Connect with us
ASUS Oled
Hands-on

Hands-on Samsung Galaxy M10

Samsung secara resmi telah memboyong Galaxy M10 ke pasar Indonesia. Kami pun berkesempatan untuk melakukan unboxing dan menjajal singkat smartphone yang dibanderol seharga Rp1,7 juta ini.

Updated

Di pasar kelas menengah ke bawah alias mid-to-low, Samsung di awal tahun ini telah memboyong Galaxy M20 ke pasar Indonesia. Tak mau berpuas diri, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga menjejali pasar Indonesia dengan Galaxy M10 yang dibanderol jauh lebih murah ketimbang M20.

Ya! Samsung Galaxy M20 dibanderol dengan harga Rp2,8 juta. Sedangkan Galaxy M10 olah Samsung ditawarkan dengan harga Rp1,7 juta. Jika tidak ada halangan, Samsung baru akan menjual Galaxy M10 pada tanggal 27 Maret 2019.

Isi boks Samsung Galaxy M10

Nah! Tak perlu menunggu lama, Samsung Galaxy M10 pun sudah tiba di meja DroidLime. Seperti biasa, saatnya unboxing smartphone ini agar kalian juga tahu, apa saja yang bisa ditemukan dalam kemasan pejualan Galaxy M10 yang ditawarkan di Indonesia.

Tidak berbeda dengan kebanyak smartphone yang sudah meluncur di pasaran, dalam paket penjualannya Samsung telah memuat kepala charge dan kabel data. Selain itu, ada juga headset standar. Namun, Samsung kali ini tidak menyertakan bonus, seperti anti-gores atau pun casing.

Bagaimana dengan desian unitnya? Jika kita lihat lebih seksama, desain yang dibawa oleh Galaxy M10 memiliki “bahasa” sama persis dengan Galaxy M20. Wajar, karena Samsung menempatkan kedua dalam satu lini keluarga, yakni Samsung Galaxy M Series.

Ditenagai baterai 3.400 mAh

Akan tetapi, sebenarnya kesan sama itu cuma kalau kita lihat saja. Begitu kalian pegang, ada perbedaan yang bisa dirasakan. Lantas, apa yang bikin keduanya berbeda? Ya! Ketebalan bodinya. Galaxy M10 lebih ramping daripada Galaxy M20 dan selain itu juga lebih ringan.

Apa yang menyebabkan Galaxy M10 bisa lebih ringan dibandingkan Galaxy M20? Ini berkaitan dengan catu daya yang disematkan. Kalau Galaxy M20 menggendong baterai berkapasitas 5.000 mAh, sedangkan Galaxy M10 hanya punya baterai berkapasitas 3.400 mAh.

Meskipun baterai yang dimiliki Galaxy M10 lebih kecil, tetapi kapasitasnya masih tergolong standar. Dari pengalaman yang dijajal oleh DroidLime, smartphone yang ditenagai baterai berkapasitas 3.000 mAh bisanya bisa bertahan sampai seharian.

Bodi plastik polikarbonat

Berbicara soal bodi Galaxy M10, smartphone ini datang dengan balutan material plastik polikarbonat. Jika kita lihat, mungkin tidak terasa kesan plastiknya. Ya! Samsung membuat finising smartphone ini lebih ciamik, dibikin glossy. Berbeda jika kalian genggam, plastiknya akan lebih terasa.

Galaxy M10 yang mampir ke DroidLime memiliki warna Charcoal Black. Meskipun disebut “hitam”, warna smartphone ini condong lebih ke “grey”, karena tidak terlalu gelap. Untuk susunan tombol-tombol serta posisi interfacenya sangat familiar alias tidak berbeda dengan kebanyakan smartphone Samsung lainnya.

Tombol Volume dan tombol Power diletakkan di sisi kanan. Slot untuk menempatkan SIM Card ada di sisi kiri. Sedangkan di sisi bagian bawah, ada Jack Audio 3.5 dan port microUSB. Lantas, dimana grill speaker-nya? Posisinya diletakkan di bodi bagian belakang.

Infinity-V, bezel lebih tipis

Ya! Melihat desain bodi atau penampilan Galaxy M10 memang kurang mewah. Hal ini wajar karena Galaxy M10 ditempatkan oleh Samsung sebagai smartphone yang menyasar pengguna mid-to-low. Seperti yang telah disebutkan, harganya adalah Rp1,7. Bisa dibilang terjangkau buat smartphone sekelas Samsung.

Kesan kurang mewah ini juga sebenarnya ditutupi oleh bagian depannya. Layarnya sudah mengikuti tren kekinian, punya poni minimalis yang mereka sebut Infinity-V. Bezel-nya otomatis sudah jauh lebih tipis dibanding seri entry-level smartphone Samsung sebelumnya.

Panel layarnya menggunakan jenis PLS yang kualitasnya setara IPS. Selain itu, layar smartphone ini juga punya view angle yang lebar dan warnanya juga vivid. Harus diakui, resolusi smartphone ini masih HD, meski begitu tidak bisa dibilang ini adalah kekurangannya.

Diotaki Exynos 7870 14 nm

Dari sektor jeroan yang ditanam ke dalam Galaxy M10, Samsung percaya untuk membekali smartphone ini dengan chipset buatannya sendiri, Exynos 7870. Seperti yang kita tahu, chipset dengan teknologi fabrikasi 14 nm ini juga dipakai di beberapa Galaxy J Series.

Sebagai tambahan, Exynos 7870 memiliki performa komputasi kurang lebih selevel dengan Snapdragon 625 besutan Qualcomm. Dukungan lainnya adalah RAM 2 GB plus internal storage berkapasitas 16 GB. Sebenarnya, Samsung juga punya Galaxy M10 dengan varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Nah! Untuk varian terakhir yang disebutkan, hingga saat ini belum diboyong oleh Samsung ke pasar Indonesia. Namun, tak tertutup kemungkinan raksasa elektronik asal Korea ini nantinya juga akan memasukkan Galaxy M10 RAM 3 GB + ROM 32 GB ke pasar Indonesia. Kita tunggu saja!

Baca juga

Dukungan kamera

Terakhir, bagaimana dengan sektor kameranya? Secara spesifikasi, dukungan kamera yang dimiliki M10 hampir sama dengan Galaxy M20. Di bagian belakang ada dua lensa, masing-masing adalah 13 MP dengan aperture f/1.9 + 5 MP ultra-wide dengan aperture f/2.2.

Perbedaan dual-camera belakang antara Galaxy M10 dengan M20 kalau tidak salah cuma pada ukuran inci sensornya saja. Ada juga perbedaan pada kamera depannya, di mana Galaxy M10 hanya ditopang dengan resolusi 5 MP ditambah aperture f/2.0.

Buat kalian yang tertarik meminang Galaxy M10, Samsung baru akan menjual smartphone ini pada tanggal 27 Maret 2019. Ditawarkan dalam bentuk flash sale, Galaxy M10 akan tersedia di Lazada.co.id, JD.ID, Blibli.com, Erafone.com dan Telesindoshop.com.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi vivo X70 Pro 5G

Dipasar Indonesia, vivo baru saja memperbarui lini X Series yang dimilikinya dengan meluncurkan vivo X70 Pro 5G. Smartphone ini datang...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Infinix ZERO X Pro

Dipasar Indonesia, Infinix baru saja memperkenalkan smartphone barunya yang masuk ke dalam lini ZERO. Ya! Smartphone tersebut adalah Infinix ZERO...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 10

Xiaomi secara resmi telah memboyong smartphone entry-level terbarunya ke pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah Redmi 10 yang datang sebagai "Jagoannya...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52s 5G

Meramaikan pasar smartphone 5G, Samsung membuat kejutan dengan meluncurkan Galaxy A52s 5G. Smartphone ini ditenagai Snapdragon 778G dan dijual seharga...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 GT

POCO kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan POCO X3 GT di pasar Indonesia. Smartphone ini dijual mulai dari harga Rp4.399.000 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme GT Master Edition

Di pasar smartphone 5G, realme punya amunisi baru, yakni realme GT Master Editition. Smartphone ini sudah melenggang resmi di Indonesia...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO M3 Pro 5G

POCO secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di pasar Indonesia. Smartphone tersebut adalah POCO M3 Pro 5G yang ditenagai SoC...

Harga HP4 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 8 5G

realme membuat kejutan di pasar smartphone 5G di Indonesia dengan meluncurkan realme 8 5G. Smartphone yang ditenagai Dimensity 700 ini...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer