Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Inilah Serangkaian Produk Apple yang Dirancang oleh Jony Ive

Jony Ive akan meninggalkan Apple. Dari tangannya, tak sedikit produk Apple yang dirancang begitu terlihat mengesankan. Seperti iMac, iBook, iPod dan iPhone, semuanya dirancang oleh Jony Ive.

Updated

Berita mengejutkan datang dari Apple. Ya! Raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat ini ditinggalkan oleh Jony Ive selaku Kepala Desainer. Seperti yang kita tahu, beberapa produk besutan Apple terlihat begitu indah berkat pemikiran Jony Ive.

Pendiri Apple, Steve Jobs pun begitu mempercayainya dengan kretifitas yang dimiliki oleh Jony Ive. Lebih dari 30 tahun, Jony Ive bergabung dengan Apple dan kini ia meninggalkan perusahaan untuk meluncurkan proyeknya “LoveForum” di tahun depan.

Bisa dibilang, Jony Ive adalah orang dibalik pembuatan iMac yang muncul dengan warna menarik dan diluncurkan pada tahun 1998. Dia pun merancang banyak produk Apple, termasuk iPhone, iPod, iPod Mini, iMac dan bahkan berpartisipasi dalam mengembangkan iOS 7 dan Apple Park.

iMac G3

Hasil desain yang dibuat Jony Ive membuat produk Apple terlihat sangat minimalis dan mudah digunakan dengan estetika modern. Ya! Desain adalah aspek yang begitu penting di balik penjualan produk Apple selama beberapa dekade terakhir.

Berbicara soal iMac, Jony Ive berhasil merancang iMac G3 yang menjadi salah satu penemuan desain penuh warna dengan sampul belakang berwarna “permen”. Ya! Saat itu Apple berhasil mematahkan kehadiran PC plus layar yang biasanya datang dengan warna abu-abu yang membosankan.

Awalnya iMac G3 diluncurkan dalam warna “Blondi Blue”. Akan tetapi setelah produk ini begitu populer, Apple menambahkan 10 warna berbeda. Steve Jobs pun menyebut iMac G3 sebagai mesin dari pelanet lain yang dibelakangnya ada seorang desainer yang bekerja sangat baik.

Meski pun akhirnya iMac G3 kepopulerannya ditinggalkan, Jony Ive tetap bersama Apple untuk membangun perangkat futuristik. Maka, lahirlah iMac G4 dan belakangan, ia terus mengimprovisasi desainnya sehingga kini mencapai ketipisan beberapa milimeter.

iBook

Perangkat Apple lainnya yang turut dirancang oleh Jony Ive adalah iBook. Ya! Ini adalah perangkat yang berhasil memikat dunia dengan desain dan kekompakannya. Laptop berwarna putih ini membawa Keyboard, Mouse dan Baterai bawaan untuk portabilitas.

Alih-alih memperkenalkan laptop berwarna cerah, Apple mengadopsi iBook G4 berwarna putih dan bulat. Perangkat ini diluncurkan pada 22 Oktober 2003, dan kemudian menerima beberapa peningkatan dalam bentuk model secara berturut-turut hingga tahun 2005.

iPod Mini

Selanjutnya, siapa yang bisa melupakan iPod dengan library musik terbesar dan memiliki kemampuan suara yang luar biasa? Bisa dibilang, iPod mampu menggantikan peranan Sony Walkwam yang begitu populer dan CD Player lainnya.

iPod dibuat oleh Apple sebagai perangkat pemutar musik yang begitu kecil, ringan, indah, membawa suara yang lebih baik, lebih banyak penyimpanannya dan memberikan kualitas musik yang ditingkatkan. Itu juga mengantarkan pengalaman musik digital Apple menggunakan iTunes.

Alasan di balik popularitas iPod adalah desainnya yang begitu mengesankan. Untuk selanjutnya, Apple pun berhasil membuat iPod yang begitu minimalis berkat pemikiran Jony Ive dan lahirlah iPod Mini. Datang dengan warna-warna yang intuitif, perangkat ini pun berhasil mendapat respon positif.

Lagi dan lagi, iPod Mini pun mendapat pujian dari Steve Jobs. CEO Apple yang kini sudah wafat memuji dengan mengatakan bahwa iPod Mini adalah perangkat pemutar musik yang begitu indah, terutama dari sisi desain yang penuh warna.

iPhone Gen-1

Tidak hanya sampai disitu, Jony Ive pun ikut berperan dalam desain pembuatan iPhone. Semua orang begitu kagum ketika melihat iPhone generasi pertama yang diluncurkan dengan banyak fitur inovatif. Ini sekaligus membentuk seluruh industri smartphone menjadi dimensi yang berbeda.

Setelah mengembangkan perangkat dengan berbagai faktor bentuk, Apple pun mengembangkan iPad. Perangkat ini datang dengan layar besar yang bisa menggantikan laptop untuk hiburan dan penggunaan bisnis. Ya! iPad datang dengan layar berukuran 9,7 inci, ramping dan ringan untuk dipegang.

Meskipun, untuk pertama kalinya, Jony Ive muncul di video promosi produk Apple sambil berbicara tentang estetika perangkat. Itu adalah salah satu proyek utama setelah peluncuran iPhone yang dilewati Jony dengan warna-warna cerah.

Setelah meminjamkan tangannya dalam mendesain perangkat keras untuk Apple, Jony Ive juga ikut ke dalam perancangan perangkat lunak. Ia pun membantu Apple dalam menciptakan pembaruan iOS 7 yang begitu sensasional pada tahun 2013.

Produk cantik Apple lainnya yang juga menarik banyak perhatian pecinta gadget adalah Apple Watch. Smartwatch ini diluncurkan pada tahun 2014 sebagai perangkat wearable health tracking pertama yang berhasil dibuat oleh Apple.

Seperti halnya beberapa inovasi yang sudah disebutkan di atas, Apple kembali memberi Jony Ive tanggung jawab untuk merancang Apple Watch. Smartwatch ini datang dengan bodi stainless steel, layar persegi panjang dan tali atau strap yang bisa diganti.

Mirip dengan kemunculan iPhone, kehadiran Apple Watch pun langsung disambut positif oleh banyak pecinta gadget. Disebut-sebut, smartwatch ini sebagai salah satu item wearable yang mampu menghadirkan gaya hidup modern bagi penggunanya.

Apple Office

Tak ketinggalan, Jony Ive pun ikut berkontribusi dalam perancangan kantor Apple yang kini terlihat begitu mengesankan. Ia berhasil menuangkan sejumlah ide untuk mengajak Apple agar tidak lagi membangun struktur kantor yang terlihat sangat primitif.

Gagasan untuk membangun kantor baru dikandung oleh Steve Jobs dan Jony Ive. Ia memvisualisasikan masa depan melalui kantor baru Apple. Seperti yang kita tahu, kantor tersebut berbentuk cincin yang begitu indah dan mulai dibuka untuk karyawan Apple pada tahun 2017 lalu.

Baca juga

Jony Ive selalu menunjukkan dimensi desain yang berbeda melalui karyanya. Ia berinovasi dan mereformasi smartphone serta gadget pintar lainnya agar terlihat lebih indah. Selain itu, ia tidak hanya merancang produk, tetapi dia juga ikut menciptakan raksasa Cupertino.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 20 Pro

Amunisi terbaru dari realme untuk memanjakan para realme Fans yang gemar bermain game mobile, realme telah meluncurkan realme narzo 20...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi POCO X3 NFC

Xiaomi di pasar Indonesia sudah secara resmi memperkenalkan POCO X3 NFC. Smartphone mid-range dengan dukungan NFC ini datang ditenagai chipset...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP2 months ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP3 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer