Connect with us
UX5401ZAS-Space-Edition
Fitur

Ini Sebab Performa ASUS TUF Gaming F15 (FX507) Lebih Ngacir

ASUS TUF Gaming F15 (FX507) dibekali prosesor Core i7-12700H dari Intel dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050. Tetapi, laptop gaming ini punya performa yang lebih baik dari kompetitornya. Kok bisa?

Updated

Harus diakui bahwa bermain game adalah salah satu aktivitas hiburan yang paling mengasyikkan, selain nonton film atau drama series. Tentunya, tak sedikit orang yang getol bermain game secara mobile melalui smartphone atau jika punya budget lebih, bermain game menggunakan laptop gaming.

Saat ini, di pasar Indonesia tersedia beragam laptop gaming yang dihadirkan oleh beberapa brand yang secara khusus ditujukan untuk kalian yang getol bermain game. Namun, kalian jangan sampai terkecoh untuk memilih perangkat yang tepat, meskipun dipasok dengan spesifikasi yang identik.

Memiliki spesifikasi tinggi, tidak berarti performanya juga tinggi. Memang, yang jadi penilaian beberapa orang ketika membeli sebuah laptop gaming, hal pertama yang ditanyakan adalah dukungan prosesor serta kartu grafis yang digunakan.

Namun, kalian juga harus memahami bahwa tak hanya dukungan prosesor serta kartu grafis saja yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor lainnya, mulai dari teknologi RAM yang diadopsi, hingga tentunya dukungan sistem pendingin yang digunakan.

Nah! Saat ini, ASUS yang memang terbilang getol menelurkan banyak laptop gaming, punya ASUS TUF Gaming F15 (FX507). Ini adalah laptop gaming yang digadang-gadang oleh ASUS sebagai Most Advanced Entry Level Gaming Laptop.

Dukungan RAM DDR5 4800MHz

Menariknya, ASUS TUF Gaming F15 (FX507) memiliki spesifikasi serupa dengan kompetitornya, yang juga hadir di tahun ini, yakni Acer Nitro 5 (2022). Kedua laptop gaming ini sama-sama menggunakan prosesor Core i7-12700H dari Intel dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050 dengan VRAM 4GB.

Namun, dengan TGP (total graphic power) yang berhasil ditingkatkan oleh ASUS dibandingkan dengan generasi sebelumnya, TUF Gaming F15 (FX507) ini dapat menghadirkan pengalaman gaming yang lebih baik. ASUS juga meramu TUF Gaming F15 (FX507) dengan dukungan RAM DDR5 4800MHz.

Sementara, Acer Nitro 5 (2022) menggunakan dukungan RAM DDR4 3200MHz. Ya! Harus diakui bahwa dukungan kecepatan RAM sangat berpengaruh dalam aktivitas gaming, yaitu RAM lebih kencang dapat menghadirkan framerate minimal yang lebih baik di dalam game.

Sistem Pendingin Lima Heatpipe Tembaga

Penggunaan sistem pendingan yang tepat juga menjadi salah satu tolok ukur untuk mendongkrak performa sebuah laptop gaming. TUF Gaming F15 (FX507) diramu oleh ASUS menggunakan sistem pendingin khusus yang dilengkapi lima heatpipe tembaga.

Ya! Tak hanya mampu untuk mendinginkan komponen prosesor dan kartu grafis yang terpasang, sistem pendingin yang ada pada TUF Gaming F15 (FX507) ini juga mampu mendinginkan beberapa komponen lainnya, seperti Voltage Regulator Module (VRM).

Sistem pendingin TUF Gaming F15 (FX507) juga ditenagai dua kipas bertenaga 12v serta memiliki empat jalur pembuangan udara panas. Sistem pendingin yang ada pada TUF Gaming F15 (FX507) juga bisa diandalkan berkat kehadiran fitur 0db Ambient Cooling.

Fitur 0db Ambient Cooling memungkinkan kipas untuk berhenti berputar saat suhu prosesor dan kartu grafis alias GPU berada di bawah 50⁰C. Ini membuktikan bahwa sistem pendingin TUF Gaming F15 (FX507) sangat andal untuk mendinginkan CPU dan GPU yang diusungnya.

Dukungan MUX Switch dan Mudah Diupgrade

Bagi kalian yang menginginkan performa penuh dari TUF Gaming F15 (FX507), ASUS juga melengkapinya dengan MUX Switch. Dengan MUX Switch memungkinkan laptop gaming ini untuk mematikan secara penuh fungsi chip grafis terintegrasi (iGPU).

Dengan begitu, pemrosesan grafis sepenuhnya dapat dikerjakan oleh chip grafis diskrit (dGPU) yang lebih powerful. Selain itu, kalian juga memiliki kebebasan untuk menggunakan seluruh fitur dan potensi yang ada pada TUF Gaming F15 (FX507) melalui MUX Switch.

MUX Switch dapat diaktifkan saat bermain game sehingga TUF Gaming F15 (FX507) dapat menghadirkan performa maksimalnya. Sementara, ketika kalian menonaktifkan atau mematikan MUX Switch, laptop gaming ini bisa memberikan pemakaian baterai yang lebih hemat.

Kalian yang tertarik dengan TUF Gaming F15 (FX507) juga tak perlu bingung jika ingin mengupgrade laptop gaming tersebut. Pasalnya, ASUS memberikan opsi upgrade RAM dengan dua slot SO-DIMM DDR5 4800MHz dan penyimpanan data dua slot M.2 PCIe Gen4 SSD.

Berkat opsi upgrade yang ditawarkan oleh ASUS, bahkan TUF Gaming F15 (FX507) versi paling basic-pun bisa memiliki total RAM hingga 32GB DDR5 serta dapat menampung dua PCIe Gen4 SSD dengan kapasitas total penyimpanan data hingga 4 TB.

Hasil Benchmark

Dilengkapi Armoury Crate

Daya tarik lainnya dari TUF Gaming F15 (FX507), ASUS telah mempersenjatai laptop gaming ini dengan Armoury Crate. Ini adalah aplikasi atau software khusus yang dikembangkan oleh AUS untuk mengontrol semua fitur dan performa yang ada di TUF Gaming F15 (FX507).

Pengaturan performa mulai dari kontrol MUX Switch, pengaturan Two-Way AI Noise-Cancelling, kontrol performa lewat preset yang disediakan, hingga kontrol performa dan putaran kipas secara manual. Armoury Crate juga dapat memperlihatkan daftar game yang terpasang di TUF Gaming F15 (FX507).

Bagi kalian yang tertarik membeli TUF Gaming F15 (FX507), ASUS juga memberikan perlindungan ekstra yaitu ASUS Perfect Warranty. Melalui ASUS Perfect Warranty, pengguna hanya perlu membayar biaya perbaikan yang kerusakannya diakibatkan oleh kesalahan pengguna sebesar 20%.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP3 hours ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Samsung membuat kejutan dengan memboyong Galaxy A14 5G ke Indonesia. Ini adalah smartphone 5G yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 10 Pro 5G

Secara resmi realme telah memasarkan realme 10 Pro 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan segudang daya...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi realme narzo 50

realme narzo 50, yang digadang-gadang mengambil gaming sebagai inti dari penciptaannya. Smartphone seharga Rp2 jutaan ini tiba dengan layar serta...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo V23 5G

vivo di awal tahun 2022 langsung membuat kejutan dengan meluncurkan vivo V23 5G. Uniknya, smartphone ini punya bodi belakang yang...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G

Bagi kalian yang menginginkan smartphone unggulan dan nyaman digenggam atau disimpan di saku baju dan celana, Galaxy S21 FE 5G...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi HUAWEI nova 9

Menjelang akhir tahun 2021, Huawei memberi kejutan kepada pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan HUAWEI nova 9. Smartphone kelas menengah ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme 8i

realme punya senjata ampuh untuk menaklukkan mereka yang menginginkan layar 120Hz, namun ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya! realme menghadirkan realme...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95 secara resmi telah meluncur di Indonesia sejak tanggal 18 November 2021 lalu. Smartphone ini membawa banyak hal baru,...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer