Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Fitur

Adu Cepat Fast Charging: Note5 vs R7s vs ZenFone 2 vs Mi 4c

Updated

Seberapa sering Anda mengisi baterai smartphone dalam sehari? Sekali, dua kali, atau bahkan tiga kali? Bagi sebagian orang, mengisi baterai smartphone adalah hal yang tidak menyenangkan karena memakan waktu lama. Sedangkan kita seringkali tak bisa lepas dari smartphone untuk berbagai kebutuhan.

Karena alasan ini, beberapa produsen smartphone menyematkan teknologi quick charge atau fast charging, namun saat ini hanya tersedia untuk smartphone unggulan saja. Dengan fitur ini, durasi pengisian baterai yang tadinya lebih dari 2 jam kini hanya sekitar 1 jam saja.

Peserta pengujian

battle-of-fast-charging-02

Guna mengetahui dan membandingkan teknologi fast charging yang ada saat ini, kali ini kami membawa 3 smartphone jagoan Android dengan fitur fast charging, yaitu Samsung Galaxy Note5, OPPO R7s, dan ASUS ZenFone 2 Deluxe.

Ketiga smartphone ini sama-sama memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh serta RAM 4 GB. Kami turut menghadirkan Xiaomi Mi 4c sebagai pembanding. Smartphone ini punya baterai 3.080 mAh dengan teknologi Quick Charge 2.0 dari Qualcomm plus port USB Type-C.

Teknologi fast charging sendiri tentu tak lepas dari peran charger masing-masing smartphone. Selain sama-sama memiliki baterai 3.000 mAh, ketiga smartphone yang kami uji ini juga dibekali dengan charger berdaya 2 ampere. Sedangkan charger Xiaomi Mi 4c sama seperti kebanyakan charger smartphone pada umumnya, hanya berdaya 0,5 ampere.

VOOC Flash Charge memimpin

battle-of-fast-charging-08

Pengujian kami mulai dengan mengosongkan baterai seluruh smartphone sampai benar-benar habis. Dalam keadaan mati, kami mulai mengisi baterai dengan charger bawaan masing-masing pada waktu yang bersamaan.

Dalam 15 menit pertama, teknologi fast charging milik OPPO R7s (VOOC Flash Charge) bisa mengisi baterai hingga 27 persen. Sementara baterai Samsung Galaxy Note5 terisi 22 persen dan baterai ASUS ZenFone 2 Deluxe terisi 21 persen. Teknologi quick charge 2.0 dari Qualcomm terlihat tak mampu mengejar karena hanya bisa mengisi baterai 16 persen.

battle-of-fast-charging-03

Setelah setengah jam, OPPO R7s masih memimpin dengan baterai terisi 56 persen, diikuti Samsung Galaxy Note5 dengan 42 persen, dan ASUS ZenFone 2 Deluxe terisi 40 persen. Meski kapasitas yang terisi berbeda-beda, ketiga smartphone dengan fast charging ini tetap lebih cepat ketimbang quick charge 2.0 pada Mi 4c yang hanya terisi 30 persen.

Tepat satu jam berlalu, kami kembali melihat status baterai keempat smartphone. Klasemen tidak berubah. OPPO R7s sudah terisi 94 persen, Samsung Galaxy Note5 84 persen, ZenFone 2 Deluxe 74 persen, dan Mi 4c tertinggal di 59 persen. Selanjutnya setelah 1 jam 15 menit, baterai OPPO R7s ada di angka 98 persen. Sedangkan baterai Galaxy Note5 mulai menyusul di angka 96 persen dan baterai ZenFone 2 belum juga mencapai 90 persen.

Uji ketahanan baterai

Sebagai tambahan, kami juga menguji daya tahan baterai 3,000 mAh milik Samsung Galaxy Note5, OPPO R7s, dan ASUS ZenFone 2 Deluxe dengan menjalankan aplikasi benchmark PCMark. Setelah sama-sama terisi 100 persen, pengujian pun dimulai.

Hasilnya, OPPO R7s memimpin dengan daya tahan baterai mencapai 5 jam 39 menit, sedikit di atas Samsung Galaxy Note5 yang bisa bertahan 5 jam 37 menit. Sedangkan ASUS ZenFone 2 Deluxe hanya bisa bertahan 4 jam 36 menit.

Kesimpulan

battle-of-fast-charging-04

VOOC Flash Charge pada OPPO R7s lebih efektif pada durasi satu jam pertama dan proses pengisian mulai melambat ketika kapasitas baterai sudah di atas 90 persen. Sedangkan fast charging milik Samsung Galaxy Note5 memiliki kecepatan yang merata dari awal hingga akhir karena pada akhirnya bisa menyamai kapasitas baterai OPPO R7s.

Sama seperti VOOC Flash Charge, teknologi fast charging pada ASUS ZenFone 2 Deluxe juga mulai melambat ketika kapasitas baterai mencapai 70 persen. Sementara quick charge 2.0 pada Mi 4c tertinggal jauh. Mengisi baterai lebih dari satu jam baterainya masih juga di bawah 80 persen.

Total, kami mencatat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai OPPO R7s dan Samsung Galaxy Note5 hingga penuh ada di angka yang hampir sama, yakni 1 jam 20 menit. Keduanya meninggalkan ASUS ZenFone 2 Deluxe yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit serta Xiaomi Mi 4c dengan waktu 2 jam.

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP14 hours ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M30s

Samsung kini sedang getol-getolnya meningkatkan kemampuan lini Galaxy A Series dan Galaxy M Series yang dimilikinya. Untuk Galaxy M Series,...

Harga HP1 day ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Mate 30

Mengambil lokasi di kota Munich, Jerman, Huawei juga turut memperkenalkan Huawei Mate 30. Ya! Smartphone ini pun layak untuk berkompetisi...

Harga HP2 days ago
Harga dan Spesifikasi Huawei Mate 30 Pro

Huawei secara resmi telah meperkenalkan Mate 30 Pro di Munich, Jerman. Jadi smartphone unggulan yang ditunggu-tunggu banyak orang, Mate 30...

Harga HP4 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

Menjelang akhir September 2019 ini Samsung kembali memperkaya portofolio lini Galaxy A Series. Ya! Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini...

xiaomi mi 9 lite xiaomi mi 9 lite
Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite

Xiaomi secara resmi telah merilis smartphone barunya, Mi 9 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk menggaet pengguna kelas menengah ini datang...

Harga HP5 days ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A20s

Galaxy A Series lainnya dari Samsung yang bakal melenggang dalam waktu dekat adalah Galaxy A20s. Ya! Smartphone ini datang sebagai...

Harga HP6 days ago
Harga dan Spesifikasi Nokia 7.2

HMD Global telah memperkenalkan smartphone Nokia terbarunya di ajang IFA 2019 lalu. Ya! Ada Nokia 6.2 dan Nokia 7.2. Tentu...

Harga HP7 days ago
Harga dan Spesifikasi realme XT

realme sudah secara resmi merilis realme XT. Smartphone ini datang dengan dukungan empat kamera (quad-camera) 64 MP dan sudah ditenagai...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer

2014 - 2019 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.

error: Content is protected !!