Connect with us
FA506_2024
Fitur

Yuk! Mengenal One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G

Samsung telah secara resmi meluncurkan antarmuka terbarunya, One UI 5.1. Menariknya, antarmuka ini bisa kalian rasakan secara penuh pada smartphone flagship terbaru Samsung, Galaxy S23 Series 5G.

Updated

Salah satu pertimbangan utama ketika ingin membeli smartphone adalah kemampuan sistem antarmuka yang mudah digunakan serta dapat mengakomodir kebutuhan aktivitas harian penggunanya. Memahami hal tersebut, Samsung telah memperkenalkan antarmuka terbarunya, One UI 5.1.

Menariknya, One UI 5.1 telah bisa kalian rasakan pada Galaxy S23 Series 5G. Antarmuka ini diciptakan dengan berbagai macam fitur kustomisasi, keamanan, dan aksesibilitas baru yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan personalisasi hingga menuangkan kreativitasnya.

“Kemudahan penggunaan smartphone di kehidupan sehari-hari dipengaruhi banyak faktor, salah satunya kemampuan antarmuka dalam memungkinkan pengguna untuk melakukan personalisasi sesuai preferensinya,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ditambahkan oleh Verry bahwa melalui One UI 5.1, Samsung berupaya untuk menghadirkan pengalaman mobile terbarukan kepada pengguna dengan memberikan kontrol yang lebih besar atas smartphone mereka. Sejumlah fitur unggulan yang lebih epic hadir di One UI 5.1.

One UI 5.1 merupakan sistem antarmuka terbaru dari Samsung yang menggunakan basis sistem operasi Android 13. Simak bagaimana One UI 5.1 memberi pengalaman yang lebih terpersonalisasi sesuai kreativitas dan preferensi pengguna yang memberi kemudahan dalam menjalani keseharian:

Bikin Lebih Personal

Salah satu kelebihan One UI dibanding sistem antarmuka lainnya adalah keleluasaan serta kontrol penuh pengguna terhadap perangkat smartphone miliknya yang telah dibuktikan dari waktu ke waktu. Kini, dengan One UI 5.1, Samsung menghadirkan sejumlah fitur yang lebih memudahkan pengguna.

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Samsung ke dalam One UI 5.1 adalah untuk melakukan personalisasi perangkat sesuai dengan kepribadiannya. Hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah mengedit dan meng-customize display lock dan home screen sesuka hati.

Buat foto, video hingga gif jadi wallpaper lock screen dan home screen berkat One UI pada Galaxy S23 Series 5G.

Kustomisasi tema, tampilan widget, hingga warna lock screen dan home screen Galaxy S23 Series 5G sesuai selera kalian.

 

 

Kalian tidak perlu bingung memilih gambar yang ingin dijadikan wallpaper karena Samsung menyediakan banyak pilihan wallpaper dengan 16 tema warna menarik. Selain bisa menggunakan gambar atau foto, juga bisa membuat wallpaper dengan potongan video yang kalian suka.

Guna menyempurnakan pengalaman mobile, One UI 5.1 juga telah hadir dengan widget yang dilengkapi dengan smart suggestion. Widget cerdas ini akan memberikan referensi aplikasi sesuai dengan aktivitas dan rutinitas penggunanya. Bahkan, deretan widget di One UI 5.1 kini telah dilengkapi dengan Spotify.

Samsung turut memperluas fitur Modes and Routines yang bisa dikustomisasi dengan penyesuaian di segala situasi, misalnya perangkat akan otomatis mengaktifkan mode gelap dan mengubah mode suara saat tiba waktu tidur, mengaktifkan mode ‘do not disturb’ saat sedang belajar atau bekerja.

Tak hanya itu, personalisasi terhadap kebutuhan pengguna juga dibuktikan melalui hadirnya dynamic weather widget yang dikemas oleh Samsung di dalam One UI 5.1 sehinggi dapat menampilkan informasi cuaca melalui sebuah ilustrasi dengan gaya seni yang tampak lebih modern.

Dijejali Beragam Tools Baru

Tidak hanya membuat smartphone lebih personal, One UI 5.1 juga memberi kemudahan untuk para content creators. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya akses cepat ke mode Expert RAW cukup dengan menekan “More” pada menu kamera setelah terpasang pada perangkat.

Sebelumnya, pengguna harus mengakses Expert RAW di aplikasi terpisah setelah mendownloadnya di dalam Galaxy Store. Expert RAW sendiri merupakan mode yang membuat kalian bisa mengambil foto berkualitas tinggi tanpa pemrosesan atau kompresi.

Keunggulan One UI 5.1 dalam hal editing foto berikutnya adalah kemampuan untuk membuat filter sendiri hanya dari gambar yang sudah ada di di dalam Gallery kalian atau yang diambil dari internet. Caranya mudah, kalian tinggal cari gambar dengan tone yang disukai, lalu ikuti langkah ini:

Filter yang baru saja kalian buat juga akan tersimpan otomatis di Gallery dan aplikasi kamera. Kalian juga bisa menggunakan preset filter tersebut untuk mengedit foto yang lainnya atau bahkan menggunakannya untuk mengambil gambar dengan filter, caranya sebagai berikut:

Buka aplikasi kamera, klik ikon filter pada kanan atas, lalu pilih filter yang sudah kalian buat.

 

Gambar yang dihasilkan akan otomatis menggunakan filter tersebut.

Masih seputar content creation, One UI 5.1 juga melakukan ubahan epic pada fitur Gallery. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan fitur Photo Remaster yang membuat proses remastering foto menjadi lebih optimal, termasuk dalam menghilangkan bayangan dan pantulan.

Dengan proses otomatis, kalian bisa membuat foto-foto lama terlihat lebih epic. Fitur pencarian foto di Gallery pun semakin pintar. Kini, kalian bisa mencari lebih dari satu orang atau subjek di saat bersamaan. Kalian  juga dapat mencari orang tanpa menandai nama mereka, hanya mengetuk wajah.

Sekarang tampilan informasi gambar atau video di Gallery juga dibuat lebih sederhana dan lengkap. Cukup menggeser foto ke atas, kalian bisa melihat ragam informasi seperti kapan dan di mana lokasi gambar diambil, perangkat apa yang dipakai untuk memotret, dan di mana gambar disimpan.

Berbagi album dengan orang lain kini juga kini lebih mudah. Kalian bisa membuat album yang nantinya bisa dibagikan kepada keluarga cukup dengan klik ikon tiga garis di bagian bawah lalu pilih Shared Album. Dan dalam hal content creation ini akan merasakan kelancaran tanpa lag pastinya.

Seamless untuk Kelancaran Produktivitas

Selama bertahun-tahun, Samsung terus mengembangkan ekosistem yang mendukung produktivitas penggunanya. Pada One UI 5.1, konektivitas antar perangkat Samsung menjadi lebih seamless berkat pembaruan di sejumlah fitur, salah satunya ekspansi Multi Control.

Melalui fitur tersebut kini memungkinkan pengguna Galaxy Book untuk tidak hanya bisa berbagi mouse, keyboard, dan trackpad dengan tablet Galaxy, tetapi juga dengan smartphone Galaxy. Dengan demikian, produktivitas kalian otomatis dapat lebih meningkat.

Kini, melakukan copy dan paste teks, serta drag and drop gambar dari satu perangkat ke perangkat lainnya seolah dapat dilakukan di satu perangkat. Ada pula fitur Link to Windows yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan penjelajahan dari Samsung Internet di ponsel ke perangkat Galaxy Book.

Selain itu, One UI 5.1 juga memberikan fleksibilitas pada Samsung Notes. Kini, kalian bisa melakukan aktivitas kolaboratif melalui Google Meet, seperti berbagi dan mengedit dokumen, mendengarkan musik, hingga menonton video kesukaan secara real time.

Proses multitasking dalam penggunaan antar aplikasi pun bisa dilakoni dengan mudah. Kalian bisa mengecilkan atau memaksimalkan jendela aplikasi tanpa masuk ke menu opsi, serta menemukan suggestion apps yang paling sering digunakan saat pengguna memulai tampilan layar terpisah.

Peningkatan kemampuan multitasking juga terjadi di Samsung Dex yang membuat penyesuaian ukuran dari tampilan aplikasi hanya dengan menggeser garis pemisah di tengah layar. Tidak hanya dua aplikasi, Samsung Dex kini bisa menampilkan empat jendela aplikasi sekaligus.

Khusus untuk Galaxy S23 Ultra 5G, Samsung menghadirkan peningkatan pada fitur S Pen. Penggunaan S Pen sekarang jadi lebih fleksibel untuk membantu kalian lebih produktif. Salah satunya adalah kemampuan mengubah tulisan tangan menjadi teks pada aplikasi Google tertentu.

Kemampuan ini tentu saja sangat membantu pengguna dalam akses pencarian yang lebih cepat. Selain itu, dengan fitur text capture kalian juga bisa memblok tulisan yang ada di dalam gambar untuk kemudian dipindahkan ke aplikasi lain dengan seamless.

Ya! Hal ini tentunya sangat berguna ketika kalian mendapat screenshot gambar nomor rekening, maka dengan mudah nomor rekening tersebut bisa langsung  di-copy dan paste dalam bentuk teks. Nah! Itulah beberapa daya tarik One UI 5.1 yang ada pada Galaxy S23 Series 5G, Bagaimana menurut kalian?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer