Connect with us
ZenBook-13-14
Hands-on

Hands-on Xiaomi Redmi Note 5

Updated

Seri Redmi Note dari Xiaomi akhirya kembali lagi. Yang hadir tauhn ini adalah generasi kelima dengan dua varian, yaitu versi biasa yang dijual di Cina dan Indonesia serta versi pro yang dijual eksklusif di India. Perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah resolusi kamera depan.

Kotak merah sederhana

Ya, unit Xiaomi Redmi Note 5 yang belum lama dirilis di Indonesia sama dengan yang dirilis di Cina, tidak ada embel-embel Pro. Namun Anda tidak perlu kecewa karena varian ini tak kalah menari dari Redmi Note 5 Pro yang dijual di India. Sekarang mari kita intip kotaknya lebih dulu.

Boksnya hadir dengan warna merah di seluruh sisinya. Bagian depannya lumayan polos, cuma ada tulisan Redmi Note 5. Sedangkan di belakang tertera sebagian spesifikasinya, seperti informasi soal layar, kamera, baterai dan chipset.

Untuk isi paketan yang disediakan di dalam boksnya tergolong standar, yaitu beberapa kertas quick guide, ada SIM ejector, kabel data USB, charger berukuran cukup kecil dengan daya 2 Ampere dan jelly case transparan.

Mirip Redmi 5 Plus

Untuk smartphone-nya, Xiaomi Redmi Note 5 ini ternyata terasa lumayan berat. Bobotnya mencapai 181 gram. Bodinya juga keker dengan material mayoritas metal. Hanya ada bagian non metal di sisi teratas dan terbawah pada bodi belakangnya yang berfungsi sebagai antena.

Total Xiaomi menyediakan empat pilihan warna, yaitu black, gold, rose gold dan blue. Tapi tentunya warna blue lebih sulit dijumpai sehingga yang bakal banyak beredar hanya warna gold atau black saja.

Di bagian belakangnya, Xiaomi menempatkan konfigurasi dual-camera dengan posisi vertikal. Di sisi pinggiran kiri dan kanannya dibuat melengkung biar handling-nya lebih oke. Selain kamera, juga ada sensor fingerprint dengan bentuk bulat.

Bicara soal dimensi, ternyata ukuran bodi Redmi Note 5 sama persis seperti Redmi 5 Plus. Mulai dari panjang, lebar, sampai dengan ukuran layarnya, yaitu 5,99 inci. Layarnya sama-sama punya rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+.

Selain dimensi bodi, tata letak tombol dan slot kartunya ternyata juga sama persis Redmi 5 Plus. Tombol volume dan power ada di kanan. Slot nano SIM hybrid ada di sisi kiri bodi. Di bawah ada jack audio, port microUSB dan grill speaker.

Secara default, Xiaomi Redmi Note 5 langsung membawa user interface MIUI 9.5 yang sudah dioptimalkan buat smartphone berlayar lega minim bezel. Dan versi Android-nya juga sudah yang terbaru, yaitu 8.1 Oreo.

Dengan layar lega dan area dagu yang tidak terlalu besar, otomatis Xiaomi menempatkan tiga tombol virtual di dalam layar. Nah yang kami suka banget, tombol ini bisa dihilangkan dan diganti sistem gesture yang mirip iPhone X. Jadi lebih simpel dan praktis.

Spek menjanjikan

Dari sektor hardware, Redmi Note 5 sedikit lebih modern dari Redmi 5 Plus. Di dalamnya ada otak octa-core Snapdragon 636 1,8 GHz dengan GPU Adreno 509. Bahkan buat kapasitas RAM-nya ada yang versi 6 GB. Tapi untuk versi Indonesia hanya tersedia kapasitas 3 atau 4 GB saja.

Chipset Snapdragon 636 sendiri sebenarnya sudah support Quick Charge 4. Tapi di Redmi Note 5 ini sepertinya baru support Quick Charge 3. Biar lebih pasti, kami bakal tes lebih jauh di video review-nya nanti. Oh ya untuk baterainya sendiri punya kapasitas 4.000 mAh.

Buat yang doyan motret, di atas kertas Redmi Note 5 Pro terasa cukup menjanjikan. Di belakang ada dual-camera dengan konfigurasi 12 MP f/1.9 dan 5 MP f/2.0. Fungsi kamera sekunder 5 MP ini buat menciptakan efek bokeh. Dari percobaan yang baru sebentar, hasil jepretannya sih sekilas cukup impresif.

Tak hanya kamera belakang, kamera depan Redmi Note 5 Pro juga lumayan. Resolusinya 13 MP dan ada mode beautify. Malah kalau yang versi Pro, resolusinya 20 MP. Ya seperti yang kita tahu, jarang-jarang Xiaomi bikin smartphone dengan kamera depan di atas 5 MP. Bahkan juga ada LED flash buat nunjang selfie pas minim cahaya.

Di Indonesia, Xiaomi menawarkan Redmi Note 5 dalam tiga pilihan warna saja, yaitu black, blue dan gold. Sementara untuk varian RAM dan storage-nya ada dua. Versi RAM 3 GB dan storage 32 GB dijual seharga Rp2,5 juta dan versi RAM 4 GB plus storage 64 GB dibanderol Rp3 juta.

Video hands-on

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP1 week ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer