Connect with us
FA506_2024
Fitur

Teknologi 5G, Apakah Hanya Kecepatan?

Teknologi 5G sudah ada di epan mata kita. Terkait dengan hal ini, apakah teknologi 5G yang dihadirkan hanya berbicara kecepatan?

Updated

Belakangan ini teknologi 5G sering kali dibicarakan oleh banyak orang. Adalah Telkomsel yang pada bulan Mei 2021 lalu telah secara resmi mengumumkan layanan 5G-nya hadir di Indonesia. Karena itulah, Telkomsel layak menyebut dirinya sebagai the first 5G operator di Indonesia.

Jauh sebelum itu, Telkomsel juga telah menggelar uji coba teknologi seluler 5G di ajang Asian Games 2018 yang mengambil lokasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 18 Agustus – 2 September. Di sini, Telkomsel ingin menyuguhkan pengalaman pertama menggunakan teknologi 5G di Indonesia.

Nah! Bagi kalian yang masih bertanya-tanya, apakah teknologi 5G itu? Apakah teknologi seluler generasi kelima ini hanya berkutat dengan kecepatan? Tak perlu bingung, sudah saatnya kalian harus lebih “pintar dan mengerti” mengenai teknologi 5G dan pemanfaatannya dengan membaca artikel ini sampai tuntas.

Pengertian teknologi 5G

Seperti ditulis dalam sejumlah website perusahaan teknologi ternama di dunia disepakati bahwa 5G merupakan teknologi seluler generasi kelima. Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel.

Terkait dengan kecepatan, teknologi 5G digadang-gadang akan punya kemampuan hampir 100 kali lebih cepat daripada teknologi 4G yang ada sekarang. Artinya, kalian dapat mendownload file film yang berdurasi dua jam hanya dalam waktu kurang dari 10 detik.

Sementara, terkait dengan latensi, contohnya saat kalian mengirim pesan ke smartphone teman atau keluarga dan saat smartphone mendaftar, smartphone tersebut menerima pesan baru. Meskipun pada teknologi 4G latensinya sudah rendah, 5G akan membuatnya hampir nol.

Sekadar informasi untuk kalian, teknologi 4G yang ada saat ini memiliki latensi rata-rata sekitar 50 milidetik. Sementara, latensi rata-rata dari teknologi 5G diperkirakan sekitar 10 milidetik. Bahkan latensi 5G bisa turun hingga mencapai 1 milidetik.

Tak kalah menarik, tentunya teknologi 5G bisa meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel. Tentu saja, hal ini berkaitan erat dengan kapasitas. Jaringan 5G dikatakan akan menghadirkan kapasitas hingga seribu kali lebih banyak daripada jaringan 4G yang berjalan saat ini.

Dengan kapasitas ratusan atau bahkan mencapai ribuan perangkat yang berkomunikasi secara mulus, diharapkan tidak ada lagi permasalahan yang menyebabkan kemacetan saat mendownload atau mengupload file berukuran besar. Teknologi 5G diharapkan dapat menanggulangi masalah tersebut.

Telkomsel 5G, the first 5G operator di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan di atas, Telkomsel merupakan the first 5G operator di Indonesia. Setelah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) pada 24 Mei 2021, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G di Indonesia.

Semangat yang dibawa, yakni “5G: Unlock the Future” juga menunjukkan komitmen Telkomsel menghadirkan layanan Telkomsel 5G untuk membuka potensi masa depan yang tak terbatas bagi Indonesia. Selain itu, Telkomsel juga memastikan layanan 5G sudah dapat digunakan secara komersial.

5G dari Telkomsel akan mengubah cara masyarakat belajar, bekerja, berbelanja, menikmati hiburan digital, hingga mengakses layanan kesehatan berbasis teknologi menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor.

Hadirnya Telkomsel 5G juga merupakan konsistensi Telkomsel dalam upaya mendukung rencana strategis Kemenkominfo RI untuk membangun fundamental digital nasional secara lebih terstruktur dan masif. Salah satunya dengan mendorong percepatan transformasi digital di tiga aspek, yakni masyarakat, pemerintahan, dan bisnis.

Saat ini, bagi kalian yang tertarik mencicipi teknologi 5G dari Telkomsel, tahap pertama komersialisasi, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di sembilan, mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta), di beberapa titik tertentu di enam area residensial di Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera).

5G Telkomsel juga bisa dirasakan di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Bagi kalian yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

  1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G).
  2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G.
  3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut.
  4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G.

Manfaat teknologi 5G

Kini, kalian sudah tahu apa itu teknologi 5G dan juga sudah tahu bahwa Telkomsel adalah salah satu operator di Indonesia yang sudah membuka ruang secara komersial layanan 5G-nya. Kini, kalian juga harus tahu manfaat dari teknologi 5G yang tidak hanya menawarkan kecepatan.

Bisa dikatakan 5G mampu membantu dalam kegiatan berselancar di dunia maya, contohnya mendownload dan mengupload file berkapasitas besar dalam sekejap. Kita juga bisa menikmati video streaming dengan resolusi 4K tanpa gangguan. Tentu saja, hal tersebut membantu meningkatkan produktivitas kita, semuanya dilakukan sangat cepat.

Bagi kalian yang getol bermain game, latensi yang rendah pada 5G tentunya akan dirasakan manfaatnya. Latensi rendah membuat tidak ada jeda waktu yang dibutuhkan dalam transmisi data dari pengirim menuju ke penerima. Jadi, kita akan merasakan respon pergerakan yang lebih cepat alias tidak nge-lag.

Dengan hadirnya teknologi 5G, kita juga dapat menikmati layanan cloud gaming secara lebih optimal. Dengan begitu, ini memungkinkan kita untuk bermain game secara real-time di perangkat dan tidak perlu lagi memakan waktu untuk mendownload serta menginstall game yang ingin kita mainkan.

Bagi kalian yang getol dengan dunia virtual, teknologi 5G juga memegang peranan penting. Sekali lagi, hal ini terkait dengan kecepatan dan latensi yang ditawarkan. Penerapan 5G ini akan membantu koneksi yang lebih stabil saat kita menikmati dunia VR (Virtual Realty) dan juga Augmented Reality (AR).

Tidak kalah menarik, teknologi 5G juga bisa kita manfaatkan untuk mengontrol drone dengan tingkat presisi yang tinggi. Selain itu, kita juga bisa merekam dan mengirim video dengan resolusi terbaik secara langsung dari drone. Tentunya hal ini berguna untuk di industri pertanian, pemetaan, militer dan sebagainya.

Internet of Things (IoT) yang saat ini juga populer tentu membutuhkan jaringan internet berkecepatan tinggi alias 5G. Penerapan IoT menggunakan jaringan 5G tentunya akan memberikan konektivitas yang jauh lebih stabil dan cepat. Dengan begitu, ini akan membantu meningkatkan kemajuan ekosistem di era saat ini.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa akan ada dampak yang sangat besar dengan pengimplementasian jaringan 5G ini. Dengan mudahnya mendapatkan berbagai informasi saat ini, jaringan 5G akan memudahkan dan meningkatkan produktivitas yang tinggi. Selamat datang 5G di Indonesia!

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer