Connect with us
ROG
Fitur

Perang Flagship Akhir Tahun: iPhone 11 vs Mate 30 vs Pixel 4

Bakal ada tiga smartphone flagship yang akan segera meluncur dalam waktu dekat. Apple iPhone 11 Series, Huawei Mate 30 Series dan Google Pixel 4 Series, manakah yang nantinya paling bersinar?

Updated

Paruh kedua tahun ini bakal ada banyak smartphone flagship yang diperkenalkan. Sebut saja Apple yang akan memperkenalkan iPhone 11 series. Selain itu, ada juga Huawei yang akan merilis Huawei Mate 30 series serta Google yang akan menggelontorkan Pixel 4 series.

Ketiganya tentu saja menarik perhatian banyak pencinta gadget di banyak negara, tak terkecuali di Indonesia. Nah! kami mau tahu, dari ketiga seri tersebut, mana yang paling kalian tunggu kehadirannya?

Apple iPhone 11 series

Apple pada tahun lalu telah merilis tiga seri iPhone, yakni iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr. Pada tahun ini, disebut-sebut, Apple akan memberi nama smartphone barunya itu dengan sebutan iPhone 11 yang jadi penerus Xr, iPhone 11 Pro yang melanjutkan peranan Xs dan iPhone 11 Pro Max penerus dari Xs Max.

Disebut-sebut, Apple masih tetap mempertahankan desain iPhone barunya itu seperti tahun lalu. Hanya saja, Apple mengubah desain modul kamera yang disematkan. Ya! Apple kini lebih percaya diri untuk menempatkan lensa utama ke dalam “rumah” berbentuk persegi.

iPhone 11 yang bakal dijual lebih murah akan punya dua kamera di bagian belakang. Sementara, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max akan dibekali tiga kamera di bagian belakang. Sementara, untuk kebutuhan foto selfie dan video call, akan ada satu kamera depan di tiap model.

Dual-camera utama yang ada pada iPhone 11, masing-masing memiliki resolusi 12 MP. Begitu juga dengan triple-camera utama yang ada pada iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, masing-masing memiliki resolusi yang sama, yakni 12 MP. Sayangnya, belum ada bocoran yang valid mengenai fungsi dari masing-masing lensa yang disematkan.

Seperti yang telah disebutkan, iPhone 11 merupakan penerus iPhone Xr dan bocorannya menyebutkan bahwa perangkat ini akan datang dengan layar LCD berukuran 6,1 inci. Sedangkan dua model lainnya, iPhone 11 Pro memiliki layar OLED berukuran 5,8 inci dan iPhone 11 Pro Max memiliki layar OLED berukuran 6,5 inci.

Berbicara soal jeroannya, iPhone 11 Series kemungkinan besar akan dipacu oleh chipset terbaru dari Apple, yakni A13. Chipset A13 yang ada di dalam iPhone 11 akan dipasangkan dengan RAM 4 GB. Sementara, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max punya RAM sebesar 6 GB.

Seperti tahun lalu, Apple pun akan memberikan banyak opsi terkait dengan internal storage yang disematkan. Dikatakan, iPhone 11 akan punya opsi internal storage 64 GB, 256 GB dan 512 GB. iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max punya opsi 128 GB, 256 GB dan 512 GB.

Untuk catu daya alias baterainya, spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa Apple akan melakukan peningkatan kapasitas. Ya! Baterai yang ada pada iPhone 11 akan memiliki kapasitas 3.110 mAh, iPhone 11 Pro memiliki kapasitas 3.190 mAh dan iPhone 11 Pro Max memiliki kapasitas 3.500 mAh.

Apple kini tidak lagi menyematkan fitur 3D Touch ke dalam iPhone 11 Series. Akan tetapi, ketiga model iPhone baru ini masih dilengkapi dengan fitur FaceID. Tidak ketinggalan, disebut-sebut Apple juga menyelipkan konektivitas WiFi 6 ke dalam iPhone 11 Series dan dukungan Apple Pencil yang hanya bisa dinikmati oleh iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max.

Huawei Mate 30 series

Seperti tahun lalu, Huawei kabarnya di tahun ini akan memperkenalkan dua model Mate 30 Series, yakni model “vanilla” Mate 30 dan Mate 30 Pro. Tentu saja, datang sebagai smartphone unggulan, Mate 30 dan Mate 30 Pro akan dibekali dengan serangkaian fitur dan spesifikasi menarik.

Sayangnya, bocoran Huawei Mate 30 tidak banyak diungkap, tetapi kita akan lebih banyak disuguhkan versi “Pro”. Disebut-sebut, Mate 30 Pro akan datang dengan layar AMOLED berukuran 6,71 inci buatan BEO. Tentu saja tidak ketinggalan, Huawei juga akan membenamkan pemindai sidik jari di dalam layar alias fingerprint under display.

Dikatakan, Huawei Mate 30 Pro akan dikemas dengan desain premium berlapis kaca di bagian belakangnya. Ya! Ini persis dengan pendahulunya, Mate 20 Pro. Panel belakang kini memiliki desain modul kamera yang tidak lagi persegi, melainkan berbentuk lingkaran untuk menempatkan empat kamera yang disusun dalam grid 2 x 2.

Sementara itu, dual LED flash, sensor dan nama merek Leica di tempatkan di luar modul kamera. Di bagian depan, layarnya masih punya poni yang kini ukurannya lebih diperkecil. Satu hal yang menarik, sisi kanan dan kiri layar dibuat melengkung. Diperkirakan ukuran layar Mate 30 Pro adalah 6,7 inci.

Untuk jeroannya, Mate 30 Pro diduga kuat akan dipicu oleh chipset Kirin 990 yang di dalamnya sudah mencakup modem 5G. Belum ada informasi mengenai dukungan GPU-nya. Diperkirakan, RAM yang dibenamkan akan mencapai 12 GB. Pilihan internal storagenya tentu akan lebih beragam, mulai dari 128 GB hingga 512 GB.

Akan ada baterai berkapasitas 4.500 mAh yang menjadi catu daya dari smartphone ini. Bocorannya, Mate 30 Pro akan punya dukungan fast charging 55W dan wireless fast charging 25W. Tidak tertutup kemungkinan smartphone ini masih akan mengadopsi fitur reverse wireless charging.

Nah! Berbicara soal dukungan kameranya, tentu saja Huawei tidak akan asal-asal untuk hal ini. Kabarnya akan ada sepasang lensa 40 MP yang ditemani dengan lensa 8 MP dan sensor 3D ToF di bagian belakang. Sementara kamera depannya diperkirakan memiliki sensor 30 MP dengan dukungan face unlock.

Google Pixel 4 series

Ada Apple iPhone 11 Series dan Huawei Mate 30 Series yang akan melenggang di bulan September 2019. Nah! Di bulan berikutnya, yakni Oktober 2019 diperkirakan smartphone flagship atau unggulan lainnya yang bakal ikutan nongol adalah Google Pixel 4 Series.

Seperti tahun lalu, tak sedikit yang meragukan bahwa Google masih akan menawarkan dua model untuk Pixel barunya itu. Ya! Ada model “vanilla” alias standar yang disebut Pixel 4 dan model yang lebih bongsor, yakni Pixel 4 XL. Lantas, seperti apa  kedua model tersebut?

Pixel 4 dengan bodi yang lebih kecil diperkirakan akan punya layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi 2.280 x 1.080 alias FullHD. Sementara, Pixel 4 XL yang punya bodi lebih besar diperkirakan akan memiliki layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi QHD+. Keduanya akan memakai teknologi layar yang sama, yakni panel OLED.

Bocoran terbaru menyebutkan bahwa Google akan mengemas layar Pixel 4 Series dengan dukungan refresh rate 90 Hz atau mereka memberi nama fitur ini sebagai Smooth Display. Selain itu, smartphone flagship milik Google ini juga akan dilengkapi dengan fitur Motion Sense.

Namun satu hal yang cukup mengejutkan, bocorannya Google masih kepincut dengan chipset Snapdragon 855 7 nanometer milik Qualcomm untuk dimuat ke dalam Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Sementara itu, RAM yang disematkan memiliki besaran yang sama di kedua model, yakni 6 GB.

Berbicara soal kapasitas penyimpanan internalnya, kemungkinan akan ada dua opsi yang ditawarkan oleh Google, yakni 64 GB dan 128 GB di setipa modelnya. Nah! untuk catu dayanya adalah 2.800 mAh, kapasitas baterai yang dibenamkan ke dalam Pixel 4. Sementara, Pixel 4 XL punya kapasitas baterai 3.700 mAh.

Untuk dukungan kameranya, inilah yang cukup menarik. Dari sejumlah bocoran yang ada, Google tidak lagi membenamkan kamera tunggal ke dalam Pixel barunya ini. Ya! Raksasa teknologi mesin pencari ini akan memuat dua kamera belakang ke dalam Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Tidak hanya itu, desain modul kamera belakangnya ini juga tidak terlihat seperti biasanya. Ya! Berbentuk persegi dan mengingatkan kita dengan bocoran modul kamera belakang yang dimiliki oleh iPhone 11 Series. Konfigurasi kameranya sendiri adalah 12 MP sebagai kamera utama dan 16 MP sebagai kamera sekunder.

Flagship idaman akhir tahun?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer