Connect with us
ROG-Zephyrus-G14
Harga HP

Harga dan Spesifikasi Sony Xperia 1 II

Sony secara resmi telah mengumumkan smartphone jagoan terbarunya, Sony Xperia 1 II (Sony Xperia One Mark Two). Smartphone yang ditenagai SoC Snapdragon 865 ini dibanderol dengan harga Rp18 juta.

Updated

Spesifikasi dan Harga

HargaRp18 juta
Platform
ChipsetQualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
CPUOcta-core (1x2.84 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585)
GPUAdreno 650
Sistem OperasiAndroid 10
Memori
RAM8 GB
Internal256 GB
EksternalmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Bodi
Dimensi165,1 x 71,1 x 7,6 mm
Berat181,4 gram
Slot SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeOLED
Ukuran6,5 inci
Resolusi2K, 1.644 x 3.840 piksel
Kamera
Belakang12 MP + 12 MP + 12 MP
Depan8 MP
Video2160p@24/25/30/60fps HDR, 1080p@30/60/120fps; 5-axis gyro-EIS, OIS
FiturZeiss optics, LED flash, panorama, HDR, eye tracking
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE / 5G
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFCYa
Lainnya
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass, color spectrum
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector; USB On-The-Go
Jack audioYa
BateraiLi-Po 4000 mAh

Sony adalah salah satu perusahaan yang berencana untuk memperkenalkan smartphone barunya di awal tahun ini di MWC 2020 di Barcelona, Spanyol. Namun, karena MWC 2020 batal, Sony pun akhirnya mengambil keputusan untuk memperkenalkan smartphone barunya itu dalam sebuah acara yang dikemas secara online.

Ya! Sony secara resmi telah memperkenalkan flagship terbarunya di awal tahun yang datang dengan sebutan Sony Xperia 1 II (dibaca Sony Xperia One Mark Two). Smartphone ini datang sebagai penerus Xperia 1 yang diperkenalkan pada awal tahun lalu, di MWC 2019.

Ditenagai chipset Snapdragon 865

Tidak mau kalah dengan Samsung dan Xiaomi yang sudah memperkenalkan smartphone unggulannya dengan chipset papan atas milik Qualcomm, Sony pun mengemas Xperia 1 II dengan dukungan SoC Snapdragon 865. Tidak ketinggalan, di dalam smartphone ini Sony juga telah menyelipkan modem 5G yang bekerja pada jaringan Sub 6 GHz.

Chipset Snapdragon yang 865 yang ada di dalam tubuh Xperia 1 II berpasangan dengan RAM sebesar 8 GB serta internal storage berkapasitas 256 GB yang sudah mengusung teknologi UFS 2.1. Meskipun sudah dibekali penyimpanan internal yang terbilang besar, smartphone ini juga masih dilengkapi dengan slot microSDXC.

Sementara untuk catu dayanya, smartphone yang telah dibekali sertifikasi IP65/IP68 untuk ketahanan anti-air dan anti-debu memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh. Ya! Tak ketinggalan, Sony juga menyisipkan dukungan pengsian nirkabel ke dalam smartphone barunya ini.

Empat kamera belakang, trio lensa 12 MP

Sony Xperia 1 yang diperkenalkan pada awal tahun lalu dipersenjatai dengan tiga kamera belakang. Nah! Generasi selanjutnya, Sony Xperia 1 II datang dengan empat kamera belakang. Penempatan kamera belakang Xperia 1 II juga berbeda, yakni ditampung dalam satu kluster yang diletakkan di sudut kiri atas.

Ya! Resolusi lensa yang ditawarkan tidak berubah, terdiri dari lensa utama 12 MP yang dipasangkan dengan lensa ultra-wide 12 MP, lensa telefoto 12 MP serta lensa 3D ToF. Akan tetapi, pengaturan terbaru yang ada pada Xperia 1 II membawa sensor lebih besar, lensa lebih cepat dan untuk pertama kalinya membawa branding ZEISS.

Modul kamera paling atas yang ada di bagian belakang adalah lensa ultra-wide dengan panjang fokus setara 16 mm, aperture f/2.2, sensor 1/2,6″ dengan Dual-PDAF. Selanjutnya, yang ditengah adalah lensa telefoto dengan panjang fokus 70 mm, aperture f/2.4, sensor 1/3,4″ dan punya dukungan OIS.

Kamera utama Sony Xperia 1 II memiliki sensor Exmor 1/1,7″ yang sangat besar dengan sensor Dual-PDAF dan OIS. Modul kamera ini juga memiliki lensa paling terang dengan aperture f/1.7. Terjepit di antara modul kamera utama dan telefoto adalah sensor 3D ToF, seharusnya lebih membantu kecepatan fokus.

Berbicara tentang fokus, Xperia 1 II hadir dengan fitur Eye AF yang dibawa dari Xperia 1. Hanya saja, kali ini fitur tsersebut juga berfungsi pada hewan. Sony juga mengkalim bahwa Xperia 1 II adalah smartphone pertama yang dapat melakukan burst 20fps dengan pelacakan AF.

Lantas, bagaimana dengan dukungan untuk foto selfie dan video call? Ya! Sony Xperia 1 II telah dilengkapi dengan kamera depan 8 MP yang duduk manis di bezel atas. Ya! Lensa yang sama yang kita temukan pada Xperia 1 dengan aperture f/2.0 dan panjang lensa 24 mm (wide).

Panel OLED berukuran 6,5 inci

Datang sebagai smartphone unggulan alias flagship, Sony tentunya meramu Xperia 1 II secara matang, tak terkecuali di sektor layar. Ya! Smartphone ini dibangung dengan panel OLED berukuran 6,5 inci yang mendukung HDR 4K. Selain itu, Xperia 1 II juga datang dengan rasio sinematik 21:9, yang sudah semakin akrab bagi pengguna setia Sony.

Hanya saja, raksasa elektronik asal Jepan ini melewatkan layar dengan refresh rate tinggi. Sebagai gantinya Sony memilih untuk menerapkan Motion Blur Reduction yang diklaim cocok dengan layar 90 Hz. Dikatakan, fitur ini dapat menganalisa apa yang ada di layar dan menyesuaikan masing-masing frame untuk mengurangi frame lag.

Untuk melindungi layarnya dari goresan, Sony juga telah melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 6. Begitu juga dengan panel kaca bagian belakang, sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 6. Ya! Sama seperti pendahulunya, Xperia 1 II juga dibekali dengan pemindai sidik jari yang ditempatkan di sisi kanan perangkat.

Xperia 1 II hadir dengan speaker stereo yang dikatakan sebagai peningkatan dari Xperia 1. Selain itu, Sony juga membekali smartphone barunya ini dengan jack audio 3.5 mm, yang sebelumnya tidak ada pada Xperia 1. Ada dua pilihan warna Xperia 1 II yang ditawarkan Sony, yakni Hitam dan Ungu.

Harga Sony Xperia 1 II

Sony Xperia 1 II yang berjalan dengan Android 10 sepertinya banyak menerima masukan dari divisi Sony lainnya. Misalnya, antarmuka kamera memiliki kemiripan dengan yang ditemukan pada kamera Sony Alpha. Selain itu, smartphone ini juga memiliki aplikasi Cinema Pro yang dikembangkan bersama dengan Sony CineAlta dan divisi Alfa.

Ada juga aplikasi baru bernama Camera Pro yang melakukan pekerjaan yang sama untuk olah gambar. Aplikasi ini menyediakan banyak kontrol dan color management pre-sets untuk semua jenis pengaturan. Nah! Untuk pencinta audio a.k.a audiophiles akan mendapatkan 360 Reality Audio untuk mengoptimalkan kualitas suara.

Lantas, bagaimana dengan harganya? Ya! Melalui rilis yang diberikan ke sejumlah media, Sony menyebutkan bahwa Xperia 1 II dijual dengan harga € 1.200 atau sekitar Rp18 juta. Juga dikatakan, smartphone ini hanya tersedia untuk varian 5G dan mulai dijual pada kuartal kedua tahun ini.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro

Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ke pasar Indonesia. Kedua smartphone ini diklaim oleh Xiaomi...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Samsung kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan Galaxy A21s. Ditenagai Exynos 850, smartphone ini hadir untuk menjangkau konsumen...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Tidak hanya meluncurkan Galaxy M21, Samsung juga memboyong Galaxy M Series lainnya, yakni Galaxy M11 ke pasar Indonesia. Datang sebagai...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

POCO sudah memperkenalkan penerus dari POCO F1 yang datang dengan sebutan POCO F2 Pro. Datang sebagai smartphone unggulan, POCO membekali...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer