Connect with us
UM462DA
Review

Review OPPO Reno2 F: Dipakai Ngegame, Baterainya Awet

OPPO sudah resmi memasarkan OPPO Reno2 F di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan dukungan 48 MP Quad Camera, SoC Helio P70 dari MediaTek serta baterai 4.000 mAh.

Updated

OPPO Reno2 F akhirnya resmi dijual di pasar Indonesia. Bagi kalian yang tertarik untuk meminang smartphone ini, OPPO membanderolnya dengan harga Rp5.399.000. Nah! DroidLime berkesempatan untuk mereview langsung smartphone yang punya punya kamera depan dengan model pop-up ini.

Seperti yang kita tahu, OPPO pada bulan Juni 2019 telah memboyong OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom. Bisa dibilang, OPPO Reno2 F adalah penerus OPPO Reno yang tentu saja dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Lantas, bagaimana dengan desain, performa yang ditawarkan dan dukungan kamera yang disematkan?

Desain tidak kacangan

Meski ditawarkan dengan harga lebih murah dari OPPO Reno, OPPO Reno2 F punya desain yang tidak bisa kalian sepelekan. Bagaimana tidak! Smartphone ini datang dengan layar berukuran 6,5 inci memiliki resolusi FullHD+ dan masih memakai panel AMOLED. Ada juga dukungan in-display fingerprint (Hidden Fingerprint Unlock 3.0).

Ya! Dukungan panel AMOLED yang disematkan oleh OPPO ke dalam smartphone ini tentunya membawa keuntungan tersendiri. Panel layar AMOLED mampu menampilkan sebuah gambar yang tajam dan jernih. Selain itu, di bawah paparan sinar matahari pun kita masih bisa melihat gambar yang ditampilkan dengan jelas.

Layar AMOLED sebenarnya sudah tahan dengan goresan. Meski begitu, OPPO tetap memberikan proteksi terhadap layar OPPO Reno2 F. Ya! OPPO telah melindungi layar OPPO Reno2 F dengan Corning Gorilla Glass 5 sehingga benar-benar memberi rasa aman ketika layar smartphone tersebut bergesekan dengan uang logam di saku celana.

Bezel di sisi bagian atas serta samping layar juga dibuat sangat tipis. Ya! Smartphone ini tidak punya poni atau pun punch-hole. Kamera depan dimuat ke dalam sebuah modul yang bisa naik-turun di sisi bagian atas. Hanya saja, dagu OPPO Reno2 F masih terlihat begitu tebal. Rasio screen-to-body smartphone ini mencapai 91,1 persen.

Beralih ke cangkang belakang, OPPO mengemas smartphone ini dengan sentuhan akhir yang terlihat begitu indah. Ya! Bagian belakang smartphone ini juga sudah dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 dan OPPO menyusun dukungan empat kamera yang disematkan secara vertikal di bagian tengah.

Susunannya adalah di bagian atas ada O-Dot yang berfungsi untuk melindungi lensa. Lalu, ada tiga lensa yang ditempat dalam satu modul. Sementara, lensa keempat di tempatkan secara terpisah di bagian bawah. Dual-LED flash juga di tempatkan secara terpisah, tepat di samping tiga lensa yang ada.

Untuk menambah kesan mewah, OPPO juga mencantumkan teks yang bertuliskan “DESIGNED FOR RENO”. Selain itu, ada juga logo OPPO yang begitu terlihat jelas. Kebetulan yang direview oleh DroidLime adalah OPPO Reno2 F dengan balutan warna Sky White. Warna lainnya yang dipunyai oleh OPPO Reno2 F adalah Lake Green.

OPPO Reno2 F datang dengan bingkai logam sehingga kesan kokoh juga sangat nampak. Di sisi kanan ada tombol Power yang bersebelahan dengan slot untuk kartu SIM dan kartu microSD. Menariknya, OPPO Reno2 F punya slot hybrid alias dedicated, sehingga pengguna bisa memuat dua kartu SIM serta kartu microSD secara bersamaan.

Sementara, di sisi kiri ada tombol Volume (+/-) dan di sisi bawah, OPPO memuat port jack audio 3.5 mm yang sejajar dengan port USB Type-C serta lubang speaker. Nah! Di sisi bagian atas, ada modul kamera pop-up yang diletakan tepat di tengah-tengah dan disebelahnya ada lubang mikrofon.

Performa didorong SoC Helio P70

Datang sebagai OPPO Reno2 Series yang paling terjangkau, OPPO telah membenamkan SoC alias System on Chip buatan MediaTek ke dalam OPPO Reno2 F. Ya! Di dalam bodinya telah bercokol Helio P70 (MT6771T) yang masih memiliki teknologi fabrikasi 12 nanometer.

Inti arsitektur dari Helio P70 adalah Octa-core dengan konfigurasi empat core ARM Cortex-A73 dengan clock speed 2,1 GHz ditambah empat core ARM Cortex-A53 dengan clock speed 2,0 GHz. Di dalam Helio P70 juga sudah terpasang GPU Mali-G72 MP3 untuk mendongkrak kinerja grafisnya.

Chipset MediaTek Helio P70 yang dibenamkan ke dalam Reno2 F tidak berjalan sendirian. SoC ini juga telah dipasangkan dengan RAM sebesar 8 GB serta internal storage berkapasitas 128 GB. Tidak puas dengan kapasitas peyimpanan internal yang tersedia, kalian bisa memanfaatkan slot untuk memuat kartu microSD hingga 256 GB.

Lantas, punya spesifikasi seperti itu, bagaimana dengan performanya? Dibenchmark menggunakan AnTuTu versi 7.2.2, skornya bisa mencapai 147.317 poin. Sementara, ketika dibenchmark menggunakan aplikasi PCMARK lewat pilihan Work 2.0 Performance, skornya mencapai 7.756 poin.

Tidak hanya sekadar menguji performa smartphone ini via AnTuTu dan PCMARK, DroidLime juga menjajal kemampuan OPPO Reno2 F secara langsung dengan memainkan tiga game berat, yakni Asphalt 9: Legends, Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile. Ya! Ketiganya tentu saja akan menguji kemampuan CPU dan GPU Reno2 F.

Bermain Game Berat

Ketika diajak untuk memainkan game Asphalt 9: Legends, smartphone OPPO Reno2 F mampu menyajikan kualitas gambar yang enak untuk dinikmati. Ya! Mobil yang kita gunakan dan beradu kecepatan di dalam lintasan juga bisa berjalan dengan mulus alias bebas lag.

Bermain Call of Duty: Mobile dengan OPPO Reno2 F, dalam pengaturannya kita hanya bisa memilih kualitas grafis sampai dengan opsi High. Begitu juga dengan pilihan frame rate, yakni hanya mencapai High. Meski begitu, kita tetap mendapatkan rasa nyaman untuk memainkan game battle royale ini dalam waktu yang lama.

Nah! Game battle royale lainnya yang dimainkan di smartphone OPPO Reno2 F ini adalah PUBG Mobile. Pengaturan dalam game ini, hanya bisa memilih HD untuk kualitas grafisnya dan High untuk pilihan frame rate. Punya pengaturan seperti itu, memainkan PUBG Mobile di OPPO Reno2 F terbilang nyaman.

Hal menarik dari OPPO Reno2 F, OPPO juga sudah menyelipkan Hyper Boost 2.0. Ya! Dukungan Hyper Boost 2.0 ini berguna untuk meningkatkan performa Reno2 ketika sedang menjalankan aplikasi atau game berat. Di dalam Hyper Boost 2.0, OPPO juga menghadirkan fitur Frame Boost dan Touch Boost.

Sekadar informasi untuk kalian, fitur Frame Boost dapat digunakan untuk memberikan kestabilan frame rate pada game yang dijalankan. Sementara fitur lainnya, yakni Touch Boost memiliki fungsi untuk meningkatkan reaponsivitas sentuhan jari terhadap layar.

Bagiamana dengan suhu smartphone OPPO Reno2 F ketika memainkan ketiga game di atas dalam waktu yang lama? Ya! DroidLime memainkan masing-masing game dalam waktu 1 jam dan suhu dari bodi OPPO Reno2 masih dalam batas yang wajar, yakni antara 34 hingga 36 derajat celcius.

OPPO Reno2 F juga sudah dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. Tak ketinggalan, pabrikan smartphone asal Cina ini juga sudah membenamkan fitur fast charging 20W dengan teknologi buatannya yang dikembangkan sendiri, yakni VOOC Flash Charge 3.0.

Untuk mengisi penuh baterai OPPO Reno2 F dari kondisi 0 persen hanya dibutuhkan waktu sekitar 90 menit Nah! Ketika sudah terisi penuh alias 100 persen dan OPPO Reno2 F digunakan untuk memainkan game PUBG Mobile dalam waktu satu jam, baterai terkuras hingga menyisakan 80 persen.

Kamera Lengkap

OPPO begitu percaya diri memperkenalkan OPPO Reno2 F karena smartphone ini punya dukungan empat kamera di bagian belakang. Ya! Tidak hanya sekadar empat kamera, tetapi lensa utamanya juga ditopang dengan sensor 48 MP. Bisa dibilang, inilah salah satu amunisi OPPO untuk bertarung di pasar smartphone empat kamera 48 MP.

Digali lebih dalam, lensa utama 48 MP dtemani oleh tiga lensa lainnya yang memiliki konfigurasi lensa ultra-wide 8 MP, lensa monokromatik 2 MP dan lensa portrait 2 MP. OPPO juga melengkapi smartphone ini dengan Ultra Night Mode 2.0 untuk kebutuhan memotret malam hari.

Selain itu, berkat dukungan lensa ultra-wide yang disematkan, OPPO Reno2 F bisa kita gunakan untuk memotret objek dengan sudut pandang hingga 119 derajat. Tidak ketinggalan, OPPO juga menyelipkan fitur Portrait Mode 2.0 yang bisa kita gunakan untuk menciptakan foto dengan efek bokeh. Tingkat bokehnya pun bisa kita atur sesuai selera.

Masih terkait dengan dukungan empat kamera belakang yang disematkan, OPPO juga memuat fitur HDR Portrait dan AI Beauty Mode. Ditambah dukungan filter 06 dan 07, memungkinkan kalian untuk memotret dengan hasil foto yang terlihat klasik dengan memunculkan kesan retro yang lebih menonjol.

Bagaimana jika OPPO Reno2 F digunakan untuk video recording? Sekali lagi, berkat dukungan lensa ultra-wide, kalian juga bisa berkreasi untuk menciptakan video dengan tampilan yang lebih luas. Kalin juga bisa menciptakan video slow-mo dengan resolusi FullHD alias 1.080p pada @30fps.

Nah! Satu hal yang cukup mengejutkan, OPPO juga menyisipkan SOLOOP. Ini adalah video editor cerdas yang dimuat oleh OPPO ke dalam aplikasi Camera yang ada pada OPPO Reno2 Series. Lewat editor ini, kalian bisa mengolah video dengan mudah dan menambahkan sentuhan tema, filter, musik serta efek spesial yang tersedia.

Oh ya! Untuk kamera depannya, OPPO Reno2 F mengadopsi desain pop-up seperti yang ada pada OPPO F11 Pro atau OPPO K3. Agar terlihat lebih menarik, OPPO juga menyisipkan lampu LED di sisi modul kamera depan yang juga berguna sebagai selfie timer. Sensor kamera depannya sendiri adalah 16 MP dengan bukaan lensa f/2.0.

Berikut contoh foto yang dibidik menggunakan OPPO Reno2 F:

Ketersediaan dan harga Reno2 F

Seperti yang sudah kita tahu bersama, OPPO memperkenalkan OPPO Reno2 F pada tanggal 8 Oktober 2019 lalu. Datang ke Indonesia, smartphone ini dibanderol seharga Rp5.399.000. Bisa dibilang, inilah seri OPPO Reno yang paling murah ditawarkan oleh OPPO.

Jika berbicara nilai lebih dari smartphone ini adalah dukungan layar dengan teknologi AMOLED berukuran 6,5 inci. Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan empat kamera belakang, dengan lensa utama 48 MP serta kamera depan yang menganut desain pop-up alias naik-turun.

Selain itu, dukungan baterai yang sudah dilengkapi fitur VOOC Flash Charge 3.0 juga memberi rasa nyaman dalam hal penggunaan. Artinya, tidak butuh waktu lama bagi kalian untuk mengisi baterai 4.000 mAh yang bercokol di dalam tubuh OPPO Reno2 F.

Hanya saja, smartphone ini punya chipset Helio P70 (MT6771T) dari MediaTek. Nama MediaTek sendiri di kalangan pencinta gadget masih sebagai produsen SoC yang “belum mampu” mengejar Qualcomm. Meski begitu, OPPO membuktikan bahwa Reno2 F masih nyaman melahap game berat, seperti Call of Duty: Mobile atau PUGB Mobile.

UM462DA
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi vivo S5

vvo baru saja merilis smartphone kelas menengah terbarunya. Ya! Smartphone tersebut datang dengan nama vivo S5 yang disokong dengan Snapdragon...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y12

Meramaikan pasar spesifikasi smartphone yang ditujukan untuk konsumen entry-level, vivo punya vivo Y12 dengan harga Rp1,8 jutaan. Smartphone ini datang...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Y9s

Huawei secara resmi telah memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, Huawei Y9s. Smartphone ini datang ditenagai chipset Kirin 710F dan punya kamera...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Xaomi Redmi Note 8T

Redmi Note 8T secara resmi telah diperkenalkan oleh Xiaomi. Dijual dengan harga mulai dari Rp2.8 juta, smartphone ini identik dengan...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10

Xiaomi Mi Note 10 adalah smartphone versi global dari Mi CC9 Pro yang hanya dijual di Cina. Dengan harga mulai...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi CC9 Pro

Mi CC9 Pro sudah secara resmi diperkenalkan oleh Xiaomi. Smartphone ini datang dengan dukungan lima kamera belakang 108 MP dan...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Meizu 16T

Menjelang akahir tahun 2019, Meizu merilis flagship baru. Dibanderol mulai dari harga Rp4 juta, smartphone tersebut adalah Meizu 16T yang...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Nova 5z

Huawei merilis smartphone baru dari lini kelurga nova dan menjual smartphone mulai harga Rp3 jutaan. Ya! Smartphone tersebut adalah Huawei...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!