Connect with us
ROG
Review

Review Huawei FreeBuds 3: TWS Earphone Rp2 Jutaan yang Punya Noise Cancellation

Huawei secara resmi telah memboyong TWS earphone terbarunya ke Indonesia. Ya! Perangkat tersebut datang dengan panggilan Freebuds 3 yang dibanderol seharga Rp2 jutaan. Lalu, seperti apa performa dan kinerja Freebuds 3 ini?

Updated

Huawei menjelang akhir November 2019 telah membuat kejutan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan Huawei FreeBuds 3. Inilah true wireless speaker alias TWS earphone besutan Huawei yang digadang-gadang membawa beragam fitur menarik di dalamnya, salah satunya Active Noise Cancellation.

Penasaran dengan perangkat tersebut, DroidLime pun berkesempatan untuk memakai FreeBuds 3 sebagai perangkat true wireless speaker sehari-hari. Lebih kurang, selama dua pekan perangkat ini dipakai secara penuh untuk mendengarkan musik yang terhubung dengan smartphone berbasis Android.

Desain FreeBuds 3 menyerupai Apple AirPods

Huawei sendiri memperkenalkan FreeBuds 3 di sela-sela keramaian IFA 2019 yang berlangsung di Berlin, Jerman pada awal September 2019 lalu. Ya! Saat diperkenalkan, tak sedikit yang mengatakan bahwa FreeBuds 3 punya desain meniru AirPods kepuanyaan Apple yang sudah lebih dulu populer.

Menyerupai Apple AirPods, Huawei FreeBuds 3 juga punya bentuk earphone minimalis yang ramping. Ya! Desain perangkat ini begitu simple dan langsung dapat masuk ke dalam telinga tanpa membuat kuping kita terasa kurang nyaman. Beratnya yang ringan juga menjadi nilai tambah dari FreeBuds 3.

Ya! FreeBuds 3 memang dirancang sebagai TWS earphone yang tidak langsung menusuk lubang telinga alias open-fit. Tipe desain seperti ini memungkinkan driver alias earbud nongkrong di lekukan telinga, tidak masuk ke dalam rongga telinga. Punya desian seperti itu, apakah suara yang dihasilkan FreeBuds 3 terdengar bagus di telinga kita?

Seperti yang telah disinggung, FreeBuds 3 telah dilengkapi dengan fitur Active Noise Cancellation. Selain itu, Huawei juga telah membenamkan mikrofon dengan teknologi Bone Sensor pada batang kecil yang menjulur ke luar, sehingga lebih dekat ke mulut.

Nah! Kedua teknologi itulah yang memiliki peranan penting sehingga FreeBuds 3 begitu nyaman untuk kita gunakan sebagai alat mendengarkan musik atau alat komunikasi percakapan ketika ada panggilan masuk dan keluar. Ya! Suara yang disemburkan TWS earphone ini begitu terdengar sangat jelas.

Berbeda dengan kebanyakan TWS earphone yang muncul di pasaran, FreeBuds 3 punya casing berbentuk bulat. Desainnya juga tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa, sehingga mudah untuk disimpan di dalam saku, sekalipun di saku yang sempit.

Di bagian bawah casing FreeBuds 3, ada slot USB Type-C untuk mengisi dayanya. Menariknya, selain bisa mengisi daya baterai yang ada di casing menggunakan kabel (wire charging), pengguna juga bisa menggunakan charging mats atau charging pads. Ya! Ini bisa dilakukan karena FreeBuds 3 punya fitur wireless charging.

Koneksi dengan smartphone sangat mudah

Tak perlu khawatir untuk menghubungkan Huawei Freebuds 3 dengan berbagai jenis smartphone. Ini bisa kita lakukan dengan sangat mudah, cepat dan bebas hambatan. Kalian bisa langsung mengkoneksikannya dan menggunakankannya tanpa aplikasi tambahan.

Meski begitu, Huawei menyediakan sebuah aplikasi yang dapat kalian install, namanya Huawei AILife. Melalui aplikasi ini, pengguna Freebuds bisa melakukan beberapa pengaturan, termasuk mengatur fungsi dual tap di kedua earbuds. Tetapi yang tak kalah menarik, kita juga bisa menentukan tingkat Noise Cancellation yang dihasilkan.

Nah! Bagi kalian pengguna smartphone Huawei yang sudah menjalankan EMUI 10, untuk mengkoneksikan Freebuds 3 akan terasa lebih mudah berkat fitur Pop Open. Ketika kita membuka case Freebuds 3, di layar smartphone Huawei dengan EMUI 10 akan muncul pop up menu yang akan melakukan konektvitas secara otomatis.

Performa dan kinerja Freebuds 3

Freebuds 3 sebagai TWS earphone terbaru yang dikembangkan oleh Huawei datang dengan dukungan Kirin A1. Ya! Chipset ini juga dibuat oleh Huawei dan sudah punya dukungan Bluetooth 5.1 dan Bluetooth Low Energy 5.1. Artinya, chipset yang ada di dalam Freebuds 3 menawarkan pengalaman latency rendah dan kebutuhan daya yang minmal.

Saat digunakan untuk mendengarkan musik, Freebuds 3 memang sepertinya ditujukan untuk mereka yang suka dengan audio di frekuensi menengah. Bisa dibilang, kualitas audio yang disajikan oleh Freebuds 3 cukup baik dan suara bass yang dihasilkan juga mampu dihadirkan dengan tingkat yang menyenangkan.

Satu hal yang patut kalian ingat, Huawei meramu Freebuds 3 menggunakan driver berukuran 14 mm dengan meletakkan Bass Tube sebagai dasar dari desain earbuds-nya. Jadi, jika kalian menggunakan Freebuds 3 ini dengan sudut yang tepat dan musik yang cocok, kalian pun bsa merasakan kehadiran bass yang enak didengar.

Selain itu, fitur Noise Cancellation yang ada di Freebuds 3 juga bukan sekadar “gimmick”. Ya! Ketika fitur ini diaktifkan, suara dengan frekuensi rendah berhasil dihilangkan. Akan terasa sekali perbedaannya ketika kita mengaktifkan dan menonaktifkannya secara simultan.

Tapi harus diakui, hanya frekuensi rendah yang dapat dihilangkan. Contohnya, suara kipas exhaust di ruang kerja atau suara desis AC di dalam kendaraan. Jadi, ketika kita menggunakan Freebuds 3 di pinggir jalan dan mengaktifkan fitur Noise Cancellation, suara deru kendaraan yang hilir mudik masih terdengar jelas.

Akan terasa optimal ketika fitur Noise Cancellation diatur menggunakan aplkasi Huawei AILife. Kalian bisa menyesuaikan suara mana saja yang perlu dihilangkan dan perbedaannya sangat terasa dar sebuah perangkat TWS earphone dengan desain open-fit.

Harga Huawei Freebuds 3

Seperti yang telah disebutkan, Freebuds 3 datang dengan dua pilihan warna, yakni Hitam dan Putih. Harus diakui, TWS earphone besutan Huawei ini memang memiliki kemiripan dengan AirPods kepuanyaan Apple. Kelebihannya, Freebuds 3 datang dengan fitur Noise Cancellation.

Nah! Bagaimana dengan harganya? Freebuds 3 masuk ke Indonesia dibanderol seharga Rp2.299.000. Ya! TWS earphone ini tidak hanya cocok untuk smartphone berbasis Android, tetapi juga bisa menjadi pasangan yang cocok untuk smartphone berbasis iOS, seperti iPhone 11 Pro misalnya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer