Connect with us
VivoBook-S14-S433FL
Harga HP

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Meramaikan pasar smartphone kelas menengah, Samsung baru saja memboyong Galaxy A31 ke Indonesia. Smartphone yang dijual seharga Rp4 jutaan ini telah ditenagai Helio P65 dari MediaTek.

Updated

Spesifikasi dan Harga

HargaRp4.199.000
Platform
ChipsetMediaTek Helio P65
CPUOcta Core (Dual 2.0GHz + Hexa 1.7GHz)
GPU-
Sistem OperasiOne UI 2.0 - Android 10
Memori
RAM6 GB
Internal128 GB
EksternalmicroSD slot (up to 512GB)
Bodi
Dimensi73,1 x 159,3 x 8,6 mm
Berat185 gram
Slot SIMDual SIM (3 slot)
Layar
TipeSuper AMOLED
Ukuran6,4 inci
ResolusiFullHD+, 1.080 x 2.400 piksel
Kamera
Belakang48 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP
Depan20 MP
Video1080p@30fps
FiturLED flash, panorama, HDR
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFCYa
Lainnya
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Jack audioYa
BateraiLi-Po 5000 mAh - Fast Charging 15W

Pertengahan Januari lalu, Samsung membuat kejutan dengan memperkenalkan Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71. Kedua smartphone tersebut adalah penerus dari Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A70 yang diperkenalkan pada ahun 2019.

Nah! Melengkapi portofolio Galaxy A Series yang dikembangkan, Samsung pada bulan ini kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Galaxy A31. Smartphone yang membawa tagline “The Next Generation Awesome Live” ini pun turut diboyong ke pasar Indonesia.

Lantas, apa yang menjadi nilai jual dari Samsung Galaxy A31 yang ditawarkan dengan harga Rp4 jutaan ini? Setidaknya, ada tiga fitur peningkatan yang disematkan oleh Samsung ke dalam smartphone ini jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Peningkatan pertama, Samsung Galaxy A31 datang dengan layar Infinity-U FullHD+ dengan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci. Peningkatan kedua dan ketiga adalah menyasar sektor kamera dengan lensa utama 48 MP dan dukungan baterai jumbo 5.000 mAh.

Layar Infinity-U FullHD+ Super AMOLED 6,4 inci

Lewat peluncurannya yang disiarkan secara online (live streaming), Samsung mengaakan bahwa Galaxy A31 datang sebagai penerus dari Samsung Galaxy A30s. Seperti yang sudah kita tahu bersama, Galaxy A30s datang dengan layar Super AMOLED 6,4 inci, hanya saja Samsung mengemasnya dalam resolusi HD+ alias 720p.

Nah! Samsung memang ingin memanjakan para pengguna setianya. Untuk itulah, Samsung meningkatkan resolusi Galaxy A31 menjadi FullHD+, untuk memberikan pengalaman yang lebih sempurna, terutama ketika pengguna Galaxy A31 ingin menikmai konten hiburan seperti nonton film aau bermain game.

Sedikit mengubah desain poninya, Galaxy A31 pun datang dengan layar Infinity-U. Poni tersebut juga menjadi wadah untuk menampung kamera depan. Selain itu, Samsung juga mengemas Galaxy A31 dengan rasio layar 20:9 yang diklaim dapat membantu pengguna untuk memaksimalkan kegiatan live gaming dan pengalaman entertainment.

Lalu, bagaimana dengan cangkang bagian belakangnya? Samsung meramu bagian belakang Galaxy A31 masih sama seperti Galaxy A30s, yakni dengan sentuhan akhir glossy. Hanya saja, modul kameranya dibuat berbentuk persegi seperti Galaxy A51 dan Galaxy A71 untuk menampung empat lensa sekaligus ditambah sebuah LED flash.

Sementara itu, logo Samsung digeser ke bawah. Nah! Galaxy A31 yang diboyong ke pasar Indonesia tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Blue. Sebenarnya ada satu warna lagi, yakni Prism Crush Red yang tidak diboyong oleh Samsung ke Tanah Air.

Empat kamera belakang dengan lensa utama 48 MP

Samsung meramu Galaxy A31 juga untuk memanjakan para pengguna gadget yang hobi mobile photography. Bagaimana tidak, Samsung kini berani untuk memberi peningkatan di sektor kamera Galaxy A31 dengan membenamkan lensa utama 48 MP f/2.0.

Jika Galaxy A30s datang dengan tiga kamera belakang, Samsung Galaxy A31 punya empat kamera belakang. Lensa utama 48 MP f/2.0 ditemani dengan lensa ultra-wide 8 MP dengan aperture f/2.2, sensor kedalaman 5 MP dan lensa makro 5 MP dengan aperture f/2.4.

Kemampuan kameranya itu diklaim mampu menghasilkan foto yang awesome berkat teknologi AI yang secara otomatis mampu mengoptimalkan hasil foto meskipun dalam situasi minim cahaya. Oleh karena itu, Galaxy A31 digadang-gadang bisa dipakai untuk memotret di siang maupun malam hari.

Lalu, bagaimana dengan kamera depannya yang ditampung di dalam sebuah poni dengan desain Infinity-U? Tak kalah mengejutkan, Galaxy A31 punya kamera depan 20 MP dengan aperture f/2.2. Jelas, ini sebuah kamera depan yang sudah lebih dari cukup untuk menjawab keinginan pengguna yang suka narsis.

Ditenagai MediaTek Helio P65

Untuk yang penasaran dengan dapur pacunya, Samsung Galaxy A31 sudah ditenagai oleh chipset Helio P65 dari MediaTek. Memang dari informasi yang diberikan oleh Samsung, mereka hanya menuliskan bahwa smartphone ini memakai prosesor Octa-core dengan konfigurasi Dual 2.0 GHz + Hexa 1.7 GHz.

Sementara untuk memorinya, Samsung hanya menyediakan satu opsi, yakni RAM 6 GB yang berpasangan dengan inernal storage berkapasitas 128 GB. Tak perlu khawatir jika kalian ingin mendongkrak kapasitas penyimpanannya, Galaxy A31 masi dibekali slot untuk menampung kartu microSD hingga 512 GB.

Sudah disebutkan, Samsung juga membekali smartphone barunya ini dengan baterai jumbo 5.000 mAh. Sayangnya, Samsung hanya melengkapi fitur pengisian cepat dengan daya 15W, masih sama seperti yang ada pada Galaxy A30s. Pengisian baterai bisa melalui port USB Type-C yang letaknya ada di sisi bagian bawah.

Harga Samsung Galaxy A31

Datang dengan layar Super AMOLED, Galaxy A31 sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di bawah layar alias in-display fingerprint. Fitur lainnya yang menjadi daya tarik dari smartphone yang menjalankan One UI 2.0 berbasis Android 10 ini adalah dukungan NFC dan Samsung Pay.

Nah! Untuk harganya, Samsung melepas Galaxy A31 ke tangan konsumen dengan harga Rp4.199.000. Bagi kalian yang tertarik dengan smartphone ini, bisa langsung ikutan program flash sale di Lazada, Blibli, Shopee, JD.id, dan Samsung.com, mulai tanggal 5 hingga 10 Mei 2020.

Bagi konsumen yang membeli Galaxy A31 selama periode flash sale akan langsung mendapatkan battery pack (power bank), serta potongan harga sebesar Rp100 ribu. Bahkan konsumen juga bisa mendapat ekstra potongan harga sebesar Rp200 ribu jika melakukan pembayaran menggunakan partner bank resmi.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M21

Samsung Galaxy M21 resmi diboyong oleh Samsung ke pasar Indonesia. Ditenagai chipset Exynos 9611, RAM 4 GB dan penyimpanan internal...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y30

Setelah memperkenalkan vivo Y50, vivo kembali melengkapi lini Y Series yang dikembangkannya dengan menghadirkan vivo Y30. Smartphone yang ditenagai chipset...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A92

OPPO beberapa waktu lalu telah memperkenalkan smartphone barunya, yang masuk ke lini A Series di Indonesia. Smartphone tersebut adalah OPPO...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A52

OPPO diam-diam telah memboyong OPPO A52 ke pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ke bawah ini telah dibekali chipset Snapdragon 665...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Meramaikan pasar smartphone kelas menengah, Samsung baru saja memboyong Galaxy A31 ke Indonesia. Smartphone yang dijual seharga Rp4 jutaan ini...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Apple iPhone SE (2020)

Apple pada pertengahan bulan lalu sudah meluncurkan smartphone "murah" terbarunya, iPhone SE (2020). Ini adalah generasi kedua dari iPhone SE...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifkasi vivo Y50

Pasar Indonesia kembali kedatangan smartphone kelas menengah yang ditawarkan oleh vivo. Smartphone tersebut adalah vivo Y50 yang sudah dbekali chipset...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A12

Dikelas menengah ke bawah, OPPO baru saja memperkenalkan smartphone barunya, OPPO A12. Smartphone yang dibanderol seharga Rp2 jutaan ini telah...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer