Connect with us
K5504-BAPE
Review

Review ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Tipis, Ringan dan Fitur Lengkap

ASUS resmi meluncurkan Zenbook S 13 OLED (UX5304) di pasar Indonesia. Ini adalah laptop yang mengedepankan desain super ringkas, ringan, premium dan memiliki fitur lengkap.

Updated

Konsep laptop ultra-portable memang sudah ada sejak lama. Namun hingga saat ini pengguna laptop ultra-portable selalu dihadapkan dengan berbagai kompromi, khususnya performa. Hal tersebut sangat wajar mengingat semakin ringkas sebuah laptop, maka ruang hadrware-nya semakin terbatas.

Keterbatasan ruang tersebut berpengaruh ke hampir semua aspek, mulai dari jenis hardware yang digunakan, sistem pendingin, jenis port yang dihadirkan, hingga kapasitas baterai. Namun semua itu akan berubah dengan kehadiran ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304).

Ini adalah laptop ultra-portable dengan kompromi paling minim di antara kompetitornya. Zenbook S 13 bukanlah seri laptop baru. Sejak awal seri laptop tersebut memang mengedepankan desain super ringkas, ringan, dan premium yang sesuai dengan huruf “S” yang menempel di namanya.

Ya! Huruf “S” bisa diartikan sebagai Slim dan Sophisticated. Zenbook S 13 OLED (UX5304) berbeda dengan laptop ultra-portable lainnya. Laptop ini tidak hanya hadir sebagai laptop OLED 13,3-inci paling tipis dan ringan, tetapi juga menawarkan performa mumpuni serta daya tahan baterai yang panjang.

Meski demikian, performa dan daya tahan baterai bukanlah fitur yang paling menarik dari Zenbook S 13 OLED (UX5304). Laptop yang memiliki ketebalan hanya 1 cm dan bobot 1 kg ini masih dapat hadir dengan port yang sangat lengkap, tidak hanya USB Type-C® seperti di laptop ultra-portable lainnya.

Selain dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga masih dilengkapi dengan port HDMI® 2.1, USB 3.2 Type-A, serta 3.5mm combo audio jack. Menarik bukan? Marik kita bahas lebih lengkap Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini.

 

Definisi ultra-portable yang Sesungguhnya

Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop ultra-portable yang sangat tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1 cm dan bobot 1 kg. Lalu, bagaimana pabrikan perangkat teknologi bisa menghadirkan laptop dengan profil yang sangat ringkas dan ringan tersebut?

Jawabannya adalah laptop ini dibuat menggunakan teknik canggih serta material khusus sehingga dapat tampil lebih ringkas dan ringan dibandingkan generasi sebelumnya. Menariknya lagi, proses tersebut dilakukan tanpa mengorbankan kinerja, konektivitas, atau daya tahan baterai.

Agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat tampil dengan bodi yang sangat tipis, tim engineering ASUS menyematkan kamera IR FHD berukuran lebih kecil namun tetap memiliki fitur lengkap dan ditanam langsung ke dalam bagian layar yang dibuat dengan proses CNC.

Selain itu, panel OLED yang lebih tipis juga digunakan, sehingga bagian layar laptop menjadi 30% lebih tipis. Proses CNC yang presisi tidak hanya digunakan di layar, tetapi pada bodi utamanya sehingga ruang komponen menjadi lebih luas tanpa mengorbankan durabilitas.

Selain itu, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga menggunakan papan sirkuit dengan lapisan lebih sedikit, kerapatan kabel lebih tinggi, dan lebih banyak transistor, sehingga memberikan kinerja lebih baik dengan bobot lebih ringan di ruang yang lebih ringkas.

Motherboard dirancang dengan presisi untuk menampung dua kipas yang sangat tipis yang meningkatkan aliran udara untuk pendinginan yang lebih baik. Semuanya membuat bagian bodi utama laptop dapat hadir dengan ukuran 25% lebih tipis.

Untuk meminimalkan bobot, paduan bahan magnesium-aluminium juga digunakan pada bagian keyboard deck yang dibuat dengan proses CNC. Ini bertujuan untuk menciptakan struktur yang lebih kokoh tanpa perlu bagian penyokong tambahan.

Penutup kaca sangat tipis juga digunakan pada touchpad, sehingga menghasilkan pengurangan ketebalan sebesar 25% lagi di bagian keyboard deck. Kombinasi teknik produksi yang canggih serta bahan berkualitas tinggi menghasilkan laptop ultra-portable yang yang belum pernah ada sebelumnya.

Konektivitas dan Fitur Lengkap

Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop ultra-portable yang dilengkapi dengan port I/O yang lengkap. Laptop ini punya dukungan dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4 yang mendukung pengisian cepat, tampilan eksternal 4K, dan transfer data hingga 40 Gbps.

Selain itu, terdapat juga port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack. Sementara untuk konektivitas nirkabel, Zenbook S 13 OLED (UX5304) mengandalkan WiFi 6E generasi terbaru yang mampu terhubung ke tiga frekuensi jaringan (2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz).

Terdapat juga Bluetooth® 5.3 untuk menghubungkan berbagai aksesori nirkabel seperti wireless mouse atau headphone. Untuk pengalaman video conference yang lebih baik, kamera IR FHD di laptop ini telah dilengkapi dengan efek visual khusus serta teknologi AI noise- cancelling.

Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Sementara paduan sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster dapat menghadirkan pengalaman audio berkelas bagi para penggunanya.

Selain itu, touchpad ASUS ErgoSense di Zenbook S 13 OLED (UX5304) kini tampil dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk navigasi yang lebih mudah, nyaman, dan responsif, dengan lapisan anti-sidik jari yang mudah dibersihkan.

Dibekali Layar ASUS Lumina OLED

Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dibekali ASUS Lumina OLED, yaitu standar layar laptop terbaik saat ini. Layar ASUS Lumina OLED di Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir dengan resolusi 2,8K dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi terkini.

Dukungan fitur, teknologi serta inovasi pada layar ASUS Zenbook S 13 OLED ini mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Ditambah dengan rasio layar 16:10, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menikmati ruang kerja yang lebih luas.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS Lumina OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. ASUS Lumina OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

ASUS Lumina OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS Lumina OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

ASUS Lumina OLED juga dibekali fitur Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. ASUS Lumina OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Laptop yang Ramah Lingkungan

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan seri laptop Zenbook yang paling ramah lingkungan. Selain telah mengantongi sertifikasi EPEAT® Gold, laptop ini juga memiliki siklus hidup yang ramah lingkungan dan telah diakui secara internasional.

Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, dan proses daur ulang pada akhir masa pakai, siklus hidup Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dirancang agar tidak meninggalkan jejak karbon lebih banyak sehingga menjadi salah satu laptop yang paling ramah lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan seri Zenbook paling ramah lingkungan yang pernah dibuat. Laptop ini memanfaatkan bahan magnesium-aluminium hasil daur ulang industri dan digunakan di penutup keyboard, rangka, dan bagian layar sehingga mengurangi jejak karbonnya lebih dari 50%.

Tombol dan speaker Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga diproduksi menggunakan plastik daur ulang. Tidak hanya itu, kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga 100% dapat didaur ulang, dengan bahan yang dapat digunakan kembali sebagai kompos.

Kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggunakan 100% kertas bersertifikat FSC Mix dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol, serta sumber daya daur ulang. Bagian penyangga dalam kemasan ini bahkan dapat digunakan kembali sebagai dudukan laptop.

Berbeda dari laptop lainnya, Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan bodi berbahan plasma ceramic aluminum. Bahan yang dibuat menggunakan teknik pemrosesan eksklusif tersebut hanya menggunakan air murni dan listrik, tidak memerlukan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat.

Metode khusus tersebut tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan terhadap korosi, tetapi juga memiliki durabilitas yang lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalisir dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga memiliki efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melampaui standar dari ENERGY STAR® sebesar 43%. Seluruh upaya tersebut dihadirkan agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat hadir sebagai laptop zero carbon emission.

Bagaimana dengan Performanya?

Selain unggul dalam hal dimensi, fitur, serta proses dan bahan pembuatannya yang ramah lingkungan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga tetap dapat tampil dengan performa yang powerful. Performa di Zenbook S 13 OLED (UX5304) dihasilkan dari prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U.

Ini adalah prosesor yang menggunakan konfigurasi 10 core dan 12 thread. Prosesor generasi terbaru ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dapat dipacu hingga frekuensi 5GHz. Ya! Intel® Core™ i7-1355U juga merupakan prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi.

Chip grafis bernama Intel® Iris® X e tersebut memiliki performa yang cukup powerful untuk menunjang kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan masih dapat digunakan untuk bermain game casual. Intel® Core™ i7-1355U juga sudah dibekali dengan beberapa fitur modern.

Sebut saja Intel® Quick Sync, yang memungkinkan proses encoding dan decoding video semakin cepat. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga telah tervalidasi Intel® Evo™. Artinya, laptop ini telah mampu menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik mulai dari bekerja hingga menciptakan konten kreatif.

Untuk memaksimalkan performa prosesor tersebut, ASUS membekali Zenbook S 13 OLED (UX5304) dengan memori LPDDR5 16 GB serta media penyimpanan PCIe 4.0 SSD. Kombinasi keduanya membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat berjalan sangat gesit serta nyaman untuk multitasking.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil benchmark performa Zenbook S 13 OLED (UX5304):

Performa Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditemani dengan daya tahan baterai yang sangat panjang. Meski mengusung desain bodi yang sangat tipis, laptop ini ultra-portable ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 63WHrs yang dapat menemani penggunanya seharian.

Menariknya, berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode video playback,
Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat bertahan hingga lebih dari 13 jam dengan koneksi WiFi. Artinya, laptop ini memang benar-benar bisa menemani penggunanya untuk lebih produktif.

Laptop Ultra-Portable Terbaik

Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop ultra-portable yang revolusioner. Tidak hanya sekadar tipis dan ringan, laptop terbaru dari ASUS ini dapat menghadirkan nilai dan manfaat lebih bagi para penggunanya mulai dari desain yang tipis dan ringan hingga performa terbaik di kelasnya.

Tidak hanya itu, jika menggunakan laptop ini, kalian juga berarti ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan. Nah! ASUS memasarkan laptop ini di Indonesia dengan harga Rp23.999.000 dan memiliki 2 tahun garansi global serta 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP6 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Harga HP8 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Samsung membuat kejutan dengan memboyong Galaxy A14 5G ke Indonesia. Ini adalah smartphone 5G yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer