Connect with us
FX516
Harga HP

Harga dan Spesifikasi Essential Phone PH-1

Updated

Setelah beragam bocoran muncul di awal tahun 2017, akhirnya smartphone besutan “si Bapak Android” Andy Rubin resmi diluncurkan dengan nama Essential Phone PH-1. Selain spesifikasi hardware yang mumpuni, Essential Phone dibekali layar hampir tanpa bezel dan aksesori modular yang mudah dibongkar-pasang.

Desain modular

Hampir mirip dengan konsep yang ditawarkan smartphone Moto Z, Essential Phone juga dibekali dengan aksesori modular yang mudah untuk dibongkar maupun dipasang. Kalau Moto Z memiliki banyak pin magnet pada bagian belakangnya, Essential Phone memiliki dua pin magnet di sebelah kanan dekat kamera belakangnya.

Lihat smartphone modular lainnya

Untuk saat ini baru terdapat dua aksesori modular pada Essential Phone, yakni kamera 360 derajat dan Essential Phone Dock. Kamera 360 derajat dibekali dengan dual-camera beresolusi 12 MP lensa fisheye (210 derajat) serta empat mikrofon untuk ciptakan video imersif dengan resolusi 3.840 x 1.920 piksel berkecepatan 30 fps.

Sementara Essential Phone Dock dapat terhubung pada dua pin magnet di bagian belakang dimana memiliki fungsi untuk mengisi daya baterai smartphone layaknya teknologi wireless charging yang dimiliki smartphone flagship lainnya.

Nyaris tanpa bezel

Kini konsep layar bezel-less sudah populer disematkan di beberapa smartphone dunia, seperti Xiaomi Mi MIX maupun Samsung Galaxy S8 dan S8+. Mengikuti perkembangan tersebut, Essential Phone dibekali dengan layar 5,71 inci beresolusi Quad HD (2.560 x 1.312 piksel).

Layar ini berteknologi LTPS LCD yang hampir tanpa bezel dengan aspect ratio mencapai 19:10. Dalam meminimalisir terjadinya goresan, Essential juga telah menyematkan kaca antigores Corning Gorilla Glass 5 pada smartphone ini.

Apabila Xiaomi Mi MIX mengorbankan kamera depannya berada di bawah agar membuat layarnya terlihat seperti tanpa bezel, berbeda dengan Essential Phone yang menyematkan kamera depan pada bagian tengah atas yang memotong area bar notifikasi. Agak aneh dan nyeleneh memang.

Lihat smartphone bezel-less lainnya

Dual-camera monokrom

Essential Phone dibekali dengan dual-camera utama yang memiliki kombinasi kamera 13 MP dengan sensor RGB (berwarna) + 13 MP dengan sensor monokrom. Dual-camera ini juga memiliki kemampuan untuk mengambil foto bokeh, telephoto, dan true monochrome mode. Tak ketinggalan, dukungan aperture f/1.85, Hybrid Autofocus (Contrast, Phase Detection, dan IR Laser Assist Focus), serta LED flash hadir pada kamera belakangnya.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aspect ratio 16:9 dan aperture f/2.2 untuk lensa hyperfocal untuk kebutuhan selfie. Baik kamera utama dan kamera depannya sama-sama memiliki kemampuan merekam video 4K berkecepatan 30 fps, Full HD berkecepatan 60 fps, dan HD berkecepatan 120 fps (slow motion).

Smartphone dual-camera lainnya

Hardware flagship

Sebagai smartphone kelas atas, Essential Phone telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 128 GB. Dengan kombinasi spesifikasi hardware tersebut dapat membuat smartphone ini melahap berbagai aplikasi maupun game berat. Sayangnya kapasitas penyimpanannya tidak dapat ditambah microSD.

Selain itu, kekurangan yang mungkin bakal dirasakan adalah kapasitas baterainya yang hanya 3.040 mAh (Quick Charge). Dengan CPU super kencang, layar besar, dan resolusi tinggi, kapasitas baterai ini sebenarnya agak diragukan bisa bertahan lama.

Lihat juga flagship lainnya

Bodi titanium

Kalau biasanya bodi smartphone saat ini menggunakan bahan logam Aluminium, berbeda dengan Essential Phone yang menggunakan bahan Titanium. Pihak Essential mengatakan bahwa smartphone yang satu ini bakal lebih tahan terhadap goresan, benturan, maupun bengkok. Selain itu, bodi bagian belakangnya memiliki bahan keramik yang membuatnya tampak elegan.

Harga Essential Phone

Baru saja diperkenalkan awal Juni 2017, smartphone yang tidak punya jack audio 3,5 mm ini bakal dibanderol dengan harga US$700 atau sekitar Rp9,3 jutaan. Namun apabila ingin membeli sepaket dengan aksesori kamera 360 derajat maka Anda perlu merogoh kocek hingga US$750 atau sekitar Rp9,9 jutaan. Saat ini Essential Phone PH-1 baru tersedia eksklusif untuk kawasan Amerika Serikat saja.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP8 hours ago
Harga dan Spesifikasi realme 8/realme 8 Pro

realme kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan memperkenalkan realme 8 dan realme 8 Pro. Datang sebagai smartphone realme "series...

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10/Note 10 Pro

Xiaomi di akhir bulan Maret lalu kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 10 Series. Ada...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO melengkapi lini OPPO Reno5 series dengan menghadirkan OPPO Reno5 F di pasar Indonesia. Smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Pada pertengahan bulan Maret ini Xiaomi telah meluncurkan Mi 11 di pasar Indonesia. Ya! Smartphone pertama di Indonesia yang dibekali...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52 | Galaxy A72

Dua Galaxy A Series terbaru dari Samsung yang menyasar pengguna gadget kelas menengah ke atas sudah mendarat di Indonesia. Kedua...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A32 di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini tiba dengan dukungan chipset Helio G80 dari MediaTek,...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak awal Maret 2021. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G85,...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9T

Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone "enrtri level" terbaru, Redmi 9T. Membawa tagline "Jawaranya Batre Gede", Redmi 9T diperkenalkan oleh Xiami pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer