Connect with us
ZenBook-13-14
Fitur

Dibekali Snapdragon 855, Pilih OPPO Reno 10x Zoom atau Black Shark 2?

Ada dua smartphone resmi di Indonesia yang ditenagai chipset Snapdragon 855. Ya! Keduanya adalah OPPO Reno 10x Zoom dan Black Shark 2. Dari keduanya, manakah yang tertarik untuk kalian beli?

Updated

OPPO pada pertengahan bulan Juni 2019 telah membuat kejutan dengan memperkenalkan OPPO Reno 10x Zoom. Ya! Inilah smartphone unggulan resmi pertama di Indonesia yang datang dengan chipset Snapdragon 855 yang diproses melalui fabrikasi 7 nanometer.

Selama lima bulan lebih, OPPO Reno 10x Zoom jalan sendirian dengan SoC Snapdragon 855 di pasar Indonesia. Sampai akhirnya Black Shark membuat kejutan dengan merilis Black Shark 2 di pasar Indonesia pada bulan Oktober tahun ini. Ya! Black Shark 2 juga ditenagai chipset yang sama, Snapdragon 855.

Lantas, jika kalian tertarik untuk membeli smartphone unggulan dan resmi dengan chipset Snapdragon 855 di dalamnya, mana yang dipilih? Sebelum kalian pusing dan bingung, ada baiknya untuk mengenal lebh dekat kedua smartphone tersebut sehingga tidak salah untuk memilih.

Desain dan layar

OPPO Reno 10x Zoom datang dengan desain cangkang belakang yang dilapisi kaca dan memiliki finishing warna gradasi. Warnanya juga terlihat elegan dan sentuhan matte pada desainnya mampu memancarkan kilauan. Sisi-sisinya dibuat sedikit melengkung sehingga benar-benar memberi kenyamanan ketika digenggam.

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan oleh OPPO, yakni Ocean Green dan Jet Black. Namun, bagi kalian yang ingn tampil beda, OPPO juga merilis OPPO Reno 10x Zoom dengan desain artistik yang bekerja sama dengan sejumlah seniman asal Indonesia serta OPPO Reno 10x Zoom Barca FC Edition.

Masih dengan bagian belakang Reno 10x Zoom, OPPO juga menempatkan tiga kamera yang disusun secara vertikal di bagian tengah. Sejajar dengan ketiga kamera yang disematkan, OPPO juga memuat O-Dot, teks yang bertuliskan “Design by OPPO” serta logo OPPO yang begitu mencolok. Tidak ada pemindai sidik jari di bagian belakang.

Sementara Black Shark 2 yang memang datang sebagai smartphone gaming punya desain meniru lekukan mobil balap modern. Bodi smartphone ini semakin terlihat elegan karena dibungkus material metal berlapiskan kaca. Meski begitu, Black Shark juga tidak melupakan sisi ergonomis dari smartphone tersebut.

Logo Balck Shark terlihat begitu nyata di tempatkan di bagian tengah. Satu hal yang menarik, Black Shark juga menyisipkan lampu LED ke dalam logonya sehingga terlihat lebih keren. Sementara, ada dua kamera belakang disusun secara vertikal yang ditempatkan bersama LED flash di sudut kiri atas.

Lantas, bagimana dengan layar dari kedua smartphone ini? Kedua smartphone ini sama-sama sudah menggunakan panel layar Super AMOLED dan juga memiliki resolusi yang sama, yakni FullHD+. Hanya saja, ukuran layar keduanya berbeda. Layar OPPO Reno 10x Zoom berukuran 6,6 inci, sementara Black Shark 2 hanya 6,39 inci.

Ya! Yang juga membedakan tampilan depan kedua smartphone ini adalah bezel yang disematkan. OPPO Reno 10x Zoom punya bezel yang begitu tipis di seluruh sisi layarnya. Sedangkan Black Shark 2 punya bezel yang masih terlihat begitu tebal di sisi jidat dan dagunya.

Ya! Di sisi jidat, Black Shark 2 punya bezel yang begitu tebal untuk menempatkan kamera depan. Sementara, OPPO memang terlihat lebih pintar untuk memuat kamera depan OPPO Reno 10x Zoom dengan modul pop-up yang mengambil desain mirip sirip hiu alias shark fin. Layar OPPO Reno 10x Zoom juga sudah dilindungi Gorilla Glass 6.

Ditenagai Snapdragon 855

Sepert telah disinggung, baik OPPO Reno 10x Zoom maupun Black Shark 2, keduanya sudah dibekali dengan dengan SoC papan atas milik Qualcomm, yakn Snapdragon 855. Tentu saja, berbekal chipset Snapdragon 855, performa keduanya tidak perlu diragukan lagi.

Nah! Tentunya yang kalian harus juga tahu adalah dukungan memori yang disematkan. Pasalnya, disokong RAM besar dan kapasitas penyimpanan jumbo, tentu saja smartphone tersebut akan lebih ngacir untuk menjalankan berbagai aplikasi yang diinginkan.

Datang ke Indonesia, OPPO hanya membawa satu varian Reno 10x Zoom. Ya! OPPO Reno 10x Zoom yang dipasarkan di Indonesia memiliki RAM 8 GB dan internal storage 256 GB. Tak perlu cemas soal kapasitas penyimpanan data. OPPO masih membekali smartphone ini dengan slot microSD up to 256 GB.

Sementara, Black Shark 2 juga datang ke pasar Indonesia dengan satu varian. Ya! Black Shark 2 yang dipasarkan di Indonesia memiliki RAM 8 GB dengan internal storage berkapasitas 128 GB. Sayangnya, smartphone gaming ini tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Nah! Untuk catu daya, OPPO Reno 10x Zoom sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.065 mAh yang ditemani dengan fitur fast charging VOOC Flash Charge 20W. Sedangkan Black Shark 2 punya baterai berkapasitas 4.000 mAh yang sudah dibekali fitur pengisian cepat 27W.

Dukungan sensor kamera 48 MP

Punya chipset yang sama, rupanya kedua smartphone ini juga sudah dibekali dengan kamera utama 48 MP. Ya! Hanya saja, OPPO Reno 10x Zoom punya tiga kamera belakang, sedangkan Blcak Shark 2 hanya dua kamera. Untuk sektor ini, OPPO memang lebih unggul.

Selain kamera utama 48 MP, OPPO juga membenamkan lensa periskop 13 MP (telefoto) dengan aperture f/3.0 serta lansa ultra-wide 8 MP dengan aperture f/2.2. Datang sebagai smartphone yang menyasar penyuka mobile photography, OPPO juga melengkapi dengan fitur 10x Hybrid Zoom, Dual OIS, dan Ultra Night Mode 2.0.

Sementara, kamera utama 48 MP yang ada di tubuh Black Shark 2 ditemani dengan lensa telefoto yang memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/2.2. Ya! Black Shark 2 memang tidak menitikberatkan pada sektor kamera, karena perangkat ini datang untuk memanjakan para mobile gamer.

Untuk urusan memotret selfie, OPPO Reno 10x Zoom datang dengan kamera depan model pop-up yang mengambil desain sirip hiu. Di dalam modul tersebut tertanam kamera depan dengan resolusi 16 MP dan aperture f/2.0. Sedangkan Black Shark 2 punya kamera depan dengan resolusi 20 MP yang disokong aperture f/2.0.

Harga OPPO Reno 10x Zoom dan Black Shark 2

Ya! OPPO Reno 10x Zoom memang menitikberatkan pada sektor kamera. Bisa kita lihat, OPPO begitu bermurah hati untuk membenamkan banyak fitur menarik yang berhubungan dengan urusan memotret atau mengambil video. Meski begitu, smartphone ini juga bisa kalian ajak untuk melahap game-game berat.

Sementara, Black Shark 2 memang dirancang untuk memanjakan kalian yang suka bermain game di smartphone. Untuk itulah, Black Shak lebih bermurah hati untuk membekali Black Shark 2 dengan beragam fitur yang berkaitan dengan peningkatan performa serta kenyamanan dalam bermain game.

Hal menarik lainnya, baik OPPO Reno 10x Zoom maupun Black Shark 2, keduanya sama-sama dilengkapi dengan sistem pendingin alias cooling system. OPPO menggunakan tiga ragam teknologi pendingin, yakni Cooling Gel, Triple Graphite Layering, dan Copper Pipes. Sementara, Black Shark punya Liquid Cooling 3.0.

Datang sebagai smartphone kekinian, OPPO dan Black Shark yang juga tidak melewatkan sistem keamanan yang disematkan ke dalam OPPO Reno 10x Zoom dan Black Shark 2. Ya! Keduanya telah memakai sistem keamanan in-display fingerprint alias pemindai sidik jari di dalam layar.

Nah! Untuk harganya, bagi kalian yang tertarik untuk membeli Black Shark 2, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp7.999.000. Sementara, OPPO Reno 10x Zoom kn harganya sudah lebih murah daripada saat pertama kali diperkenalkan. Ya! OPPO Reno 10x Zoom kini dijual dengan harga Rp10.499.000.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi realme 7 Pro

Di pasar Indonesia realme kembali memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya, realme 7 Pro. Smartphone ini telah dibekali chipset Snapdragon 720G, RAM...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO secara resmi sudah meluncurkan OPPO Reno4 F. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Helio P95 dari MediaTek, RAM 8 GB...

Harga HP1 week ago
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M51

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M51 di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp5 jutaan ini datang dengan beberapa...

Harga HP2 weeks ago
Harga dan Spesifikasi vivo V20

vivo secara resmi telah memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, vivo V20 di pasar Indonesia. Smartphone yang punya keunggulan di sektor...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi realme 7

realme 7 secara resmi sudah hadir di pasar Indonesia. Smartphone yang dibanderol seharga Rp3 jutaan ini telah ditenagai chipset Helio...

Harga HP1 month ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9C

Kembali menggebrak pasar smartphone entry-level di Indonesia, Xiaomi telah meluncurkan Redmi 9C pada tanggal 9 September 2020 lalu. Smartphone yang...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi realme C12

Meramaikan pasar smartphone entry-level, realme pada pertengahan Agustus lalu telah meluncurkan realme C12. Smartphone yang ditenagai Helio G35 ini dibanderol...

Harga HP2 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Melengkapi Redmi 9 yang diluncurkan pertengahan Juli lalu, Xiaomi kembali membuat kejutan dengan meluncurkan Redmi 9A di pasar Indonesia pada...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer