Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Mau Beli OPPO Reno4 atau Reno4 Pro? Cari Tahu Bedanya

OPPO di awal Agustus lalu telah meluncurkan OPPO Reno4 di pasar Indonesia. Sebulan kemudian, atau tepatnya di awal bulan September ini, OPPO meluncurkan OPPO Reno4 Pro. Lalu, bedanya dari kedua smartphone tersebut?

Updated

OPPO adalah salah satu pabrikan smartphone asal Cina yang begitu berhasil di pasar Indonesia. OPPO juga getol untuk meluncrkan produk barunya guna menjawab permintaan pasar yang begitu kompetitif. Ya! Pada awal Agustus 2020 lalu, OPPO telah meluncurkan OPPO Reno4 di pasar Indonesia.

OPPO Reno4 berhasil mencuri perhatian pencinta gadget di Tanah Air. Terbukti saat pertama kali ditawarkan secara flash sale, smartphone ini laku keras. Sebanyak 100 unit OPPO Reno4 habis terjual hanya dalam kurun waktu tiga menit melalui situs e-commerce Lazada.

Pemesanan hari pertama perangkat ini pun mendapat sambutan baik dari konsumen dan juga penggemar setianya, Ofans. Dikatakan oleh OPPO bahwa Reno4 menjadi lini seri Reno terlaris saat ini. Dibandingkan dengan Reno3, pre-order Reno4 naik tiga kali lipat atau sekitar 32,5%.

Tak kalah menarik, pemesanan hari pertama OPPO Reno4 dibandingkan dengan smartphone OPPO yang populer lainnya, seperti OPPO F11 Pro juga meningkat sangat tajam. Disebutkan, kenaikan pemesanan hari pertama OPPO Reno4 meningkat lebih dari 100%.

Nah! Melihat keberhasilan yang diraih oleh Reno4, OPPO memiliki tingkat percaya diri yang tinggi di pasar Indonesia untuk memboyong OPPO Reno4 Pro. Ya! Smartphone ini secara resmi meluncur pada tanggal 7 September 2020 dan juga diharapkan membawa kesuksesan yang sama seperti saudaranya.

Kita juga sudah tahu, saat pertama kali OPPO Reno4 diluncurkan di Indonesia, smartphone tersebut dibanderol seharga Rp4.999.000. Sementara, OPPO juga sudah mengumumkan bahwa OPPO Reno4 Pro dibanderol seharga Rp7.999.000.

Ada OPPO Reno4 dan yang terbaru muncul OPPO Reno4 Pro. Tak sedikit konsumen di Tanah Air yang bingung dengan kehadiran kedua smartphone ini. Namun, kalian tidak perlu bingung setelah membaca artikel ini. Ya! Droidlime akan mengupas tuntas perbedaan antara OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro.

Pakai panel OLED, ukurannya yang sedikit berbeda

Untuk sektor tampilan, jika diperhatikan, OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro memakai panel layar yang sama, yakni OLED (Super AMOLED). Hanya saja, ukurannya yang sedikit berbeda. OPPO Reno4 memiliki ukuran layar 6,4 inci, sementara OPPO Reno4 Pro memiliki ukuran layar 6,5 inci.

Meskipun memiliki resolusi yang sama, yakni FullHD+, rasio screen-to-body keduanya juga berbeda. OPPO Reno4 hanya 90,7 persen, sedangkan OPPO Reno4 Pro sudah mencapai 92,01 persen. Tidak hanya itu, OPPO Reno4 memiliki layar datar, sementara OPPO mengemas Reno4 Pro dengan layar 3D Curved.

Masih disektor tampilan, daya tarik dari OPPO Reno4 Pro, smartphone ini sudah dibekali layar dengan refresh rate 90 Hz. Sementara, OPPO Reno4 hanya memiliki layar dengan refresh rate 60 Hz. Sudah barang tentu, smartphone dengan layar yang memiliki refresh rate 90 Hz akan lebih nyaman saat dipakai untuk menikmati konten hiburan.

Dibagian punggung, kedua smartphone ini juga datang dengan dukungan empat buah kamera belakang. Hanya saja, susunan kameranya yang dibuat berbeda. OPPO Reno4 punya pilihan warna Galactic Blue dan Space Black, sementara OPPO Reno4 Pro datang dengan pilihan warna Starry Night dan Silky White.

Sama-sama dibekali chipset Snapdragon 720G

OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro dihadirkan oleh OPPO untuk menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Oleh karena itu, OPPO pun tidak main-main untuk menyuntikkan chipset sebagai otak dari kedua smartphone tersebut. Ya! OPPO percaya diri untuk membekali Reno4 dan Reno4 Pro dengan chipset Snapdragon 720G.

Sekadar informasi tambahan buat kalian, Snapdragon 720G adalah chipset yang dikembangkan oleh Qualcomm dengan proses fabrikasi 8 nm. Selain itu, chipset ini juga sudah memiliki CPU Octa-core dengan arsitektur 2x Kryo 465 Gold 2,3 GHz yang dipadukan 6x Kryo 465 Silver 1,8 GHz. Didalamnya juga sudah ada GPU Adreno 618.

Snapdragon 720G yang ada di dalam Reno4 berpasangan dengan RAM 8 GB + ROM 128 GB. Sedangkan Snapdragon 720G yang ada di dalam tubuh Reno4 Pro berpasangan dengan RAM 8 GB + ROM 256 GB. Jika ingin memperluas kapasitas penyimpanannya, OPPO masih membekali kedua smartphone ini dengan slot microSD.

Lalu, bagaimana dengan catu dayanya? Baik OPPO Reno4 maupun OPPO Reno4 Pro, masing-masing telah dibekali dengan baterai berkapasitas besar. OPPO Reno4 punya baterai 4.015 mAh, sementara OPPO Reno4 Pro punya baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Akan tetapi, yang tak kalah mengejutkan adalah dukungan fitur fast charging yang disematkan. OPPO Reno4 datang dengan VOOC Flash Charge 4.0 dengan daya 30W. Sedangkan OPPO Reno4 Pro sudah dibekali dengan pengisian daya yang lebih cepat, yakni SuperVOOC 2.0 dengan daya 65W.

Empat kamera belakang, dengan lensa utama 48 MP

OPPO memang mendedikasikan OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro untuk para penggemar fotografi mobile. Tentu saja itu bukan tanpa alasan. Seperti yang sudah disinggung di atas, OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro datang dengan dukungan empat buah kamera di bagian belakang.

Konfigurasi kamera yang disematkan tidak berbeda. OPPO Reno 4 dan OPPO Reno4 Pro, sama-sama punya lensa utama 48 MP dengan aperture f/1.7. Lensa utamanya ini ditemani oleh lensa ultra-wide 8 MP f/2.2, lensa makro 2 MP f/2.4 dan sensor kedalaman 2 MP untuk menciptakan foto bokeh.

Dukungan kamera depannya pun tak kalah mengagumkan. OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro, sama-sama punya kamera depan 32 MP. Namun, untuk Reno4, OPPO telah menyandingkan kamera depannya dengan AON Smart Sensor untuk kebutuhan menjalankan fungsi Smart Gesture.

Berbicara mengenai fitur fotografi dan videografi yang disematkan, tidak ada perbedaan di kedua smartphone ini. Baik di OPPO Reno4 maupun di OPPO Reno4 Pro, OPPO telah menyematkan fitur AI Color Portrait Photo/Video, Night Flare Portrait, Ultra Steady Video 3.0, 960fps AI Slow-motion dan sebagainya.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4

OPPO kembali menggebrak pasar smartphone kelas menengah di Indonesia dengan meluncurkan OPPO Reno4. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 720G dibanderol...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer