Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Redmi Note 8 Pro vs realme 5 Pro, Siapa Lebih Pro?

Ada dua pabrikan smartphone ternama yang baru-baru ini merilis smartphone dengan embel-embel “Pro”. Ya! Keduanya adalah Redmi yang menyodorkan Redmi Note 8 Pro dan realme yang memperkenalkan realme 5 Pro.

Updated

realme telah membuat gebrakan di pasar India dengan merilis realme 5 Pro. Ya! Smartphone ini pun diduga kuat akan masuk pasar Indonesia. Tentu saja ini jadi kabar gembira bagi mereka pencinta gadget di Tanah Air yang menunggu-nunggu kehadiran smartphone tersebut.

Nah! Di sisi lain, redmi yang kini bersaing ketat dengan realme juga menelurkan smartphone baru. Ya! Smartphone baru yang diperkenalkan di Cina itu adalah Redmi Note 8 Pro. Sayangnya, belum ada kabar lebih lanjut dari Redmi, apakah Redmi Note 8 Pro akan diboyong ke Indonesia atau tidak.

Namun, jika kita berandai-andai, dari kedua smartphone tersebut, mana yang kalian akan beli jika meluncur resmi di Indonesia? Sebelum kalian bingung, ada baiknya membaca ulasan kami ini mengenai dua smartphone tersebut. Ya! Mulai dari desain, spesifikasi hingga harga kedua smartphone tersebut.

Layar 6,3 inci vs 6,5 inci

Harus diakui, ukuran layar yang dmiliki oleh realme 5 Pro dengan Redmi Note 8 Pro memang tidak begitu berbeda. Ya! realme 5 Pro punya layar berukuran 6,3 inci, sementara Redmi Note 8 Pro memiliki ukuran layar 6,5 inci. Kedua masih mengusung teknologi layar yang sama, yakni IPS LCD dengan resolusi FullHD+.

Sama-sama memiliki aspek rasio kekinian, yakni 19,5:9, layar kedua smartphone tersebut rupanya diproteksi oleh versi Corning Gorilla Glass yang berbeda. realme 5 Pro hanya diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3+, sementara Redmi Note 8 Pro lebih unggul, yakni Corning Gorilla Glass 5.

Berbicara desain belakangnya, keduanya sama-sama memiliki pemindai sidik jari lawas yang ditempatkan di bagian belakang perangkat. realme 5 Pro punya desain akhir yang terlihat lebih ciamik dengan efek kilauan. Sementara, Redmi Note 8 Pro masih menggunakan efek gradasi seperti pendahulunya.

Kamera 64 MP vs 48 MP

Baik Redmi Note 8 Pro maupun realme 5 Pro, keduanya sama-sama dikembangkan dengan penekanan di sektor kamera. Bagaimana tidak! Kedua smartphone ini masing-masing menyodorkan dukungan empat kamera (quad-camera) yang saat ini mulai marak di industri smartphone.

Meski begitu, Redmi Note 8 Pro jauh lebih unggul ketimbang realme 5 Pro. Ya! Sensor kamera utama yang melekat pada Redmi Note 8 Pro memiliki resolusi 64 MP. Di sini, Redmi lebih percaya diri untuk menggunakan lensa dari Samsung yang baru diperkenalkan, yakni ISOCELL GW1.

Sementara itu, realme 5 Pro harus puas punya kamera utama dengan resolusi 48 MP yang disokong aperture f/1.8. Di sini, realme masih percaya dengan kemampuan sensor kamera yang dimiliki oleh Sony, yakni IMX586 yang juga banyak diadopsi oleh sejumlah pabrikan smartphone lainnya.

Bagaimana dengan tiga kamera lainnya? Baik Redmi Note 8 Pro maupun realme 5 Pro, masing-masing punya konfigurasi yang sama, yakni 8 MP f/2.2 (ultra-wide), 2 MP (macro) dan 2 MP (depth sensor). Sedangkan kamera depannya yang diselipkan ke dalam poni waterdrop memiliki resolusi 16 MP (realme) dan 20 MP (Redmi).

Helio G90T vs Snapdragon 712

Perbedaan mencolok lainnya yang ada di dalam kedua smartphone ini adalah dukungan SoC yang digunakan. Redmi yang mengembangkan Redmi Note 8 Pro lebih tertarik untuk memakai chipset baru buatan MediaTek yang digadang-gadang sebagai chipset gaming centric, yakni Helio G90T (fabrikasi 12 nanometer).

Sementara, realme yang punya realme 5 Pro lebih percaya untuk memakai SoC keluaran Qualcomm dan juga telah dipakai oleh banyak pabrikan smartphone lainnya. Ya! Chipset tersebut adalah Snapdragon 712 yang dibangun lewat fabrikasi 10 nanometer.

Jika digali lebih dalam, Helio G90T punya CPU Octa-core dengan konfigurasi  dua core Cortex-A76 yang ditambah dengan enam core Cortex-A55. Sementara, CPU Octa-core yang dimiliki oleh Snapdragon 712 memiliki konfigurasi  dua core Kryo 360 Gold 2,3 GHz ditambah dengan enam core Kryo 360 Silver 1,7 GHz.

Untuk urusan grafis, Helio G90T mengandalkan kemampuan GPU Mali-G76MC4, sedangkan Snapdragon 712 punya GPU Adreno 616. Nah! Dukungan lainnya, baik realme 5 Pro maupun Redmi Note 8 Pro, masing-masing telah ditopang RAM hingga 8 GB dan internal storage hingga 128 GB. Keduanya juga masih dilengkapi slot microSD.

Tak kalah penting untuk kalian tahu adalah dukungan baterai yang disematkan. realme 5 Pro hanya punya baterai berkapasitas 4.035 mAh yang sudah dibekali fitur fast charging 20W VOOC 3.0. Sementara, Redmi Note 8 Pro punya baterai 4.500 mAh dengan dukungan fast charging 18W Quick Charge 4+.

Harga dan ketersediaan

Seperti telah disinggung di atas, realme 5 Pro meluncur resmi di India, sementara Redmi Note 8 Pro diperkenalkan resmi di Cina. Hingga saat ini, kedua smartphone tersebut belum dijual di luar kedua negara itu. Namun, beredar kabar yang sangat santer bahwa realme 5 Pro akan diboyong ke Indonesia dalam waktu dekat.

Nah! Sekadar gambaran, harga realme 5 Pro di India dibanderol dengan harga Rs. 13.999 atau sekitar Rp2,7 juta untuk varian 4 GB/64 GB. Sementara untuk varian 6 GB/64 GB dan 8 GB/128 GB, masing-masing dijual seharga Rs. 14.999 dan Rs. 16.999 atau sekitar Rp2,9 juta dan Rp3,3 juta.

Sedangkan Redmi Note 8 Pro di Cina dibanderol dengan harga 1.399 Yuan atau sekitar Rp2,8 juta untuk varian 6 GB/64 GB. Untuk dua varian lainnya, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB, masing-masing dijual dengan harga 1.599 Yuan atau sekitar Rp3,2 juta dan 1.799 Yuan atau sekitar Rp3,6 juta.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4

OPPO kembali menggebrak pasar smartphone kelas menengah di Indonesia dengan meluncurkan OPPO Reno4. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 720G dibanderol...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer