Connect with us
FX507Z
Fitur

Mengenal Lebih Dekat ColorOS 13 yang Membawa Aquamorphic Design

Terus berinovasi, OPPO secara resmi telah memperkenalkan ColorOS 13. Sistem operasi terbaru besutan OPPO ini mampu menghadirkan Aquamorphic Design yang human centric.

Updated

Pada bulan Agustus 2022, OPPO telah meluncurkan ColorOS 13. Ini merupakan versi terbaru dari sistem operasi ColorOS dan menghadirkan Aquamorphic Design yang human centric. Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 bertujuan untuk menghadirkan tren gaya estetika yang sedang populer.

Ya! Tak hanya punya tampilan yang organik dan minimalis, ColorOS 13 juga menghadirkan berbagai fitur untuk berbagai solusi dari berbagai kebutuhan. Karena itulah, melalui ColorOS 13, OPPO ingin mendorong pengguna untuk memiliki hidup yang lebih bersemangat dan optimis.

ColorOS 13 mencerminkan kesungguhan OPPO dalam menciptakan inovasi, beradaptasi dalam perubahan, dan menghadirkan kemudahan. Selain itu, sistem operasi ini juga menawarkan kemudahan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih akomodatif, personal, dan intuitif.

Beragam Fitur yang Melengkapi ColorOS13:

  • Tema Warna ColorOS 13

Tema warna ColorOS 13 terinspirasi oleh transisi garis langit pada saat matahari terbit dan terbenam dalam waktu yang bersamaan. Dari warna biru safir saat matahari terbit hingga warna kejinggaan saat matahari terbenam, gradien warna ini diterapkan pada sistem dan ikon yang ada.

Hal ini sengaja dilakukan oleh OPPO dengan tujuan untuk menghadirkan rasa semangat dan inklusivitas. Selain itu, ColorOS 13 juga menampilkan berbagai nuansa biru yang tak hanya mencerminkan tema air, tetapi juga menimbulkan rasa ketenangan dan keandalan.

Sementara itu, setiap aspek yang ada di dalam ColorOS 13, mulai dari ikon, windows, cards, hingga input boxes menampilkan kontur warna yang lebih halus dan organik untuk mencerminkan aliran air dan melambangkan semangat hidup tiada akhir.

  • Font OPPO Sans Punya Tampilan Baru

Dalam ColorOS 12 sebelumnya, font OPPO Sans telah menyabet penghargaan “Red Dot Design Award”. Kini, font tersebut juga hadir dalam ColorOS 13 dengan tampilan yang lebih baru. OPPO berhasil membuat ukuran font OPPO Sans lebih lebar sehingga terlihat lebih stabil.

Sementara itu, tata letak teks juga telah diperbarui. Hal ini bertujuan untuk menciptakan tampilan yang lebih stereoskopik. Ya! Tak hanya lebih jelas, tetapi OPPO Sans dengan tampilan yang lebih baru juga mudah dan nyaman dibaca dalam berbagai ukuran layar

  • Menghadirkan Card-Styled Layout

Bagi OPPO, penting sekali untuk menciptakan pengalaman pengguna yang sistematis dan nyaman di tengah sistem informasi yang sering tidak teratur dan kompleks. Kini, OPPO menghadirkan Card-Styled Layout yang merupakan solusi baru untuk menghindari informasi yang berlebihan.

Layout atau tata letak ini mengklasifikasikan dan mengintegrasikan informasi yang tersebar dalam tampilan interface yang disederhanakan, memperbesar informasi yang paling penting, dan mengatur posisi berbagai informasi agar lebih mudah dibaca oleh pengguna.

Desain baru ini memungkinkan pengguna untuk membaca informasi penting dengan mudah. Selain itu, desain baru ini juga didukung oleh sistem yang bekerja di latar belakang dan mencerminkan penampilan air yang tidak mencolok dan lembut di alam.

  • Dukungan Aquamorphic Effect

Aquamorphic Effect dari Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 menjadikan setiap interaksi terasa alami dan mengalir, sekaligus memberikan sensasi menenangkan yang membawa pengguna lebih dekat dengan alam. Misalnya, fitur Fingerprint Unlock dan Optimize.

Kedua fitur tersebut menampilkan efek animasi yang menyerupai riak air. Saat mengisi daya baterai, homescreen akan menampilkan animasi menyerupai tetesan air yang berkumpul di tengah layar. Saat beralih dari interface ke yang lainnya, pengguna akan melihat tampilan Gaussian Blur.

Ya! Tampilan Gaussian Blur mampu menciptakan sensasi visual yang begitu realistis. Seolah-olah kita akan melihat ke dasar danau melalui air di mana gambar latar belakang muncul secara samar-samar. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh ColorOS 13.

  • Quantum Animation Engine

ColorOS 13 menghadirkan Quantum Animation Engine dengan detil dan gerakan animasi yang lebih ditingkatkan pada ikon dan objek dalam layar. Ini menjadikan animasi terasa lebih hidup dan terhubung dengan dunia alami sehingga mengurangi rasa keterpisahan antara dunia digital dan kenyataan.

  • Dukungan Multi-Gesture

Behavioral Predictions juga telah diterapkan oleh OPPO ke dalam sistem operasi terbaru ColorOS13. Hal ini sengaja dilakukan oleh OPPO untuk memproses gerakan multi-gesture dan memberikan respons visual yang tak hanya cerdas, tetapi juga akurat, dan cepat.

Misalnya, jika pengguna menggeser layar ke atas untuk menutup aplikasi dan membatalkan instruksi sebelumnya untuk membuka aplikasi tersebut, sistem akan segera merespons dengan menangguhkan instruksi pembukaan aplikasi sebelumnya dan melanjutkan langsung ke respons pembatalan secara real-time.

Beragam Fungsi Baru pada ColorOS13:

  • Multi-Screen Connect Ditingkatkan

Multi-Screen Connect dalam ColorOS 13 telah ditingkatkan untuk memudahkan penguna saat melakukan multitasking. Pengguna dapat beralih menghubungkan beberapa perangkat yang berbeda dengan lebih mudah dan praktis sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan lebih efisien.

Selain itu, Adaptive Layouts yang ada di dalam ColorOS 13 mampu menampilkan tata letak yang sama dan konsisten pada perangkat dengan ukuran layar berbeda, seperti pada smartphone dan tablet, sehingga semakin memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.

  • Two-Finger Split Screen

ColorOS 13 juga memiliki fungsi Two-Finger Split Screen, sebuah fitur dari ColorOS 12 yang sempat mendapatkan Red Dot Award. Fitur ini menjadikan pengguna lebih fleksibel dan efisien saat melakukan multitasking pada perangkat dengan layar yang lebih besar.

  • Personalisasi

ColorOS 13 juga dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan sesuai kebutuhan. Pengguna dapat memilih berbagai elemen desain dan warna tema dalam sistem sesuai dengan preferensi pribadi dan menaruh berbagai jenis widget pada homescreen sesuai dengan aktivitas sehari-hari.

  • Always-On Display (AOD)

Always-On Display (AOD) dalam ColorOS 13 dirancang untuk memprioritaskan penyajian informasi penting, sekaligus mengurangi informasi lainnya yang tidak penting, sehinnga pengguna tidak perlu membuang waktu membaca informasi yang terlalu banyak dan tidak perlu.

Melalui Smart AOD, saat menggunakan aplikasi untuk memesan makanan secara online, pengguna dapat melihat status pengiriman makanan tanpa harus membuka layar homescreen. OPPO juga telah menjalin kemitraan dengan Spotify untuk mengintegrasikan fungsi Spotify dalam AOD.

Dalam pengembangan ColorOS selama beberapa tahun terakhir, Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 telah memepertahankan banyak fitur yang menjadi bagian khas dari seri sistem operasi sebelumnya. Hal ini dimulai dengan ColorOS 7, di mana OPPO menerapkan Infinite Design Concept.

Ya! OPPO mengubah desain ColorOS agar dapat menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih halus dan menyenangkan. Berangkat dari hal ini, ColorOS 11 memberikan pengguna kesempatan untuk mengekspresikan diri sendiri, di mana pengguna dapat mengubah berbagai tampilan dalam sistem.

Menciptakan sistem operasi yang ideal bukanlah hal yang mudah. Dengan pengalaman OPPO bertahun-tahun serta pengembangan desain dan fitur inovatif, OPPO mampu menghadirkan Aquamorphic Design pada ColorOS 13 kepada pengguna setianya.

Dengan menghadirkan pengalaman yang lebih natural dan intuitif, OPPO berharap dapat menciptakan lingkungan yang harmonis bagi pengguna saat menggunakan smartphone mereka melalui ColorOS 13, sekaligus menghargai semangat hidup apa pun yang terjadi di masa depan.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer