Connect with us
ROG
Review

Review Galaxy Tab A 10.1 (2019): Tabletnya Penikmat Hiburan

Samsung telah memboyong Galaxy Tab A 10.1 (2019) ke pasar Indonesia. Datang sebagai perangkat kelas menengah untuk penikmat hiburan, tablet ini pun dibanderol dengan harga yang menarik.

Updated

Saat ini tidak banyak pabrikan smartphone yang merilis perangkat berupa tablet. Di pasar Indonesia, itu bisa dihitung jari dan saat ini Samsung adalah yang paling getol merilis tablet dalam lini keluarga Galaxy Tab. Sementara, kompetitornya masih malu-malu.

Seperti yang kita tahu, Samsung belum lama ini telah merilis Galaxy Tab S5e dan Galaxy Tab A with S Pen. Nah! Bersamaan dengan itu, Samsung juga memboyong tablet lainnya ke pasar Indonesia. Tablet tersebut adalah Galaxy Tab A 10.1 (2019). Seperti apa perangkat ini? Berikut reviewnya!

Layar IPS LCD berukuran 10,1 inci

Dari penamaannya, kita sudah bisa menebak bahwa Galaxy Tab A 10.1 (2019) datang dengan layar IPS LCD berukuran 10,1 inci dan memiliki resolusi 1200 x 1920 piksel (WUXGA). Ya! Tablet ini memang cocok untuk mereka yang suka menikmati hiburan, seperti nonton film bersama keluarga misalnya.

Seperti kebanyakan tablet Samsung lainnya yang dipasarkan direntang harga kelas menengah, Galaxy Tab A 10.1 (2019) masih memiliki bezel yang begitu mencolok di sisi kanan dan kiri. Begitu juga bezel bagian dagu dan atasnya yang memuat kamera depan.

Datang dengan layar berukuran 10.1 inci, dimensi tablet ini adalah 245.2 x 149,4 x 7,5 mm. Sementara itu, beratnya sekitar 470 gram. Desain bagian depan didominasi layar kaca, sementara pada bagian belakangnya Samsung meramu bodi Galaxy Tab A 10.1 (2019) dengan material alumunium.

Tidak ketinggalan, Samsung juga memuat kamera tunggal yang diletakkan di sudut kiri atas. Jangan berharap kamera utamanya ini dilengkapi dengan LED flash, karena itu hasil fotonya akan terlihat kurang oiptimal ketika pengguna memotret pada kondisi low-light atau malam hari.

Dapur pacu ditenagai Exynos 7 Series

Datang di tahun 2019, Samsung pun juga membenahi sektor dapur pacunya. Tablet ini telah dibekali oleh System on Chip alias SoC Exynos 7 Series. Mengacu dari informasi yang didapat melalui aplikasi AIDA, tablet terbaru milik Samsung ini ditenagai Exynos 7885 Octa-core dengan fabrikasi 14 nm.

Arsitektur inti dari SoC ini adalah 6 x ARM Cortex-A53 dengan clock speed 1,6 GHz yang ditambah dengan 2 x ARM Cortex-A73 dengan clock speed 1,8 GHz. Galaxy Tab A 10.1 (2019) juga telah dibekali RAM sebesar 3 GB dan internal storage berkapasitas 32 GB.

Bagi pengguna yang kurang puas dengan kapasitas penyimpanan internalnya, Samsung masih membekali tablet ini dengan slot microSD yang mampu menampung data hingga 512 GB. Lebih dari cukup untuk kalian menyimpan file foto atau video di dalam tablet ini.

Bagaimana dengan catu dayanya? Samsung melengkapi Galaxy Tab A 10.1 (2019) dengan baterai berkapasitas 6.150 mAh dan dapat diisi lewat port USB Type-C. Untuk penggunaan normal, seperti berselancar di internet atau memutar video, baterainya mampu bertahan hingga 13 jam.

Dukungan keamanan dan piranti lunak

Seperti kebanyakan tablet milik Samsung lainnya, Galaxy Tab A 10.1 (2019) juga tidak dibekali pemindai sidik jari alias fingerprint di bagian belakang perangkat. Untuk keamanan, Samsung menawarkan model Pattern, PIN dan Password.

Untuk memberi rasa aman yang lebih optimal, Samsung juga memproteksi tablet ini dengan sistem keamanan yang dikembangkannya sendiri, yakni Samsung Knox. Ini adalah fitur keamanan yang tidak hanya melindungi hardware, tetapi juga software.

Untuk antarmuka, Galaxy Tab A 10.1 (2019) sudah mengadopsi One UI berbasis Android 9 Pie. Selain itu, Samsung juga memperkaya tablet barunya ini dengan Kids Home. Ini adalah marketplace “hiburan” yang dihadirkan oleh Samsung untuk anak-anak.

Meskipun Galaxy Tab A 10.1 (2019) sudah dilengkapi dengan Google Play, Samsung juga memuat marketplace miliknya sendiri, yakni Galaxy Store. Sudah barang tentu, pengguna juga bisa mendownload ratusan aplikasi yang tersedia.

Harga dan ketersediaan

Oh ya, Samsung juga melengkapi tablet ini dengan dukungan kamera depan 5 MP dan kamera tunggal di bagian belakang yang memiliki resolusi 8 MP. Kamera utamanya sudah dilengkapi fitur autofocus dan kemampuan untuk video recording FullHD dengan @30fps.

Untuk urusan audio, Galaxy Tab A 10.1 (2019) juga sudah dibekali dengan dukungan Dolby Atmos. Ya! Ada dua buah grill speaker yang disematkan oleh Samsung ke dalam tablet ini dan kalian bisa menemukan di sisi bagian bawah perangkat yang mengapit port USB Type-C.

Nah! Bagi kalian yang tertarik untuk meminang Galaxy Tab A 10.1 (2019), Samsung menjualnya dengan harga Rp4.999.000. Dalam paket penjualannya, Samsung juga menyertakan kabel data, kepala charger/travel adapter dan tentunya earphone.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer