Connect with us
ROG
Fitur

iPhone 11 Segera Tiba, Kamu Beli yang Mana?

Apple akan merilis iPhone terbarunya 10 September mendatang: iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Di antara ketigaya, manakah yang paling menarik untuk dibeli?

Updated

Sebanyak apapun smartphone Android yang dirilis setiap tahunnya, entah itu smartphone entry-level, mid-range, atau pun flagship, rasanya masih sulit untuk “menyihir” agar orang-orang bisa melupakan iPhone. Kita tahu kalau Apple pasti menggelar acara peluncuran iPhone baru tiap tahunnya, tepatnya setiap bulan September. Dan acara ini selalu sukses mencuri perhatian setiap orang, tidak peduli ia pengguna Android atau pun iPhone.

Dan tidak terasa, sebentar lagi bakal hadir iPhone terbaru, tepatnya pada 10 September besok. Dari berbagai bocoran yang berseliweran di Internet selama beberapa bulan belakangan, hampir dipastikan bakal ada tiga iPhone baru tahun ini. Disebut-sebut mereka adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Pertanyaannya, manakah yang paling worth it dan menggoda untuk dilirik?

Sebagai pengguna iPhone XR saat ini, tentu saja saya tertarik untuk menggantinya dengan iPhone terbaru, meskipun bukan karena kebutuhan. Namun setidaknya saya bisa menjadikannya bahan untuk membuat video sembari mempelajari apa saja hal-hal dan teknologi baru yang dibawa oleh iPhone 11. Lalu, saya juga bisa membandingkannya dengan flagship Android sepanjang tahun 2020 nanti. Namun, iPhone manakah yang harus saya beli? Tentu saja saya hanya akan membeli satu varian saja karena harganya pasti mahal.

Jika kalian menjadi saya atau pun kalian memang berencana untuk membeli salah satu dari ketiga iPhone baru tersebut, kira-kira iPhone mana yang akan kalian pilih? Tentu saja ketiganya punya daya tariknya masing-masing. Dan melalui artikel ini, saya akan mengajak kalian untuk mencuri start mengintip lebih dulu gambaran tiga iPhone 11 series yang akan segera tiba.

Positioning iPhone 11 series

Untuk mempermudah dalam memilih, kita harus tahu dulu positioning dari ketiga iPhone 11 series ini. Untungnya tidak sulit menganalisanya, karena positioning-nya mirip iPhone yang ada sekarang. iPhone 11 disebut-sebut bakal jadi varian paling rendah, sama halnya iPhone XR. iPhone 11 Pro bakal jadi “the next iPhone Xs”, dan iPhone 11 Pro Max adalah penerus iPhone Xs Max.

Bahkan hal ini sudah bisa terlihat dari prediksi dimensi layarnya. iPhone 11 digosipkan punya layar LCD 6,1 inci, iPhone 11 Pro berlayar OLED 5,8 inci, dan iPhone 11 Pro Max berlayar OLED 6,5 inci. Selanjutnya soal harga, juga sama seperti iPhone yang ada sekarang. iPhone 11 adalah yang termurah (mulai US$749), iPhone 11 Pro di tengah-tengah (mulai US$999), dan iPhone 11 Pro Max jadi yang termahal (mulai US$1.099).

Performa sama ngebut

Walaupun bakal beda kasta dan juga berbeda harga, tapi kalau bicara soal performa, ketiga iPhone 11 baru nanti bakal berimbang. Chipset yang dipakai sama, yakni Apple A13, yang artinya kemampuannya untuk menjalankan aplikasi terutama game-game berat terbaru bakal sama ngebutnya. Paling-paling yang bikin beda adalah kapasitas RAM dan baterainya saja.

RAM iPhone 11 disebut-sebut 4 GB, sementara yang versi Pro 6 GB. Dengan selisih hanya 2 GB, saya rasa tidak akan terlalu terasa perbedaannya karena toh iOS 13 sudah semakin ramah hardware. Begitu pun dengan baterai, katanya ketiga seri iPhone 11 sama-sama menggendong kapasitas di atas 3.000 mAh. Jika benar, ini merupakan peningkatan yang lumayan karena iPhone Xs saja hanya berkapasitas 2.600 mAh.

Pembeda yang sesungguhnya

Hal yang perlu dicermati yang nantinya akan membedakan antara iPhone 11 dengan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sebenarnya adalah layar dan kamera. Kedua hal ini pun yang juga jadi pembeda utama antara iPhone XR dan iPhone Xs saat ini. Kalau kalian punya “mata jahat” yang tidak bisa kompromi dengan resolusi rendah, maka hindari iPhone 11. Karena berdasarkan bocoran, resolusi iPhone 11 tak sampai Full HD (1.792 x 828p).

Sedangkan iPhone 11 Pro dengan dimensi layar lebih kecil dari iPhone 11, justru punya resolusi 2.436 x 1.125p. Atau kalau mau lebih memanjakan mata, maka saya sarankan untuk memilih iPhone 11 Pro Max yang punya layar 6,5 inci dengan resolusi 2.668 x 1.242p. Terlebih lagi, ada perbedaan panel yang dipakai. Layar iPhone 11 versi Pro tentunya akan terlihat lebih “cemerlang” berkat panel OLED yang dipakai.

Di samping layar, satu hal lagi yang bakal jadi pembeda signifikan adalah kamera. iPhone 11 disebut bakal disenjatai dua kamera belakang. Konfigurasi dual-camera ini pastinya sudah jadi hal biasa dan cenderung membosankan karena sudah berlaku sejak iPhone 7 Plus dulu.

Karenanya, kalau memang mencari hal yang benar-benar baru, mau tidak mau harus memilih iPhone 11 versi Pro karena memuat tiga kamera belakang. Salah satu lensanya diyakini adalah ultrawide yang belum pernah ada di iPhone manapun.

Jadi, mana yang kalian pilih?

Memilih smartphone memang seringkali bikin pusing, termasuk ketika mau membeli iPhone. Namun dengan sedikit prediksi yang sudah saya sebutkan di atas, semoga bisa sedikit membantu dalam menentukan pilihan. Sekali lagi, ketiganya bakal terasa sama ketika bicara soal kemampuan bermain game karena chipset yang digunakan memang sama.

Di luar soal game, pilih lah iPhone 11 jika kalian tidak mau menghamburkan lebih banyak uang untuk belanja sebuah iPhone atau hanya membutuhkan iPhone baru untuk sekadar bergaya atau pun memenuhi keperluan basic bermain medsos.

Di lain sisi, pilih lah iPhone 11 Pro jika kalian menginginkan smartphone dengan layar berkualitas, kamera komplit, serta form factor compact yang tidak akan terlalu mengganjal di kantong celana. Sementara jika kalian bakal sering menggunakannya untuk streaming video, pilihan terbaik adalah iPhone 11 Pro Max.

Namun perlu dicatat, paparan spesifikasi di atas baru sebatas perkiraan berdasarkan bocoran-bocoran yang kredibel. Pastinya kita harus menunggu hingga tanggal 10 September nanti untuk mendapatkan info lengkap seputar iPhone terbaru ini.

iPhone manakah yang paling layak dibeli?

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi vivo X50 Series

vivo secara resmi sudah memboyong vivo X50 Series ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni vivo X50 dan...

Harga HP3 days ago
Harga dan Spesifikasi realme C15

Menggoyang pasar entry-level, realme belum lama ini telah merilis realme C15. Smartphone yang ditenagai chipset Helio G35 dari MediaTek ini...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9

Memanjakan penggemar gadget entry-level, Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan Redmi 9. Smartphone ini pun sudah melenggang di pasar Indonesia sejak...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei nova 7 5G

Setelah memanjakan pengguna gadget kelas atas dengan menghadirkan Huawei P40 Series, Huawei satu pekan lalu membuat kejutan dengan meluncurkan Huawei...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme C11

realme kembali memperlihatkan komitmennya untuk memanjakan penggemar gadget di Indonesia. Terbaru, realme telah memperkenalkan ponsel pintar entry-level yang dipanggil dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 5.3

Tanpa gembar-gembor, HMD Global telah memboyong Nokia 5.3 ke pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 665 ini dibanderol dengan...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme Narzo

Tidak hanya meluncurkan realme X3 SuperZoom, realme di pasar Indonesia juga merilis realme Narzo. Ditawarkan seharga Rp2 jutaan, realme Narzo...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme X3 SuperZoom

realme X3 SuperZoom sudah mendarat di pasar Indonesia. Smartphone yang ditenagai Snapdragon 855+ ini datang dengan dukungan RAM 12 GB...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer