Connect with us
UX581
Fitur

Lebih Dekat dengan Galaxy A51 dan Galaxy A71 yang Mendarat di Indonesia

Samsung bakal memboyong Galaxy A51 dan Galaxy A71 ke pasar Indonesia. Ya! Inilah dua smartphone pertama kelas menengah dari Samsung yang muncul di awal tahun 2020.

Updated

Awal tahun ini Samsung langsung membuat gebrakan di pasar smartphone global dengan memperkenalkan Galaxy A51 dan Galaxy A71. Kedua smartphone ini pun sempat dipamerkan oleh Samsung dalam gelaran CES 2020 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

Nah! Kabar gembira untuk pencinta gadget di Indonesia, Samsung pun akan meluncurkan Galaxy A51 dan Galaxy A71 di Indonesia. Ya! Kedua smartphone ini rencananya akan diperkenalkan di hadapan media dan tech-reviewer pada tanggal 14 Januari 2020.

Bahkan, Samsung sendiri sudah menawarkan Galaxy A51 secara pre-order di sejumlah e-commerce ternama di Indonesia. Ya! Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp4.099.000. Namun, untuk Galaxy A71, Samsung memang belum menawarkannya secara terbuka.

Nah! Buat kalian yang kepincut dengan kedua smartphone ini, ada baiknya mengetahui keunggulan dari masing-masing perangkat. Dengan begitu, kalian tidak akan menyesal jika akhirnya membeli Galaxy A51 atau Galaxy A71 untuk dijadikan smartphone sehari-hari alias daily driver.

Dukungan dapur pacu yang disematkan

Sudah barang tentu, kedua smartphone ini diramu oleh Samsung dengan dukungan chipset yang berbeda. Samsung Galaxy A51 ditenagai dengan SoC Exynos 9611 yang punya fabrikasi 10 nm. Sementara, Galaxy A71 datang dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 730 yang punya fabrikasi 8 nm.

Punya dukungan chipset yang berbeda, bukan berarti CPU-nya berbeda. Ya! Kedua smartphone ini punya CPU Octa-core, hanya saja komposisinya yang berbeda. Begitu juga dengan dukungan GPU yang disematkan. Galaxy A51 punya GPU Mali-G72 MP3, sementara Galaxy A71 dibekali GPU Adreno 618.

Nah! Bagiamana dengan dukungan memori yang disematkan? Melalui rilis yang diterima oleh DroidLime, sepertinya Samsung hanya menyediakan satu varian Galaxy A51, yakni RAM 6 GB yang berpasangan dengan internal storage berkapasitas 128 GB. Tenang! Smartphone ini masih dibekali dengan slot microSD up to 512 GB.

Ya! Sejauh ini Samsung memang belum mengkonfirmasi varian Galaxy A71 yang akan disodorkan kepada konsumen di Indonesia. Namun, jika mengintip tabel spesifikasi yang dimiliki oleh GSMArena, smartphone ini hanya punya dua varian memori, yakni RAM 6 GB + ROM 128 GB dan RAM 8 GB + ROM 128 GB. Ada juga dukungan slot microSD.

Untuk catu dayanya, keduanya datang dengan kapasitas baterai yang berbeda. Galaxy A51 hanya dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 15W, sementara Galaxy A71 datang dengan baterai yang sedikit lebih besar, yakni 4.500 mAh dan ditambah dukungan fast charging 25W.

Sama-sama Super AMOLED, beda ukuran layar

Datang sebagai smartphone kelas menengah, sudah barang tentu Samsung tidak meremehkan dari sisi layar. Ya! Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan panel layar Super AMOLED sehingga mampu menghadirkan gambar yang lebih tajam dan kaya warna.

Hanya saja, Samsung membedakan ukuran layar yang digunakan. Galaxy A51 datang dengan layar berukuran 6,5 inci. Sementara, Galaxy A71 sedkit lebih besar, yakni 6,7 inci. Ini pun berdampak pada dimensi keduanya, di mana Galaxy A51 punya ukuran 158,5 x 73,6 x 79 mm dan Galaxy A71 berukuran 163,6 x 76 x 7,7 mm.

Begitu juga dengan bobotnya, di mana Galaxy A51 memiliki bobot seberat 172 gram, sementara Galaxy A71 sedikit lebih berat, yakni 179 gram. Persamaannya, keduanya datang dengan resolusi layar FullHD+, aspek rasio 20:9 dan sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Nah! Yang tak kalah menarik adalah desain belakang kedua smartphone ini. Baik Galaxy A51 maupun Galaxy A71, masing-masing datang dengan desain yang tidak berbeda. Empat modul kamera belakang dimuat ke dalam satu kluster berbentuk persegi yang diletakkan di sudut kiri atas.

Keduanya juga memiliki sentuhan akhir yang masih sama dengan seri pendahulunya, yakni Galaxy A50s dan Galaxy A70s. Selain itu, keduanya juga tidak dibekali dengan pemindai sidik jari di bagian belakang. Ya! Fitur keamanan biometrik ini ditanam oleh Samsung di bawah layar alias in-display fingerprint.

Sama-sama punya empat kamera di bagian belakang

Seperti yang telah disinggung, baik Galaxy A51 maupun Galaxy A71 datang dengan dukungan empat kamera belakang. Ya! Keempat kamera yang disematkan disusun seperti huruf “L” ditemani dengan sebuah LED flash dan ditempatkan dalam modul berbentuk persegi yang diletakkan di sudut kiri atas.

Galaxy A51 punya konfigurasi kamera belakang yang berbeda dengan Galaxy A71. Ya! Perbedaan yang mencolok hanya ada pada lensa utamanya. Galaxy A51 punya lensa utama 48 MP, sementara Galaxy A71 lensa utamanya adalah 64 MP. Dukungan kamera lainnya adalah lensa ultra-wide 12 MP, lensa telefoto/makro 5 MP dan lensa kedalaman 5 MP.

Nah! Kamera depan yang ada pada kedua smartphone ini ditempatkan ke dalam punch-hole yang diletakkan di atas layar di bagian tengah. Baik Galaxy A51 maupun Galaxy A71, masing-masing punya kamera depan dengan sensor yang sama, yakni 32 MP dengan aperture f/2.2.

Punya dukungan NFC

Tentu saja yang menjadi daya tarik dari Galaxy A Series mid-range adalah dukungan NFC yang ditancapkan oleh Samsung ke dalam smartphone tersebut. Seperti yang kita tahu, Samsung membuat gebrakan dengan memuat NFC ke dalam Galaxy A50s dan Galaxy A30s yang hadir di tahun lalu.

Nah! Fitur yang sama juga kembali ditancapkan oleh raksasa elektronik asal Korea Selatan ini ke dalam Galaxy A51 dan Galaxy A71. Fitur NFC sendiri berguna bagi konsumen yang getol untuk transaksi online, seperti memeriksa saldo e-money yang dimilikinya atau untuk pembayaran transaksi digital lainnya.

ROGP2
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifkasi Huawei P40/P40 Pro

Tidak hanya merilis Huawei P40 Pro+, Huawei juga memperkenalkan Huawei P40 dan Huawei P40 Pro. Kedua smartphone ini juga datang...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 10 Lite

Tidak hanya memperkenalkan Mi 10 dan Mi 10 Pro di pasar Eropa, Xiaomi juga memberikan kejutan dengan memperkenalkan Mi 10...

Harga HP4 days ago
Harga dan Spesifikasi Huawei P40 Pro+

Menggebrak pasar smartphone "flagship premium", Huawei memperkenalkan Huawei P40 Pro+. Smartphone yang punya lima kamera dan ditenagai Kirin 990 5G...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifkasi realme 6 Pro

realme secara resmi juga memperkenalkan realme 6 Pro di pasar Indonesia. Membawa tagline "6 Cameras. Pro Display", smartphone ini telah...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi realme 6

realme menepati janjinya untuk memperkenalkan realme 6 Series di pasar Indonesia. Salah satu model realme 6 Series yang diperkenalkan adalah...

Harga HP1 week ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A91 Versi Pasar Indonesia

OPPO secara mengejutkan kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia. Ya! Pabrikan smartphone ini baru saja memboyong OPPO A91 ke pasar...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Nokia 8.3 5G

HMD Global secara resmi sudah memperkenalkan smartphone barunya, Nokia 8.3 5G. Ya! Ditenagai Snapdragon 765G yang terintegrasi dengan modem 5G,...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesfikasi OPPO Reno3

OPPO secara resmi telah meluncurkan OPPO Reno3 di pasar Indonesia. Datang dengan dukungan chipset Helio P90 dari MediaTek, smartphone ini...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!