Connect with us
ROGP2
Fitur

Huawei Mate 20 Pro Vs Pixel 3 Vs iPhone Xs: Uji Kamera Flagship Terbaik

Berkesempatan untuk menguji kamera smartphone flagship tentunya sangat mengasyikkan. Ya! Kami menguji Huawei Mate 20 Pro, Google Pixel 3 dan Apple iPhone Xs. Lantas, mana dari ketiga smartphone ini yang punya dukungan kamera terbaik?

Updated

Ada banyak faktor yang bisa bikin sebuah smartphone disebut flagship. Bisa dari hardware, teknologi, desain, atau bisa juga dari kameranya. Semua pabrikan smartphone bisa bikin perangkatnya dengan dukungan SoC alias chipset super ngebut.

Selain SoC super ngebut, beberapa pabrikan smartphone juga bisa membuat perangkat dengan desain mewah. Tapi satu yang pasti, tidak semua pabrikan smartphone bisa membuat perangkat dengan dukungan kamera superiror.

Tiga smartphone dengan kamera superior

Nah! Bicara smartphone dengan dukungan kamera superior, sekarang ini kami yakin yang ada di otak kalian tidak jauh-jauh dari tiga nama beken. Ya! Ketiganya adalah Mate 20 Pro besutan Hauwei, Pixel 3 racikan Google dan yang terakhir adalah iPhone Xs ciptaan Apple.

Huawei Mate 20 Pro punya desain classy dengan kombinasi backdoor kaca gradasi dan layar curved yang di baliknya juga udah ada sensor fingerprint. Bisa dibilang, Huawei mampu menciptakan Mate 20 Pro sebagai smartphone flagship dengan paket komplit.

Huawei telah menyematkan chipset “super kenceng” yang dibuatnya sendiri ke dalam Mate 20 Pro. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kemampuan tahan air, baterai tahan lama dan didukung fitur fast charging. Menariknya, ada juga dukungan fitur reverse wireless charging.

Sedangkan Pixel 3 diracik oleh Google sebagai smartphone flagship dengan tampilan paling sederhana. Ya! Google masih percaya diri untuk meracik Pixel 3 dengan satu kamera belakang. Tapi, bukan berarti smartphone ini bisa kalian anggap remeh.

Karena punya satu kamera belakang, bisa melakukan banyak hal. Hal menarik lainnya, Google juga telah membekali smartphone ini dengan chipset “super kenceng” dan tentu saja tak ketinggalan adalah dukungan sistem operasi yang dibenamkan.

Terakhir, iPhone Xs. Ya! Rasanya kurang asik juga melakukan komparasi kamera smartphone tidak mengajak perangkat terbaru besutan Apple. Apapun fitur yang ditawarkan, rasanya smartphone ini selalu menarik perhatian banyak pecinta gadget.

Dan soal dukungan kamera yang disematkan, Apple meramu iPhone Xs dengan tawaran kemampuan HDR dan low-light yang lebih baik ketimbang iPhone X. Bisa dibilang, Apple memang termasuk produsen smartphone yang tidak pernah berhenti untuk berinovasi.

Saatnya menguji kemampuan kamera!

Sebelum lebih jauh, semua foto yang kami perlihatkan dalam ulasan ini diambil menggunakan kamera smartphone. Ya! Semua subjek dibidik dengan mode auto. Bidik subjeknya, lalu jepret! Lalu bidik lagi, jepret lagi. Inilah cara memotret secara default yang ditawarkan Pixel 3 dan iPhone Xs.

Bisa dibilang, kita sama sekali tidak diizinkan untuk mengubah konfigurasi kamera yang ada pada Pixel 3 dan iPhone Xs. Sementara, Mate 20 Pro memiliki pendekatan yang berbeda. Kita diberikan banyak opsi mode pengambilan gambar, termasuk mode manual yang lengkap.

Kalau kita bingung mau menggunakan mode yang diinginkan, Huawei menawarkan fitur AI alias kecerdasan buatan yang aktif di kameranya. Ya! Kita akan ditawarkan pengaturan otomatis, tergantung subjek dan kondisi cahaya di sekitar.

Pada prakteknya, memotret dengan bantuan AI bakal memberikan kita gambar dengan warna-warna yang lebih dramatis, vivid, high saturated. Apalagi jika kalian penggila Instagram, tak perlu lagi dipoles ulang menggunakan software aplikasi pengolah foto tambahan.

Bagus atau tidak foto yang dihasilkan memang lebih soal selera. Karena tidak semua orang suka warna yang vivid, ada yang suka dengan warna natural. Oleh karena itu, kalian juga bisa menonaktifkan fitur AI yang disematkan ke dalam Mate 20 Pro.

Lantas, apa yang membuat ketiga smartphone ini masuk kategori flagship dan unggul dari yang lainnya?Benchmark-nya sederhana! Tidak banyak kamera smartphone yang bisa menghasilkan gambar ideal di dua kondisi, yakni terlalu terang atau backlight dan terlalu gelap atau low-light.

Hasil foto HDR

Nah, Mate 20 Pro, Pixel 3, dan iPhone Xs sangat bisa menangkap backlight dengan exposure yang ideal. Saat digunakan, image processing di Pixel 3 paling agresif soal HDR. Ya! Smartphone ini bisa mengahsilkan foto yang sharp.

Namun kelemahannya ada di shadow yang terlalu pekat. Bisa dibilang, foto yang dihasilkan seperti under exposure. Contohnya saat memotret awan dan pohon. Langitnya bisa kelihatan sangat jelas, tetapi daun di pohon terlalu gelap.

Bahkan saking tajemnya, jepretan Pixel 3 bisa bikin gambar dari kamera iPhone Xs seolah-olah washed out. Padahal hasil foto iPhone Xs yang paling natural seperti apa yang mata kita lihat. Kalau berbicara selera, tentunya foto yang dihasilkan Mate 20 Pro yang paling enak dilihat.

Apa sebab? Hasil foto Mate 20 Pro enak dilihat karena warnanya tajam, dan detailnya dapat. Sementara, subjek di foreground dan background sama-sama kelihatan jelas. Ya! Sampai di sini Huawei Mate 20 Pro bisa mengalahkan Pixel 3 dan iPhone Xs.

Hasil foto bokeh

Tren foto di smartphone yang juga lagi naik daun adalah portrait atau bokeh. Bisa dibilang, kini tak sedikit pengguna smartphone memotret subjek yang diambil dengan mengaktifkan fitur bokeh. Mengapa?Karena hasilnya memang enak untuk dilihat.

Bagaimana dengan foto bokeh yang dihasilkan ketiga smartphone flagship ini? Dari komparasi yang kami lakukan, ketiganya punya karakter yang beda soal bokeh. Bicara fleksibilitas, motret bokeh pakai Pixel 3 dan Mate 20 Pro lebih gampang dari iPhone Xs karena kita nggak perlu jaga jarak tertentu dari objek.

Soal kerapihan juga sama. Mate 20 Pro dan Pixel 3 bisa menghasilkan efek bokeh dengan edge detection yang keseringan lebih rapi dibanding iPhone Xs. Ya! Smartphone flagship besutan Apple itu masih suka ngawur kalo objeknya rumit.

Namun dengan satu kamera, harus diakui hasil bokeh Pixel 3 lebih enak dilihat. Algoritma yang dipakai Google dengan metode burst terbukti efektif untuk menghasilkan efek bokeh yang dramatis dengan detail subjek yang tetap tajam, tidak peduli saat kondisi lingkungan terang atau agak gelap.

Sementara untuk Mate 20 Pro, walaupun hasilnya sama-sama rapi, tetapi kita bakal melihat ada penurunan detail saat memotret wajah seseorang. Proses sharpening dan noise reduction-nya akan mengurangi detail di wajah.

Hasil foto zoom

 

Selain bokeh, kamera smartphone saat ini juga banyak menawarkan fitur zoom. Di sini, Mate 20 Pro dan iPhone Xs menawarkan optical zoom karena punya multi lensa. Sementara, smartphone flagship besutan Google mengadalkan digital zoom lewat software. Ya! Karena Pixel 3 hanya punya satu kamera.

Meski begitu, Google bisa dibilang berhasil karena Pixel 3 bisa menghasilkan foto zoom digital yang tetap detail dan bisa bersaing dengan iPhone Xs dan Mate 20 Pro. Walapun secara keseluruhan, harus diakui bahwa kamera yang dimiliki Mate 20 Pro jauh lebih unggul.

Ketika kita set 2x zoom, sebenernya gambar dari ketiga smartphone ini ada di level yang sama. Tapi ketika diperbesar jadi 5x atau bahkan 10x zoom, kita baru akan menemukan perbedaannya dengan jelas, dimana gambar dari kamera Mate 20 Pro adalah yang paling detail.

Hasil foto low light

Cara lain yang paling mudah untuk membedakan kualitas kamera antara satu smartphone dengan smartphone lainnya adalah dengan foto low-light. Kemampuan motret low light sekaligus juga jadi pembeda antara smartphone flagship dan non flagship.

Nah, dari ketiga smartphone ini, cuma iPhone Xs saja yang tidak punya mode khusus buat motret low light. Meski begitu, Apple telah meningkatkan kemampuan iPhone Xs dibandingkan iPhone X. Ya! Inilah inovasi yang kembali diperlihatkan oleh Tim Cook dan kawan-kawan.

Kami bisa mengatakan, foto low light yang dihasilkan oleh kamera yang ada pada iPhone Xs masuk kategori yang dapat memanjakan mata. Namun demikian, hasilnya masih kalah terang ketika dibandingkan dengan foto low light dari Mate 20 Pro dan Pixel 3.

Terbilang wajar karena Huawei Mate 20 Pro oleh Huawei telah diperkaya dengan fitur Night Mode, sedangkan Pixel 3 punya Night Sight. Kedua fitur tersebut sama-sama membuat shutter speed secara otomatis jadi melambat buat menyerap cahaya lebih banyak.

Hasil foto tambahan

Apakah hanya itu saja komparasi yang kami lakukan? Tentu tidak! Pengujian lainnya adalah memotret selfie. Ya! Di sini Pixel adalah jagoannya. Selain punya lensa wide, foto selfie yang dihasilkan oleh kamera depan Pixel 3 juga kelihatan paling detail.

Sementara buat kalian yang hobi memotret makro. Huawei Mate 20 Pro adalah jagoannya. Pasalnya, smartphone flagship besutan Huawei ini telah dibekali fitur andalan, yakni Super Macro. Secara otomatis, kameranya bisa menangkap fokus subjek dari jarak yang benar-benar dekat.

Bagitu juga buat kalian yang suka traveling, Mate 20 Pro lebih superior dibandingkan iPhone Xs dan Pixel 3. Karena Mate 20 Pro sudah dilengkapi lensa super-wide yang bisa mengahsilkan foto-foto pemandangan dengan lebih dramatis dan terlihat lebih memanjakan mata.

Terakhir soal video! Untuk hal ini, mutlak dipegang oleh iPhone Xs. Karena kamera yang ada pada iPhone Xs “change focus” dengan sangat smooth. Selain itu, smartphone ini juga punya stabilizer yang kinerjanya bisa sangat diandalkan oleh pengguna.

Akan tetapi, bukan berarti video recording dari Pixel 3 dan Mate 20 Pro jelek. Pixel 3 juga punya stabilizer yang efektif walaupun terkadang tidak stabil seperti yang dimiliki oleh iPhone Xs. Sementara, Mate 20 Pro punya AI dimana kita bisa merekam video dengan beberapa live filter unik yang bikin terlihat berbeda.

Baca juga

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, kamera smartphone mana yang paling menarik? Tidak susah buat memilih siapa di antara ketiga smartphone tersebut yang punya kamera terbaik. Kalau kalian mencari smartphone flagship yang punya fitur komplit dengan kamera bisa diandalkan adalah Mate 20 Pro.

Nah! Buat kalian yang suka dengan foto bokeh, bisa memilih Pixel 3 besutan Google. Dan kalau yang kalian acri adalah kamera smartphone yang natural serta punya kemampuan merekam video paling stabil, iPhone Xs adalah pilihan yang menarik.

ROGP2
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo S1 Pro

vivo telah mengumumkan vivo S1 Pro dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp3,9 juta. Ya! Ini adalah penerus dari vivo...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi realme 5s

realme membuat kejutan dengan mengahdirkan realme 5s. Dibanderol dengan harga mulai dari 1.9 juta, smartphone ini datang dengan spesifikasi chipset...

Harga HP3 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo S5

vvo baru saja merilis smartphone kelas menengah terbarunya. Ya! Smartphone tersebut datang dengan nama vivo S5 yang disokong dengan Snapdragon...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y12

Meramaikan pasar spesifikasi smartphone yang ditujukan untuk konsumen entry-level, vivo punya vivo Y12 dengan harga Rp1,8 jutaan. Smartphone ini datang...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Y9s

Huawei secara resmi telah memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, Huawei Y9s. Smartphone ini datang ditenagai chipset Kirin 710F dan punya kamera...

Harga HP4 weeks ago
Harga dan Spesifkasi Xaomi Redmi Note 8T

Redmi Note 8T secara resmi telah diperkenalkan oleh Xiaomi. Dijual dengan harga mulai dari Rp2.8 juta, smartphone ini identik dengan...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10

Xiaomi Mi Note 10 adalah smartphone versi global dari Mi CC9 Pro yang hanya dijual di Cina. Dengan harga mulai...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi CC9 Pro

Mi CC9 Pro sudah secara resmi diperkenalkan oleh Xiaomi. Smartphone ini datang dengan dukungan lima kamera belakang 108 MP dan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!