saat ini direview oleh Droidlime, Huawei P40 Pro+ adalah yang paling tangguh untuk memotret. Tidak hanya bisa diandalkan untuk memotret zoom atau bokeh, Huawei P40 Pro+ bsa dikatakan “jagoannya” untuk memoret low-light dan backlight.

Dicoba untuk memotret sejumlah barang yang dipersiapkan untuk dijual di toko online, hasilnya tidak memalukan. Apalagi jika pengguna smartphone ini punya kreatifitas yang tinggi, bisa menggunakan P40 Pro+ untuk menciptakan foto-foto masterpiece lewat fitur Light Painting.

Lensa periskop 10x optical zoom adalah pembeda utama antara P40 Pro+ dan P40 Pro. Droidlime akui, ini adalah lensa periskop yang paling powerful yang pernah ada di dalam sebuah smartphone. Selain itu, Huawei juga telah meningkatkan kemampuan video recording P40 Series. Terasa, performa autofokus dan stabilizer-nya lebih powerful.

Halaman ke: 1 2 3

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro jadi amunisi andalan Xiaomi yang baru diluncurkan di pasar Indonesia. Keduanya datang dengan dukungan...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Neo2

realme terus melakukan gebrakan di pasar Indonesia. Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh realme adalah dengan meluncurkan realme GT Neo2 yang...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M52 5G

Samsung telah meluncurkan seri Galaxy M yang punya dukungan 5G di dalamnya. Smartphone tersebut adalah Galaxy M52 5G yang membawa...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo X70 Pro 5G

Dipasar Indonesia, vivo baru saja memperbarui lini X Series yang dimilikinya dengan meluncurkan vivo X70 Pro 5G. Smartphone ini datang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Infinix ZERO X Pro

Dipasar Indonesia, Infinix baru saja memperkenalkan smartphone barunya yang masuk ke dalam lini ZERO. Ya! Smartphone tersebut adalah Infinix ZERO...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 10

Xiaomi secara resmi telah memboyong smartphone entry-level terbarunya ke pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah Redmi 10 yang datang sebagai "Jagoannya...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Meramaikan pasar smartphone 5G, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan Galaxy A52s 5G. Smartphone ini ditenagai Snapdragon 778G dan dijual seharga...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 GT

POCO kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan POCO X3 GT di pasar Indonesia. Smartphone ini dijual mulai dari harga Rp4.399.000 dan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer