Connect with us
ZenBook-13-14
Review

Review Advan Start Go S1: Smartwatch dengan Citra Rasa Smartband

Advan pada awal tahun ini telah memperkenalkan perangkat wearable terbarunya, yakni smartwatch yang datang dengan nama Start Go S1. Nah! Jam tangan pintar ini pun berkesempatan untuk masuk dapur review DroidLime.

Updated

Advan pada tahun lalu membuat kejutan dengan memperkenalkan perangkat non-smartphone kehadapan konsumen setianya di Tanah Air. Ya! Pabrikan smartphone lokal ini memperkenalkan Start Go TWS 2. Dari namanya, ini earbuds wireless yang sengaja dihadirkan untuk memanjakan mereka yang gemar mendengarkan musik.

Tidak berhenti sampai di situ, Advan kembali membuat kejutan di awal tahun 2020 ini. Kembali perangkat non-smartphone diperkenalkan oleh Advan, yakni Start Go S1. Ini adalah smartwatch pertama yang diperkenalkan oleh Advan kehadapan konsumen setianya di Tanah Air.

Kebetulan Start Go S1 yang sebenarnya lebih cocok mendekati smartband karena beberapa fitur yang disematkan mampir ke meja review DroidLime. Ya! Tanpa basa-basi, perangkat ini pun dipakai selama satu minggu lebih sebagai “teman setia” dalam beraktifitas sehari-hari.

Desain square dengan layar 1,3 inci

Jam tangan pintar Start Go S1 dirancang dengan desain square alias kotak dan memiliki layar berwarna berukuran 1,3 inci dengan resolusi 240 x 240 piksel. Tipe layar yang digunakan TFT LCD dengan kemampuan touch-screen. Meski datang sebagai smartwatch terjangkau, layarnya sudah diproteksi dengan 2.5D Gorilla Glass dari Corning.

Untuk dimensinya, jam tangan pintar ini memiliki ukuran 250 x 37 x 12 mm dengan bobot hanya 38 gram. Ya! Bisa dibilang, Start Go S1 memang cocok untuk mereka yang memiliki pergelangan tangan kecil. Outlook dan materialnya sendiri adalah perpaduan Polycarbonat + Stainless Steel.

Sementara, untuk strap atau talinya terbuat dari karet yang begitu lentur dan bisa diganti. Smartwatch Start Go S1 juga memiliki strap dengan desain berlubang. Sejauh ini, ada tiga pilihan warna yang ditawarkan oleh Advan, yakni Hitam, Biru dan Merah. Kebetulan yang mampir ke DroidLime adalah Advan Start Go S1 dengan strap berwarna Biru.

Smartwatch ini hanya dibekali dua tombol yang diletakkan di sisi kanan dan kiri perangkat. Tombol yang ada disebelah kiri jika ditekan lama akan masuk ke Mode Sport yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun, pengguna bisa mengubah lewat menu Setting pada jam tangan pintar ini.

Sementara, tombol sebelah kanan ketika ditekan akan kembali ke Home Screen. Pengguna juga bisa melakukan pengoperasian jam tangan pintar ini lewat touch-screen. Sementara, pada bagian belakangnya, kalian akan menemukan empat buah pogo pin untuk pengisian daya dan sensor yang disematkan ke dalam jam tangan pintar ini.

Dibekali baterai 210 mAh

Tentu saja ketika kalian membeli sebuah smartwatch, hal utama yang banyak ditanyakan adalah kapasitas baterai yang ditanam ke dalam perangkat tersebut. Ya! Melalui lembar manual penggunaan yang disertakan dalam paket penjualannya, Advan Start Go S1 punya baterai Polymer Lithium berkapasitas 210 mAh.

Ditenagai catu daya sebesar itu, Start Go S1 yang ada ditangan DroidLime ketika dipakai selama satu minggu, baterainya masih tersisa cukup banyak. Tidak hanya dipakai sekadar penunjuk waktu dalam aktivtas sehari-hari, Start Go S1 juga dipakai untuk teman berolah raga dan menerima notifikasi pesan yang masuk.

Advan mengklaim bahwa Start Go S1 punya daya tahan baterai hingga lebih dari 10 hari. Sementara, untuk melakukan pengisian hingga penuh dibutuhkan waktu 2 hingga 2,5 jam. Pengisan catu daya Advan Start Go S1 harus menggunakan kabel yang sudah disertakan dalam paket penjualannya.

Satu hal yang tak kalah mengejutkan, jam tangan pintar dengan harga terjangkau ini telah dibekali kemampuan tingkat tahan air 5ATM. Artinya, Start Go S1 bisa digunakan untuk aktifitas air, seperti berenang hingga kedalaman 50 meter, mandi dan hujan lebat.

Antarmuka sangat sederhana

Terkait dengan tampilan antarmuka yang dimiliki oleh Start Go S1, memang terlihat sangat sederhana. Home Screen hanya menampilkan penunjuk waktu serta data aktifitas. Ketika layar disapu ke atas, akan menampilkan Data Bar. Di sapu ke bawah, akan menampilkan Notifikasi Bar.

Sementara, ketika layar Home Screen disapu ke kanan akan menampilkan Status Bar dan disapu ke kiri akan menampilkan Daftar Fungsi Tampilan. Ya! Data Bar menyajikan informasi lebih detail mengenai aktifitas yang kita lakukan dan Notifikasi Bar akan menampilkan semua notifikasi pesan yang masuk.

Status Bar akan menampilkan beberapa fungsi yang bisa kita atur secara langsung, seperti menghemat pemakaian baterai, mengaktifkan atau menonatifkan fungsi DND dan Find Phone. Di dalam Status Bar ini juga ada satu fungsi yang cukup unik, yakni menjadikan Start Go S1 sebagai senter.

Daftar Fungsi Tampilan akan menampilkan beberapa menu, mulai dari Sport, Heart Rate, Relax, Alarm, Music Controller, Timer, Sports Record dan Setting. Cukup banyak pilihan Sport yang ditawarkan, mulai dari lari, jalan kaki, berenang, bersepeda, climbing, treadmil dan yoga. Ya! Ada 8 jenis olahraga yang bisa dikalkulasi oleh Start Go S1 ini.

Seperti yang disebutkan di atas, Start Go S1 punya menu Heart Rate dan Music Controller. Ya! Sudah barang tentu Heart Rate berguna untuk menghitung detak jantung, sementara Music Controller berguna bagi pengguna untuk mengontrol musik (Play, Pause, Rewind, dan Forward) yang diputar di smartphone.

Start Go S1 juga menyediakan menu Setting. Ya! Melalui menu ini, kita bisa mengatur secara langsung beberapa hal yang disediakan, seperti mengganti tampilan Home Screen, mengatur kecerahan layar, mengubah jenis aktifitas ketika tombol sebelah kiri ditekan dalam waktu yang lama dan pilihan untuk men-shutdown jam tangan pintar ini.

Terkoneksi dengan smartphone via VeryFitPro

Seperti kebanyakan smartwatch lainnya, Start Go S1 agar bisa terkoneksi dengan smartphone yang ada di tangan pengguna harus menjalankan sebuah aplikasi tambahan. Ya! Aplikasi tersebut adalah VeryFitPro yang dapat diunduh secara cuma-cuma melalui Play Store (Android) atau Apps Store (iOS).

Melalui aplikasi VeryFitPro, pengguna Start Go S1 juga dapat lebih leluasa untuk mengatur banyak hal, terutama terkait dengan Personal Info. Ya! Beberapa item terkait Personal Info, seperti tanggal ulang tahun, jenis kelamin, tinggi dan berat badan dapat ditentukan lebih awal.

Melalui aplikasi ini pengguna juga dapat menentukan Target Setting, seperti menentukan jumlah langkah (Sports Target) yang bakal dikalkulasi setiap harinya. Selain itu, juga bisa menentukan Sleep Target, Target Weight, Calori Goal dan Distance Target.

Untuk melakukan beberapa pengaturan lainnya, melalui aplikasi ini pengguna bisa mengakses menu Device. Selanjutnya, akan ditemukan serangkaian item yang bisa diatur agar penggunaan smartwatch Start Go S1 bisa lebih dimaksimalkan, termasuk untuk mengkalkulasi siklus menstruasi bagi pengguna wanita.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 20 Pro

Amunisi terbaru dari realme untuk memanjakan para realme Fans yang gemar bermain game mobile, realme telah meluncurkan realme narzo 20...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 months ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer