Connect with us
FX507Z
Fitur

Dua Tahun Hadir di Indonesia, Ini 3 Fakta Menarik TikTok Shop

Memasuki tahun ketiga beroperasi di Indonesia, TikTok Shop lanjutkan komitmen untuk hadirkan pengalaman berbelanja yang menghibur dan aman bagi merchant dan komunitas TikTok

Updated

TikTok Shop merayakan dua tahun kehadirannya di Indonesia melalui kampanye bertajuk “Happy Big Day 6.6”. Kampanye yang digelar pada 2 – 6 Juni 2023 ini menjadi bentuk apresiasi TikTok Shop kepada para merchant, affiliate, dan komunitas TikTok.

Memasuki tahun ketiganya beroperasi di Indonesia, TikTok Shop ingin memperkuat komitmennya untuk terus menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghibur, sekaligus aman dan nyaman bagi para merchant, kreator, maupun komunitas TikTok di seluruh Indonesia.

Demi mencapai komitmen ini, TikTok Shop menghadirkan serangkaian kebijakan, fitur, dan fasilitas guna mendukung kegiatan penjualan para merchants. Selain itu, TikTok Shop juga rutin menggelar program pelatihan dan pemberdayaan bagi para merchant sekaligus kreator untuk meningkatkan performa mereka bersama TikTok Shop.

“Selama dua tahun terakhir, TikTok Shop terus berupaya membuka peluang ekonomi nyata bagi semua pihak yang datang ke platform kami. Kini, semakin banyak brand dan UMKM lokal yang mampu meningkatkan operasionalnya berkat performa bisnis yang luar biasa setelah berjualan di TikTok Shop,” ungkap perwakilan TikTok Shop Indonesia.

Selain pemberdayaan merchants dan kreator, pembaruan fitur dan fasilitas menjadi salah satu fokus utama TikTok Shop. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman commerce yang mumpuni, termasuk dengan peningkatan keamanan dan kemampuan logistik.

Perwakilan TikTok Shop Indonesia pun menambahkan bahwa kampanye ‘Happy Big Day 6.6’ hadir untuk tidak hanya memberikan penawaran luar biasa seperti kampanye belanja sebelumnya, tapi juga menyoroti sejumlah fasilitas serta fitur yang tersedia di dalam TikTok Shop.

Untuk mengetahui berbagai dampak positif yang telah dihadirkan oleh TikTok Shop selama dua tahun perjalanannya di Indonesia, simak empat fakta menarik berikut ini.

Peningkatan Fitur dan Fasilitas Berbelanja

Guna menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah dan menghibur bagi pengguna, TikTok Shop terus berinovasi untuk menghadirkan serangkaian fitur baru di dalam aplikasi. Salah satu fitur yang baru diluncurkan tahun lalu adalah Shopping Center.

Ini adalah sebuah hub khusus untuk membantu pengguna menemukan berbagai pilihan produk dan penawaran menarik sekaligus membantu merchant mengelola pesanan secara native di dalam TikTok Shop. Fitur Shopping Center terletak di dalam tab ‘Shop’ yang mudah diakses.

Fitur ini mendorong interaksi yang lebih baik antara merchant dan komunitas TikTok saat terlibat dalam kegiatan jual beli di dalam ekosistem TikTok. Pengguna juga bisa menikmati konten video menghibur dan menyenangkan di dalam satu platform.

Selain fitur Shopping Center, TikTok Shop juga menambahkan fitur kreatif lainnya seperti sticker yang bisa disematkan oleh para merchants di sesi LIVE Shopping. Fitur sticker ini diharapkan dapat membantu merchant membangun mood dan suasana yang lebih meriah.

Berbagai peningkatan yang dilakukan TikTok Shop ternyata berdampak positif pada pengalaman berbelanja konsumen dan komunitas TikTok di Indonesia. Dilansir dari data internal TikTok Shop, diketahui bahwa 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk di TikTok Shop.

Fitur LIVE Shopping juga menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi berkat adanya interaksi real-time dengan para merchants. Selain itu, jumlah kategori produk yang dihadirkan oleh TikTok Shop pun semakin beragam, mulai dari “Home and Living”hingga “Sports and Outdoor”.

Pemberdayaan Merchant Secara Berkelanjutan

Sepanjang tahun 2022, TikTok Shop telah menggelar program pemberdayaan untuk membantu para brand, termasuk UMKM, memaksimalkan fitur dan fasilitas yang tersedia di dalam platform. Saat ini, terdapat setidaknya 200 merchants yang mengikuti pelatihan reguler dua bulanan yang diadakan oleh TikTok Shop.

Selain itu, sekitar 4.000 merchants juga mendapatkan pembinaan langsung melalui ajang networking TikTok Shop Summit yang diselenggarakan tahun lalu. Para UMKM yang ingin mulai berjualan di TikTok Shop juga mendapatkan pembinaan khusus melalui sesi onboarding.

Ya! Sesi ini bertujuan untuk memberikan ilmu dasar tentang berjualan dan mempromosikan produknya dengan berbagai fitur dan fasilitas di TikTok Shop. Ke depannya, diharapkan program-program pelatihan ini dapat menjangkau lebih banyak brand dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Berkat dukungan berkelanjutan yang terus dihadirkan, jumlah merchants (termasuk UMKM) yang bergabung dengan TikTok Shop juga naik secara signifikan. Tercatat, kenaikannya hingga mencapai 8 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Optimasi Keamanan dan Kecepatan Pengiriman

Bicara soal transaksi daring, faktor keamanan dan kecepatan pengiriman memainkan peran yang sangat penting. Sepanjang tahun 2022, TikTok Shop bersama para mitra logistik terus memperbarui sistem internalnya agar waktu pengiriman dapat dilakukan secepat mungkin.

Mulai dari sistem routing hingga perluasan titik pick-up, kini waktu tunggu untuk penjemputan dan pengiriman telah berkurang hingga 29%. TikTok Shop juga fokus menangani isu hak kekayaan intelektual (intellectual property – IP) secara sangat serius.

Setiap merchant yang diketahui menjual produk palsu atau melanggar IP akan dihapus dari platform. Untuk menangani isu ini, TikTok Shop meluncurkan Intellectual Property Protection Center (IPPC), sebuah portal yang bisa dimanfaatkan oleh brand atau merchant.

Melalui portal tersebut, brand atau mercant dapat mengunduh dokumentasi hak kekayaan intelektual serta menelusuri pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual mereka di TikTok Shop. Melalui tools ini, TikTok Shop telah berhasil menghapus lebih dari 130 ribu produk yang melanggar IP sepanjang April 2022 hingga Maret 2023.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan konsumen dan komunitas TikTok saat berbelanja di TikTok Shop, terdapat juga beberapa fitur keamanan yang diperkenalkan oleh TikTok Shop. Berbagai fitur keamanan ini termasuk proses pelaporan akun, proses refund, pemberian ulasan, hingga pelaporan penipuan

Laporan yang diterima kemudian diproses secara otomatis agar respon bisa diberikan lebih cepat. Tim pelayanan konsumen yang terus bekerja setiap hari ini memungkinan lebih dari 70% pelaporan dapat diselesaikan dalam kurun waktu waktu 24 jam (per Mei 2023 untuk wilayah Asia Tenggara).

Untuk mengetahui informasi terkini dan keseruan lainnya di TikTok Shop, mulai dari fitur yang tersedia, kisah sukses brand, serta bagaimana brand mengembangkan bisnisnya di TikTok dan TikTok Shop, kunjungi https://seller-id.tiktok.com/.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP7 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer